7 Contoh Email Marketing Paling Optimal agar Existing Customer Melakukan Repeat Order

Kita mulai pembahasan kali ini dengan fakta bahwa email merupakan media pemasaran yang lebih efektif dibanding jenis platform media sosial lainnya. Namun, keuntungan ini hanya bisa Anda dapatkan...

1463 0
1463 0
Contoh Email Marketing

Kita mulai pembahasan kali ini dengan fakta bahwa email merupakan media pemasaran yang lebih efektif dibanding jenis platform media sosial lainnya. Namun, keuntungan ini hanya bisa Anda dapatkan jika mampu menyusun email secara tepat dan menarik. 

Umumnya, orang akan terkendala ketika menghadapi masalah desain atau template email marketing. Mulai dari jenis email, gambar, HTML, font teks, dan lainnya. Selain itu, tata letak email juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Email yang menarik dan mudah dibaca dapat membuat perbedaan tindakan target, apakah email Anda akan: 

  • Dibaca
  • Dibuka kemudian dihapus, atau
  • Dihapus begitu saja

Untuk mengatasi masalah di atas, 7 rekomendasi email marketing berikut ini patut Anda pertimbangkan. 

Email liburan: Audaxium

Email dari Audaxium ini menawarkan 34% open rate. Kelebihan template ini terletak pada desain yang bersih dan sederhana namun tetap dapat menggambarkan banyak kepribadian. Nadanya santai dan lucu namun informatif.

Email liburan (https://www.pardot.com/blog/7-examples-successful-email-templates-case-study/)

Kiat praktik terbaik: Sebisa mungkin, paparkan kepribadian dan budaya merek Anda melalui email ini. Pembaca ingin melihat email yang terkesan alami, bukan yang kaku dan terlihat dibuat-buat. Gunakan bullet untuk memudahkan pembaca memindai poin-poin penting. Paragraf panjang dapat membuat target bosan, bahkan sebelum mencapai poin utama yang ingin Anda sampaikan. 

Email event: Cloud Sherpas

Email event (acara) Cloud Sherpas menampilkan gambar penuh warna di bagian atas untuk menarik perhatian, menunjukkan bahwa email masih tetap informatif meskipun desainnya bersih, singkat, dan langsung ke sasaran. Teks dipecah menjadi poin-poin agar lebih mudah dibaca, ajakan bertindak (CTA) ditempatkan secara jelas (di kanan atas), dan email secara konsisten memperkuat proposisi nilainya.

Email event (https://www.pardot.com/blog/7-examples-successful-email-templates-case-study/)

Kiat praktik terbaik: Gunakan warna untuk menarik mata pembaca Anda dan tarik lebih jauh ke dalam email, seperti yang dilakukan Cloud Sherpas dengan gambar header-nya. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang memindai email dengan pola berbentuk “F”, ingat ini. Informasi penting harus ada di bagian atas, termasuk logo perusahaan, CTA, serta poin penting seperti acara, tanggal, dan waktu pelaksanaan.

Email pelatihan dan event: Javelin

Email dari Javelin ini memiliki keunggulan yakni mampu menyediakan informasi akurat tanpa membuat email menjadi panjang, mengintimidasi, dan sulit dibaca. Desainnya sederhana, menarik, mudah dipindai, dengan CTA terpisah di samping, ditekankan menggunakan border dan warna yang berbeda.

Email pelatihan (https://www.pardot.com/blog/7-examples-successful-email-templates-case-study/)

Kiat praktik terbaik: Buat email sederhana agar tindakan yang diperlukan oleh prospek atau pelanggan Anda selalu jelas. Saat ini, pembaca sering hanya akan menggeser email untuk poin penting yang relevan. CTA harus menonjol dan harus ditekankan baik oleh warna, penempatan, ukuran, atau batas.

Customer feedback email: Javelin

Email dari Javelin ini lebih fokus pada penggunaan email HTML dalam sistem otomasi pemasaran. Desain dan gambar template bersih, dan templatenya telah dipecah menjadi bagian yang lebih kecil agar lebih mudah dibaca. Email ini juga menampilkan CTA yang jelas, bagian “Hubungi Kami”, dan tombol social share.

Email feedback (https://www.pardot.com/blog/7-examples-successful-email-templates-case-study/)

Kiat praktik terbaik: Pastikan CTA ditampilkan pada bagian atas email. Bagian “Hubungi Kami” dan jangan abaikan penggunaan tombol social share. Fungsinya agar penerima email dapat menghubungi Anda dengan mudah, atau sekadar membagikan email tersebut di media lain. Jangan hilangkan elemen-elemen ini karena dapat menghambat komunikasi antara klien dan perusahaan Anda.

Email webinar: Audaxium

Selain menyediakan semua informasi kontak yang relevan, konten email ini disesuaikan berdasarkan minat penerima. Tautan ke slide webinar, rekaman, dan fungsi white paper sebagai CTA. Template ini juga menyertakan tanda tangan yang dipersonalisasi dari Direktur Penjualan dan Pemasaran, plus tombol social share yang relevan.

Email webinar (https://www.pardot.com/blog/7-examples-successful-email-templates-case-study/)

Kiat praktik terbaik: Jika Anda mengetahui minat pembaca, kirimi mereka konten yang secara khusus terkait dengan minat tersebut. Jangan hanya mengirim email ucapan terima kasih, tambahkan nilai dengan menyertakan konten tambahan yang mungkin bermanfaat.

Rich text drip email: IVCI

Kelebihan email jenis ini adalah menciptakan kesan komunikasi one-to-one antara perusahaan dan calon pelanggan. Email dari IVCI ini singkat, interaktif, dan menyertakan tanda tangan yang dipersonalisasi untuk meningkatkan kesan bahwa email tersebut datang langsung dari perwakilan perusahaan.

Rich text drip email (https://www.pardot.com/blog/7-examples-successful-email-templates-case-study/)

Kiat praktik terbaik: Lakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa email ini tampak sebagai komunikasi one-to-one. Buat suasana informal sambil tetap menyertakan proposisi nilai. Kirimkan email ini dari orang tertentu di perusahaan Anda, seperti perwakilan marketing.

Komunikasi umum: Zerochaos

Bahasa email ini berfokus pada manfaat, edukatif, casual, teks dipecah menjadi bullet, dan paragraf yang lebih singkat. Tombol social share ditampilkan secara menonjol di sudut kanan atas dengan tautan tambahan ada di bagian bawah email.

Komunikasi umum (https://www.pardot.com/blog/7-examples-successful-email-templates-case-study/)

Kiat praktik terbaik: Jika Anda mengirim email ke prospek yang berada di tahap awal siklus pembelian, jagalah agar konten tetap ringan dan edukatif. Pertimbangkan untuk membuat sidebar di template email jika Anda memiliki informasi penting yang ingin disampaikan.

 

 

 

 


Source: https://www.pardot.com/blog/7-examples-successful-email-templates-case-study/
Featured image: https://www.pexels.com/

In this article

Join the Conversation