Geo-Bait, Surprise, dan Public Opinion: Membuat Content Marketing yang Pasti Menjadi Hot News

Internet merupakan sebuah tempat di mana apa pun yang Anda lakukan dapat menjadi viral. Jadi, Anda perlu berhati-hati dengan ini. Jika tidak, Anda dapat menjadi perbincangan seluruh dunia....

1353 0
1353 0
Content Marketing

Internet merupakan sebuah tempat di mana apa pun yang Anda lakukan dapat menjadi viral. Jadi, Anda perlu berhati-hati dengan ini. Jika tidak, Anda dapat menjadi perbincangan seluruh dunia.

Menariknya, Anda dapat memanfaatkan pengaruh internet untuk mendorong popularitas konten. Bagaimana caranya?

Menciptakan konten berkualitas tinggi jelas menjadi kunci. Tapi, sebelum sampai ke tahap itu Anda perlu mempelajari terlebih dahulu karakteristik konten berkualitas tinggi yang berpotensi menjadi hot news.

Menurut sebuah survei, ada tiga karakteristik utama yang membuat konten menjadi sangat menarik bagi audiens:

  • Konten berbasis geografis
  • Unsur kejutan
  • Memanfaatkan opini public

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.

 

Geo-Bait

Survei membuktikan, orang cenderung lebih tertarik pada konten yang memiliki unsur geografis di dalamnya. Misal, terkait sebuah negara, provinsi, maupun sebuah kota.

Anda dapat menggunakan basis geografis sebagai umpan dalam konten agar pengguna tertarik. Inilah yang disebut dengan Geo-Bait.

BACA JUGA: Viralitas Produk yang Bisa Dijadikan Pedoman Digital Marketing

Bagaimana kiat untuk menciptakan konten jenis ini?

  • Buat peta yang mudah dibaca. Peta adalah format ideal untuk mengemas konten Geo-Bait. Yang perlu diperhatikan, jangan sampai peta yang dibuat memuat terlalu banyak detail informasi. Bisa jadi pembaca malah akan bingung. So, buat desain sederhana yang mudah dipahami banyak orang. Contohnya seperti peta berjudul “High School Student Substance Abuse” di mana peta ini menggambarkan jenis zat yang paling banyak dikonsumsi remaja di berbagai wilayah.
Contoh pete sederhana (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)

Hasilnya, campaign ini telah diterbitkan oleh lebih dari 1.500 publisher dan di-share lebih dari 18.000 kali.

  • Tambahkan daftar teratas dan terbawah. Orang biasanya ingin tahu posisi tempat asal mereka–dalam daftar 10 teratas atau terbawah? Nah, tambahkan fitur ini. Contoh:
Contoh daftar teratas dan terbawah (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)
  • Mengangkat dan menonjolkan secara lebih spesifik mengenai suatu tempat, seperti ini:
Contoh daftar wilayah spesifik (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)
  • Membuat sebuah peringkat komprehensif terkait sebuah tempat juga akan sangat menarik bagi para audiens. Contoh:
Contoh peringkat komprehensif (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)
  • Terakhir, perbandingan antara dua lokasi geografis bisa jadi magnet yang luar biasa untuk menarik minat pembaca.
Contoh perbandingan dua tempat (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)

Surprise

Ini adalah salah satu metode favorit saya. Menghadirkan sebuah elemen kejutan yang dapat membuat audiens berkata “Wow!”.

Cara ini sangat efektif membuat konten Anda mencuat ke permukaan. Namun, tidak mudah untuk dapat mengejutkan audiens. Paling tidak, Anda harus melakukan sebuah percobaan terlebih dahulu dan lihat apakah topik tersebut berhasil mengejutkan pembaca atau tidak. Jika ya, lanjutkan pembahasan lebih dalam.

BACA JUGA: Social Media Marketing: Tipe Postingan Facebook yang Mampu Viralkan Bisnis Anda

Beberapa ide berikut ini bisa Anda jadikan referensi untuk mengejutkan audiens:

  • Menguji teori umum atau menciptakannya. Pendapat Anda tentang sebuah teori, benar ataupun salah, cenderung dapat mengejutkan pembaca. Contoh, sebuah kampanye berjudul “Germs: A Dog’s Best Friend?” mengungkapkan bahwa mulut anjing lebih bersih daripada mulut manusia. Bukankah ini akan mengejutkan pembaca?
Contoh hasil uji teori (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)
  • Pelajari bagaimana respons media sosial. Artinya, untuk dapat menjadi hot news, topik yang akan Anda angkat harus bisa menyedot perhatian publik. Tiap platform memiliki audiens yang berbeda, sesuaikan dengan target Anda.
  • Menampilkan gambar ‘mengejutkan’ yang dikemas dalam konten berkualitas tinggi. Seperti ini misalnya:
Contoh gambar mengejutkan (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)

Public Opinion

Faktanya, Anda justru dapat menggunakan opini public sebagai dasar menciptakan konten berkualitas tinggi.

BACA JUGA: Bagaimana Meningkatkan Keuntungan Bermodal Review Customer?

Terdapat berbagai cara untuk mengakomodasi opini publik, beberapa di antaranya:

  • Penilaian terhadap produk atau layanan
Contoh penilaian terhadap produk atau layanan (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)
  • Lakukan sebuah survei
Contoh hasil survei (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)
  • Analisis data yang sudah ada
Contoh analisis data (http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics/)

 

 

Source: http://www.frac.tl/high-quality-content-characteristics

Featured Image: https://www.pexels.com

In this article

Join the Conversation