Cara Membangun Chemistry dengan Kreator Konten untuk Memperkuat Kerja Sama Bisnis

Menjalin kerja sama dengan kreator konten atau penulis yang populer akan menjadi batu loncatan berharga untuk masa depan bisnis Anda. Kenapa? Pertama, mereka telah memiliki audiens sendiri. Kedua,...

1219 0
1219 0

Menjalin kerja sama dengan kreator konten atau penulis yang populer akan menjadi batu loncatan berharga untuk masa depan bisnis Anda.

Kenapa? Pertama, mereka telah memiliki audiens sendiri. Kedua, jika berhasil menjalin kerja sama, otomatis Anda juga akan mendapat perhatian dari para audiensnya.

Masalahnya, menjalin kerja sama dengan penulis atau kreator konten yang hebat ini gampang-gampang susah.

Perlu adanya langkah yang tepat agar mereka yakin bahwa penawaran kerja sama Anda nantinya akan berjalan apik dan sama-sama menguntungkan.

Lalu, apakah ada metode untuk mengatasi masalah ini? Tentu. Kuncinya Anda perlu membangun sebuah chemistry bisnis yang kuat.

Bagaimana caranya? 

Penawaran awal

Lagi-lagi kesan pertama selalu berperan penting. Penulis akan lebih mudah mengenali” jika Anda mau sedikit berupaya menyusun penawaran yang baik kepada mereka. Perhatikan siapa yang Anda hubungi dan apa yang Anda kirimkan kepada mereka. Hindari menggunakan semacam email autoresponder karena ini akan sia-sia. Lakukan penelitian, kumpulkan informasi untuk menyusun sebuah penawaran menarik untuk para penulis.

Personalisasi email

Coba bayangkan, jika Anda adalah seorang penulis dan mendapatkan email penawaran yang sangat biasa”, apa yang akan Anda lakukan?

Mengabaikannya.

Nah, inilah alasan kenapa Anda perlu menyusun ulang email penawaran. Berilah kesan bahwa penulis itu penting. Buat mereka merasa dihargai.

Pernyataan Cristina Bond tentang email penawaran (http://www.frac.tl/outreach-teams-relationships-with-writers/)

Untuk membuat sebuah email penawaran yang kuat, coba lakukan ini:

  • Cari tahu apakah mereka memiliki semacam halaman biografi di situs publikasinya. Atau minimal cari tahu tentang akun media sosial mereka. Informasi apa pun tentang mereka akan sangat berguna untuk modal awal.
  • Lakukan riset lebih mendalam. Coba lihat konten yang pernah mereka posting di masa lalu. Pelajari itu dan berikan sebuah tanggapan bersama dengan email penawaran. Lebih bagus jika topik konten tersebut sesuai dengan apa yang akan Anda tawarkan.

Pendekatan ini dapat membangun percakapan yang intens. Terlebih jika Anda memiliki minat yang sama dengan para penulis. Yang perlu diingat, orang menyukai pekerjaan yang mereka jalani. 

Jelaskan manfaat konten bagi mereka

Logikanya, orang hanya akan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Hukum ini juga berlaku bagi para penulis.

Tugas Anda yaitu meyakinkan mereka bahwa konten yang Anda tawarkan bermanfaat bagi mereka. Tidak perlu bertele-tele, katakan saja intinya dalam email penawaran.

Yang penting, biarkan mereka terkesan dulu. Masalah detailnya menyusul.

Untuk membentuk hubungan yang solid dengan para penulis, tunjukkan bahwa Anda telah meneliti audiens mereka.

Jelaskan bagaimana penulis dan pembaca mereka akan mendapatkan keuntungan dari konten Anda.

Penulis akan lebih menghargai jika Anda tidak hanya memburu keuntungan pribadi, akan tetapi benar-benar ingin membangun kerja sama yang saling menguntungkan.

Coba sertakan trik ini dalam email penawaran awal Anda:

Trik penawaran email yang kuat (http://www.frac.tl/outreach-teams-relationships-with-writers/)

Email Follow-Up

Cara mempertahankan hubungan baik dengan publisher (http://www.frac.tl/outreach-teams-relationships-with-writers/)

Jika penulis tertarik dengan tawaran Anda dan mempublikasikan konten yang Anda kirimkan, maka ini adalah berita bagus. Bukan hanya untuk Anda tetapi juga untuk penulisnya.

Biasanya, jika penulis telah mempublikasikan konten Anda, itu artinya Anda telah mendapatkan kepercayaannya. Dan, kemungkinan kerja sama akan terus berlanjut.

Masalahnya sekarang bagaimana mempertahankan hubungan itu? Begini caranya:

Triknya, hindari terlalu sering atau bahkan terus menerus mengirimkan konten yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Kenapa? Kebiasaan ini akan membuat para publisher beranggapan bahwa Anda sekarang hanya ingin mencari keuntungan sendiri. Tidak benar-benar ingin berbagi konten yang bermanfaat bagi banyak orang.

Jika penulis cukup aktif di media sosial, Anda dapat menggunakan trik ini untuk memperkuat chemistry bisnis:

Cara menanggapi media sosial publisher (http://www.frac.tl/outreach-teams-relationships-with-writers/)

 

 

 

Source: http://www.frac.tl/outreach-teams-relationships-with-writers/

Featured Image: https://www.pexels.com/

In this article

Join the Conversation