SEO Strategy: Kisi-Kisi Web Berperingkat 1 di Google dari Google Employee Langsung

Bagi Anda yang ingin menjadi ahli SEO, atau sebatas ingin mempelajari SEO untuk website pribadi, baca artikel ini hingga selesai. Kali ini akan saya bagikan rahasia SEO sehingga...

405 0
405 0
SEO Strategy

Bagi Anda yang ingin menjadi ahli SEO, atau sebatas ingin mempelajari SEO untuk website pribadi, baca artikel ini hingga selesai. Kali ini akan saya bagikan rahasia SEO sehingga website bisa menjadi peringkat 1 di Google. Tak tanggung-tanggung, kunci vital ini dipelajari langsung dari karyawan Google. Mari kita ungkap rahasianya. 

Studi kasus

Sebelum mempelajari rahasia SEO ini, saya ajak Anda untuk melihat beberapa statistik sebagai bukti. Berikut adalah statistik traffic website NeilPatel.com selama Agustus 2015:

Statistik Agustus 2015 (https://neilpatel.com/blog/seo-strategy-google/) 

Dan inilah statistik traffic-nya untuk beberapa bulan setelah mengimplementasikan strategi baru yang akan kita bahas:

Statistik setelah menerapkan strategi baru (https://neilpatel.com/blog/seo-strategy-google/) 

Seperti yang Anda lihat, traffic website bertambah dari sekitar 100.493 pengunjung unik setiap bulan menjadi 144.196. 

Jadi, apa rahasianya?

Mungkin Anda akan bisa mengetahuinya secara langsung dengan melihat screenshot di bawah ini. Berikut statistik dari NeilPatel.com:

Statistik NeilPatel (https://neilpatel.com/blog/seo-strategy-google/) 

Dan ini adalah statistik dari blog KISSmetrics:

Statistik KISSmetrics (https://neilpatel.com/blog/seo-strategy-google/) 

Terakhir yakni statistik dari situs Quick Sprout:

Statistik Quick Sprout (https://neilpatel.com/blog/seo-strategy-google/) 

Ketiga situs tersebut memiliki konten yang kurang lebih sama, yakni seputar marketing. KISSmetrics dan Quick Sprout menghasilkan traffic dari sekitar wilayah yang sama. Tetapi NeilPatel.com menghasilkan traffic dari wilayah seperti Brasil, Spanyol, dan Jerman dengan persentase yang jauh lebih tinggi. Jadi, inilah rahasianya… 

Kuncinya, multi-lingual

Tak peduli berapa banyak posting blog yang Anda tulis tentang SEO, sebagian besar tidak akan mendapat peringkat yang baik karena membutuhkan banyak waktu dan jam kerja yang tak terhitung. 

Faktanya, sudah ada banyak konten dalam bahasa Inggris tetapi tidak cukup dalam bahasa lain. Padahal, mayoritas orang di dunia tidak berbicara bahasa Inggris. Dengan kata lain, Anda perlu menerjemahkan konten. 

Pada tanggal 28 November 2015, Neil Patel menerbitkan artikel pertamanya dalam bahasa Portugis. Sekarang, Neil memiliki 4.806 posting blog yang diterbitkan di NeilPatel.com, di mana 1.265 dalam bahasa Portugis, 650 bahasa Jerman, dan 721 bahasa Spanyol. Berikut adalah statistik traffic-nya dalam 31 hari terakhir dalam bahasa Brasil:

Neil Patel Brazil (https://neilpatel.com/blog/seo-strategy-google/) 

Dan berikut adalah statistik untuk bahasa Jerman:

Neil Patel Jerman (https://neilpatel.com/blog/seo-strategy-google/) 

Dan ini adalah Neil Patel dalam bahasa Spanyol:

Neil Patel Spanyol (https://neilpatel.com/blog/seo-strategy-google/) 

Diperlukan waktu untuk melakukannya dengan baik di setiap wilayah, tetapi hal itu sangat berharga karena secara harfiah tidak ada persaingan. 

Kesimpulan

Sebagian besar dunia tidak berbicara bahasa Inggris, namun mayoritas digital marketer memfokuskan upaya pemasarannya di pasar Inggris. Hal ini berarti bahwa pasar di luar Inggris masih sangat terbuka lebar. Memang hasilnya belum tentu lebih cepat, tetapi Anda akan menghasilkan lebih banyak uang karena tidak akan ada banyak persaingan. 

Bagi Anda yang ingin mulai melakukan strategi ini, beberapa trik berikut patut untuk dicoba:

  • Buat situs terpisah per wilayah. Lebih mudah untuk membuat peringkat situs yang dilokalkan yang di-hosting di negara tersebut daripada peringkat situs global. Jika Anda sudah memiliki otoritas domain yang kuat, jangan menggunakan subfolder, lebih baik gunakan sub-domain.
  • Gunakan hreflang dengan benar. Ada banyak cara untuk menggunakan tag hreflang. Fungsinya yakni memberi tahu Google halaman tertentu yang fokus pada wilayah tertentu. Tag hreflang juga dapat fokus pada wilayah atau bahasa tertentu (atau keduanya). Pastikan Anda memilih yang benar.
  • Beli daripada membuat. Jika Anda benar-benar ingin berkembang cepat, cukup beli situs di wilayah tersebut yang tidak menghasilkan banyak uang, kemudian perbaiki. Ini adalah cara tercepat untuk tumbuh.

Terakhir, Google tidak menghukum Anda karena duplikat konten. Menerjemahkan konten dan menggunakan hreflang tidak akan membuat Anda dihukum. Namun menggunakan fitur umum seperti Google Translate tidak akan menghasilkan terjemahan yang sempurna, bisa jadi audiens akan kebingungan. Jadi, saran saya terjemahkan konten Anda secara manual.

 

 

 

 


Source:
https://neilpatel.com/blog/seo-strategy-google/
https://unsplash.com/

In this article

Join the Conversation