7 Actionable Facebook Marketing Tips: Konversi Follower Menjadi Buyer

Social media marketing selalu menarik untuk dibahas. Bukan hanya karena basis penggunanya yang begitu besar, akan tetapi juga platform media sosialnya yang beragam. Salah satu platform media sosial...

448 0
448 0
Cara Mengubah Follower Menjadi Buyer

Social media marketing selalu menarik untuk dibahas. Bukan hanya karena basis penggunanya yang begitu besar, akan tetapi juga platform media sosialnya yang beragam. Salah satu platform media sosial terpopuler sebagai sarana pemasaran, yakni Facebook. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan bisnis lewat platform ini, 7 tips actionable Facebook marketing berikut ini wajib dicoba untuk meningkatkan konversi. 

Catatan: Semua step dalam artikel ini hanya dapat Anda lakukan menggunakan fitur Donkey atau Unicorn dari MobileMonkey. 

Membuat chatbot dalam waktu 5 menit

Beberapa tahun terakhir mulai banyak orang menggunakan bot untuk menangani masalah keluhan pelanggan. Selain penggunaan sumber daya yang lebih murah, bot juga sangat efektif dalam sistem otomatisasi pemasaran sehingga para marketer dapat fokus mengerjakan kegiatan pemasaran lainnya. 

Berikut langkah membuat chatbot sederhana menggunakan media Facebook Messenger:

  • Buat halaman chatbot, kemudian buat grup di dalamnya, tambahkan deskripsi jika perlu
  • Tambahkan konten dengan Widget
  • Tambahkan Trigger pada halaman tadi
  • Ujilah bot yang telah dibuat
Menambahkan Widget (https://mobilemonkey.com/blog/2018/06/how-to-build-a-facebook-messenger-chatbot)

Tumbuhkan kontak Messenger menggunakan auto-responder di Facebook

Ketika seseorang mengomentari pos Anda, Anda dapat mengobrol langsung melalui Facebook Messenger. Anda juga dapat menambahkannya ke daftar pilihan Messenger sehingga memungkinkan untuk mengirim pesan lebih banyak.

Keunggulan Messenger Marketing (https://mobilemonkey.com/blog/2018/21/facebook-comment-guard-growth-hacks) 

Menggunakan pos komentar auto-responder adalah hack Facebook Messenger Marketing yang efektif menumbuhkan daftar keikutsertaan Messenger. Faktanya, tingkat keterlibatan dalam chat mengungguli email, sosial, dan penelusuran. 

Buat survei singkat menggunakan Facebook Messenger

Survei merupakan salah satu cara paling sederhana untuk mengetahui keinginan pelanggan. Hasil data survei kemudian dapat digunakan untuk menerapkan strategi baru yang lebih tepat. Tiga step berikut dapat Anda coba untuk membuat survei sederhana lewat Messenger:

  • Bangun survei Facebook Messenger Anda menggunakan Quick Questions
  • Tambahkan variabel untuk menyimpan data respons survei penting ke kontak Facebook Messenger
  • Ekspor tanggapan survei yang telah terkumpul
Membuat survei dengan Quick Questions (https://mobilemonkey.com/blog/2018/05/how-to-facebook-messenger-chatbot-survey) 

“Ledakkan” para pelanggan lewat Messenger

Chat blast rata-rata mampu menghasilkan 70-80% open rate di jam pertama karena obrolan Messenger adalah saluran yang menarik dan disukai oleh generasi pengguna internet seluler.

Membuat chat blast (https://mobilemonkey.com/blog/2018/11/how-to-chat-blast-your-facebook-messenger-contacts) 

Berikut ini 3 langkah chat blast kontak Anda di Facebook Messenger untuk mendorong tingkat keterlibatan melebihi jumlah yang pernah Anda hasilkan selama ini:

  • Bangun halaman obrolan
  • Buat “ledakan” (blast)
  • Blast it!

Ubah pelanggan email menjadi kontak Messenger

Setelah melakukan strategi chat blast, Anda akan memasuki periode pertumbuhan pelanggan. Anda dapat mengonversi ribuan pelanggan email menjadi pelanggan Messenger yang juga dapat diciptakan lewat chat blast. Secara sederhana, langkah yang dapat Anda tempuh, yakni:

  • Buat halaman Opt-In para subscriber Messenger
  • Bagikan halaman Opt-In sebagai sebuah link
  • Targetkan pelanggan email Anda menggunakan iklan Click-to-Messenger

Promosikan posting blog dengan iklan Messenger

Jika Anda menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan posting blog, beberapa hal berikut perlu dipertimbangkan:

  • Anda mungkin membayar $5 – $6 per hasil
  • Anda tidak akan pernah tahu siapa yang mengunjungi situs
  • Anda tidak dapat menghubungi pengunjung setelah mereka pergi

Sebagai gantinya, promosikan posting blog Anda dengan iklan Facebook Messenger dan gunakan ROI yang lebih tinggi:

  • Biaya lebih rendah per hasil
  • Tingkat konversi lebih tinggi
  • Informasi kontak pelanggan
  • Peluang untuk menindaklanjuti

Lakukan Drip Campaign di Facebook Messenger

Drip Campaign memungkinkan Anda mengatur konten dan pengguna baru. Setiap orang baru yang bergabung mendapatkan urutan yang dirancang khusus, tidak peduli kapan mereka mendaftar.

Membuat konten dripping (https://mobilemonkey.com/blog/2018/21/facebook-messenger-drip-campaign)

Untuk meluncurkan Drip Campaign ini, berikut tiga langkah sederhananya:

  • Buat segmentasi audiens Anda
  • Buat konten untuk proses dripping
  • Jalankan Drip Campaign

 

 

 


Source:
https://mobilemonkey.com/blog/2018/02/7-super-actionable-facebook-messenger-marketing-tips
https://mobilemonkey.com/blog/2018/06/how-to-build-a-facebook-messenger-chatbot
https://mobilemonkey.com/blog/2018/21/facebook-comment-guard-growth-hacks
https://mobilemonkey.com/blog/2018/11/how-to-chat-blast-your-facebook-messenger-contacts
https://mobilemonkey.com/blog/2018/05/how-to-facebook-messenger-chatbot-survey
https://mobilemonkey.com/blog/2018/21/facebook-messenger-drip-campaign

Featured image: https://www.pexels.com/

In this article

Join the Conversation