Mengapa Anda Harus Menggunakan Social Media Monitoring?

Social media monitoring merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui perbincangan orang-orang/publik terhadap suatu perusahaan, brand, individual, maupun public figure di seluruh platform media sosial...

2979 0
2979 0
Mengapa Anda Harus Menggunakan Social Media Monitoring?

Social media monitoring merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui perbincangan orang-orang/publik terhadap suatu perusahaan, brand, individual, maupun public figure di seluruh platform media sosial maupun media online.

Hanya dengan menggunakan social media monitoring tools pada akun bisnis, Anda bisa melakukan tracking terhadap pergerakan dan perbincangan mereka di seluruh platform media online dan sosial. Beberapa tools juga berguna untuk menyebarkan informasi dalam bentuk konten, customer service, mengembangkan bisnis, dan social media campaign secara real time.

Social media monitoring lebih luas cakupannya dari Google Alerts yang juga digunakan untuk hal sama. Buktinya, monitoring tools dapat melihat perbincangan orang-orang secara langsung di platform media sosial mereka dan terlibat dengan brand Anda. Monitoring tools juga mengenai responding, menyebarkan konten kepada publik yang tepat, dan membantu mereka dalam permasalahannya.

BACA JUGA: 5 Social Media Monitoring Tools Terbaik untuk Memantau Brand Anda

Penggunaan social media monitoring pada brand penting dilakukan, karena Anda akan banyak mendapatkan insight untuk mengembangkan usaha, seperti apa yang publik inginkan dan mampu menciptakan branding yang tepat.

Dari sekian banyak manfaat yang didapatkan dengan menggunakan monitoring tools, kami menyimpulkan  empat manfaat  dalam menggunakan social media monitoring tools pada bisnis Anda.

Sebagai Alat Pengontrol Reputasi Brand

Karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Perumpamaan ini sangat tepat bagi reputasi sebuah brand, yang mengalami kondisi naik dan turun karena sebuah krisis yang bahkan belum tentu itu benar alias hoax. Mengandalkan monitoring tools akan membantu membaca pergerakan dan perbincangan yang dilakukan oleh publik hingga oknum tidak bertanggung jawab di media sosial.

Pemberitahuan secara real time pada monitoring tools dapat melihat secara cepat pemberitaan negatif yang terkait dengan perusahaan Anda melalui media sosial. Terlebih lagi pergerakan pemberitaan di media sosial sangat luas dan cepat sehingga sudah seharusnya perusahaan memerhatikan masalah tersebut.

Mengetahui Secara Jelas Tren Terkini

Monitoring tools membantu Anda mencari dan melihat topik apa yang sedang ramai dibicarakan di media sosial. Cara ini akan menemukan tren baru untuk bisnis Anda melalui hasil tracking. Anda akan selalu mengenal tren masa kini dan akan mudah mengikuti perkembangan zaman hingga masa mendatang.

Menemukan Influencer as Consumer

Bukan hanya berita buruk saja yang harus Anda perhatikan, berita baik mengenai brand bisa ditemukan dan menjadi acuan untuk terus meningkatkan kualitas dari produk. Terlebih lagi jika ada influencer atau selebgram yang me-review positif produk Anda, disarankan untuk melakukan kerja sama yang akan menaikkan awareness di calon customer.

Menjadi Sarana Perbaikan Customer Service

Ketika Anda fokus terhadap pergerakan social media monitoring tools, akan ada respons positif, negatif, atau netral. Namun banyak yang mengatakan jika respons negatif jauh lebih bermanfaat untuk membuat perusahaan lebih berkembang.

Nah, apa saja manfaat social media monitoring tools yang Anda rasakan?

In this article

Join the Conversation