Cara Optimasi Facebook Ads untuk Ekosistem Bisnis Lokal

Bisnis lokal mulai banyak dilirik dalam beberapa waktu terakhir. Salah satu alasannya yakni karena minimnya persaingan dengan brand berskala global. Selain itu, target dan lingkup pasarnya jelas, sehingga...

828 0
828 0
Cara Optimasi Facebook Ads

Bisnis lokal mulai banyak dilirik dalam beberapa waktu terakhir. Salah satu alasannya yakni karena minimnya persaingan dengan brand berskala global. Selain itu, target dan lingkup pasarnya jelas, sehingga lebih mudah menerapkan strategi tertentu berdasarkan lingkup tersebut. Untuk mengoptimalkan campaign bisnis lokal Anda, saya sarankan untuk memanfaatkan Facebook Ads.

Berikut ini beberapa langkah optimalisasi Facebook Ads yang perlu dicoba untuk mengembangkan bisnis lokal. 

Ketahui elemen dasar dalam strategi Facebook Ads

Sebelum mulai meluncurkan iklan, setidaknya ada 3 hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, di antaranya:

  • Mengatur tool Facebook. Pertama, Anda perlu membuat sebuah Facebook page. Kemudian gunakan Business Manager untuk membuat akun iklan dan piksel, atau menambahkan akun iklan yang ada ke Business Manager.
  • Hitung Lifetime Value (LTV) pelanggan Anda. Mengetahui LTV pelanggan akan membantu dalam membuat dan mempromosikan penawaran sesuai anggaran di Facebook. Untuk menemukan LTV dasar pelanggan Anda, gunakan rumus berikut:
    • (Penjualan Rata-rata per Pelanggan x Frekuensi Bulanan) x 12 Bulan = Nilai Pelanggan Tahunan
  • Misal Anda memiliki toko baju. Ketika pelanggan baru masuk, dia membelanjakan $20 per kunjungan dan rata-rata berkunjung dua kali sebulan. Jadi, bisnis Anda menghasilkan $480 ($20 x 24 kunjungan) dalam pendapatan tahunan dari pelanggan ini.
    • (Nilai Pelanggan Tahunan x 5 Tahun) x 2 Referensi = LTV
  • Lanjut. Rata-rata, konsumen tetap berlangganan selama sekitar 5 tahun ($480 x 5 tahun = $2.400) dan pelanggan ini memberikan referensi setidaknya satu orang lainnya ($2.400 x 2 orang = $4.800). Jadi, satu pelanggan tadi memberi Anda hampir $5.000 dalam LTV.
  • Lacak LTV dan lakukan penawaran cerdas. Setelah Anda menentukan LTV pelanggan, buatlah penawaran yang sesuai dengan anggaran untuk dipromosikan di Facebook melalui pos halaman.

Buat target audiens

Keuntungan terbesar pemasaran digital untuk usaha kecil adalah kemampuan untuk menargetkan konsumen yang benar-benar tertarik dengan produk Anda. Ketika mencari tahu audiens terbaik untuk ditargetkan, pikirkan tentang hal-hal seperti:

  • Siapa pelanggan ideal Anda?
  • Apa demografi mereka?
  • Berapa banyak anak yang mereka miliki?
  • Apa halaman Facebook favorit mereka?

Dengan lebih memahami pelanggan, Anda dapat mengatasi kasus unik yang mereka alami dengan lebih baik, di mana hal ini akan membantu meningkatkan kinerja iklan. Caranya:

  • Pilih Facebook Audience Insights. Di Business Manager, klik tombol menu di sudut kiri atas, arahkan kursor ke All Tools, dan pilih Audience Insights di kolom Plan.
Audience Insights (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
  • Pilih People Connected to Your Page.
People connected to your Page (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
  • Pilih halaman Facebook yang ingin Anda gunakan untuk penelitian.
Pilih Facebook page (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
  • Kemudian Anda akan melihat informasi demografis tentang pengikut Facebook Anda untuk halaman tersebut seperti jenis kelamin, kelompok usia, tingkat pendidikan, status hubungan, hingga jabatan. Gunakan informasi ini untuk personalisasi pesan di iklan Facebook Anda.
Pelajari demografi audiens (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 

Promosikan iklan bisnis melalui Engagement Campaign

Tujuan dari Engagement Campaign yakni untuk membuat audiens terlibat dengan post Anda. Algoritma Facebook akan mengoptimalkan iklan untuk menghasilkan jumlah maksimum orang untuk bereaksi terhadap posting Anda. Caranya:

  • Pertama, publikasikan posting halaman tentang penawaran Anda. Lalu, buka Facebook Business Manager dan klik akun iklan Anda. Klik Create, pilih Engagement.
Create Engagement (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
  • Pilih Post Engagement dan masukkan nama yang jelas dan ringkas.
Post engagement (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
  • Pilih demografi target, misal wanita antara 25 – 55 tahun yang tinggal dalam radius 20 mil dari Jonesboro, Arkansas, seperti ini:
Pilih demografi target (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
  • Di bagian Detailed Targeting, Anda dapat memilih demografi, minat, dan perilaku tertentu.
Detailed Targeting (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
Tentukan placement (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/)
  • Tetapkan anggaran dan pilih waktu peluncuran campaign.
Anggaran dan jadwal campaign (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/)
  • Langkah terakhir, pilih pos yang ada yang ingin Anda gunakan. Setelah selesai, kirim iklan.
Kirim iklan (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 

Kirim iklan melalui Website Conversion Campaign

Saat menjalankan Website Conversion Campaign, penting untuk memasang Facebook pixel di website Anda. Biasanya harganya sedikit lebih mahal. Berikut langkahnya:

  • Di Ads Manager, buat kampanye baru dan pilih sasaran Conversions. Beri nama campaign Anda seperti di poin sebelumnya tetapi tambahkan “conversion” di bagian akhir.
Conversions (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/)
  • Di bagian Conversion, pilih Facebook pixel Anda.
Pilih Facebook Pixel (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
  • Tentukan target audiens.
Pilih target (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/)
  • Atur penempatan campaign.
Edit placements (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
  • Atur anggaran dan jadwalkan campaign Facebook Anda.
Tetapkan anggaran dan jadwal (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/) 
  • Pilih halaman Facebook yang Anda inginkan untuk menjalankan iklan kemudian submit campaign.
Submit campaign (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/)Submit campaign (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses/)

 

 

 

 


Source: https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-facebook-ads-for-local-businesses
Featured image: https://www.pexels.com/

In this article

Join the Conversation