[Case Study] Rahasia Blog neilpatel Menguasai 477.000 Keyword dalam 100 hari

Bagi para marketer dan ahli SEO, pasti sudah tak asing dengan Neil Patel. Situsnya selalu menjadi rujukan rutin para digital marketer dari seluruh dunia. Baru-baru ini Neil Patel...

289 0
289 0
Neil Patel

Bagi para marketer dan ahli SEO, pasti sudah tak asing dengan Neil Patel. Situsnya selalu menjadi rujukan rutin para digital marketer dari seluruh dunia. Baru-baru ini Neil Patel berhasil me-ranking 477.000 keyword dari situsnya, ini buktinya:

Organic keywords situs Neil Patel (https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/)

Seperti yang kita ketahui, keyword adalah salah satu formula utama dalam SEO. Lalu, apa rahasia di balik kesuksesan Neil Patel tersebut? 

Fokus pada halaman yang mendorong pendapatan

Menjalankan keyword yang tepat tidak akan menjamin kesuksesan Anda. Jika Anda memberi peringkat halaman yang tidak terkonversi dengan baik, Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic, tetapi pendapatan tidak akan naik. Jadi, lebih baik mengarahkan traffic ke laman yang telah menghasilkan pendapatan. Misal seperti ini:

Laman yang menhasilkan pendapatan (https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/) 

Berdasarkan gambar di atas, Neil Patel mengurutkan hasil berdasarkan konversi. Sekarang Anda memiliki daftar halaman untuk difokuskan. Untuk memaksimalkan hasil, sebaiknya Anda harus fokus pada: 

  • Halaman produk
  • Halaman layanan
  • Halaman konten 

Setelah daftar halaman akhir diperoleh, ambil URL tersebut dan cari menggunakan Google Search Console Anda. 

Masuk ke Google Search Console

Setelah Anda masuk ke Google Search Console, klik, “Search Traffic” kemudian klik “Search Analysis”. Kemudian Anda akan diarahkan ke laporan yang terlihat seperti ini:

Laman yang menghasilkan klik tertinggi (https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/)

Klik opsi “Pages” karena akan mengurutkan hasil berdasarkan halaman teratas. Pada titik ini, Anda harus melihat daftar laman Anda dan menemukannya di dalam Google Search Console. Setelah Anda menemukan salah satu halaman, klik pada URL dan kemudian pilih “Queries” di bagian atas. Anda akan mendapat gambaran tentang istilah spesifik yang menghasilkan traffic dan konversi tertinggi.

Kueri dengan klik tertinggi (https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/)

Selanjutnya unduh data tersebut dalam format CSV dan buka dengan Excel. Kurang lebih seperti ini hasilnya:

Daftar keyword berkinerja terbaik (https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/)

Cari keyword yang menghasilkan jumlah tayangan tertinggi karena kata kunci tersebut berpotensi mendorong traffic terbanyak. Jika Anda merasa kata kunci tersebut relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan, masukkan ke dalam tag judul website Anda.

Tambahkan keyword terkait

Masuk ke Google Search Console dan lihat 10 kata kunci teratas yang Anda beri peringkat. Anda bisa mendapatkan data ini dengan mengklik “Search Traffic” kemudian klik “Search Analytics”.

Search Analytics (https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/)

Sekarang, masuklah ke Google, ketik setiap kata kunci tersebut secara manual dan scroll ke bawah untuk menemukan kata kunci terkait.

Google memberi Anda daftar istilah populer lainnya yang diketik orang. Keuntungannya yakni keyword tersebut sudah terkait dengan keyword yang Anda rangking dan biasanya lebih mudah untuk di-ranking. Mari ambil contoh istilah “SEO”. Google akan memberikan bebrapa rekomendasi keyword terkait “SEO”, di antaranya:

Daftar keyword terkait (https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/)

Ini adalah cara mudah untuk menentukan peringkat kata kunci yang lebih relevan, meningkatkan lalu lintas Anda, dan akhirnya meningkatkan pendapatan Anda. Jika Anda melakukan ini untuk 10 kata kunci teratas, Anda akan memiliki daftar tambahan 80 kata kunci (8 kata kunci per istilah). Jika Anda melakukan ini untuk 1.000 istilah, Anda akan mendapat tambahan rekomendasi keyword sebanyak 80.000 kata kunci!

Tarik pembeli sebelum mereka siap membeli

Ada lagi fitur yang cukup bermanfaat yakni Google Correlate. Google Correlate mampu menunjukkan pola pencarian Anda. Dengan kata lain, tool ini menunjukkan kepada Anda apa yang pelanggan Anda ketik dalam beberapa minggu atau bahkan bulan sebelum mereka menjadi pelanggan.

Google Correlate (https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/)

Anda juga dapat menggunakan Google Correlate untuk melihat apa yang pelanggan ketik dalam beberapa minggu atau bulan setelah mereka menjadi pelanggan. Ini akan membantu Anda menentukan produk atau layanan apa yang ditawarkan untuk meningkatkan pendapatan.

Misal Anda menjual produk beard oil, kemudian ketikkan keyword tersebut pada Google Correlate. Anda akan mengetahui keyword apa saja yang memiliki korelasi dengan “beard oil” dalam rentang waktu tertentu:

Daftar korelasi keyword (https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/)

Terakhir, tinggal gunakan keyword yang Anda dapatkan untuk menciptakan konten yang bermanfaat bagi pengguna. Perlahan, traffic akan meningkat, begitu pula pendapatan.

 

 

 

 


Source: https://neilpatel.com/blog/keyword-research-formula/

In this article

Join the Conversation