16 Website dengan Strategi dan Desain yang Memiliki Persentase Konversi Tinggi

Saya sering mengatakan bahwa kesan pertama sangat penting, dan memang begitulah kenyataannya. Faktanya: Pentingnya desain website (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) Ketika pengunjung mengakses website Anda untuk pertama kalinya, apa pun halamannya,...

918 0
918 0
List of Websites with High Conversion

Saya sering mengatakan bahwa kesan pertama sangat penting, dan memang begitulah kenyataannya. Faktanya:

Pentingnya desain website (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/)

Ketika pengunjung mengakses website Anda untuk pertama kalinya, apa pun halamannya, mereka membuat penilaian sepersekian detik tentang desainnya. Penilaian ini biasanya juga mewakili penilaian mereka terhadap kredibilitas perusahaan.

Itulah alasan pentingnya mendesain website sedemikian rupa sehingga berdampak langsung terhadap konversi. Keenam belas trik desain website ini perlu Anda terapkan hari ini juga untuk meningkatkan rasio konversi. 

Gunakan branding yang konsisten di seluruh situs

Marketer kerap salah memahami cara kerja website branding serta pengaruhnya terhadap konversi. Apple adalah perusahaan yang ahli dalam seni branding. Bukan hanya tentang logo Apple yang khas, tetapi setiap elemen website Apple menyampaikan nilai-nilai mereknya, seperti desain yang ramping, alat yang berguna, dan elegan. Coba lihat ini:

Halaman utama website Apple (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/)

Dari desain website Apple di atas, ada 3 hal yang perlu dicatat:

  • Logo istimewa yang terlihat tetapi tidak berlebihan, penempatannya pun biasa
  • Judul singkat dan subjudul yang menyampaikan tujuan merek
  • Foto produk yang ramping

Berikan white space di antara elemen

White space berfungsi memberikan ruang elemen website untuk “bernapas” secara visual. Jika Anda mengelompokkan item terlalu berdekatan, Anda berisiko membuat pengunjung kewalahan secara visual dan akhirnya pergi. 

Ketika merancang website, gunakan margin dan padding untuk meningkatkan ruang antara gambar, artikel, dan elemen lainnya. Lihat contoh website Crazy Egg berikut:

Penerapan white space (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Kurangi jumlah pilihan yang ditawarkan kepada pengunjung

Ketika Anda meningkatkan jumlah opsi yang ditawarkan kepada seseorang, waktu keputusan juga akan meningkat. Ini sering disebut sebagai “kelumpuhan analisis”.

 

Perbandingan jumlah opsi dan lama waktu respons (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Coba untuk menawarkan satu saja produk di beranda website. Trik ini akan mempermudah pengambilan keputusan pengguna dan lebih efektif untuk mendorong konversi. 

Terapkan the rule of thirds

The rule of thirds (aturan pertiga) telah lama diterapkan dalam seni fotografi, teknik ini juga berlaku untuk desain web. Saat mendesain website, gunakan overlay dengan dua garis horizontal dan dua garis vertikal secara merata seperti ini:

 

The rule of thirds (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Titik hijau adalah titik di mana mata secara alami tertuju untuk melihat objek visual, baik dalam foto atau halaman web. Coba tempatkan CTA dan elemen penting lainnya pada titik-titik tersebut, contohnya seperti ini:

Penerapan the rule of thirds (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Kompres gambar

Menurut MachMetrics, waktu buka website ideal hanya 3 detik. Namun, sebagian besar website industri memuat lebih lambat dari itu.

Kecepatan loading rata-rata berbagai website industri (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Jika Anda ingin meningkatkan konversi, Anda harus meningkatkan kecepatan loading website. Penyebab utamanya biasanya adalah gambar yang terlalu besar. Coba kompres gambar namun jangan sampai menghancurkan kualitasnya. 

Tambahkan breadcrumb

Perlu diingat bahwa setiap pengunjung website memiliki tujuan berbeda. Breadcrumb adalah semacam navigasi yang mempermudah penunjung mengetahui posisi mereka dalam penjelajahan website. Contohnya seperti ini:

Contoh breadcrumb (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Breadcrumb menjadi lebih penting di website e-commerce. Jika Anda memiliki puluhan kategori berlapis, pengunjung sangat mungkin mengalami kebingungan di mana mereka harus mencari produk tertentu, breadcrumb akan sangat membantu dalam kasus seperti ini. 

Mainkan warna dan kontras

Kontras membantu elemen tertentu pada website lebih menonjol dari yang lain. Pastikan Anda menggunakan kontras yang lebih besar pada area spesifik tersebut. Cara ini cukup efektif dalam mendorong konversi, contohnya:

Website Neil Patel (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Berikan animasi pada menu bar dan popup

Animasi dapat menghambat sekaligus mendorong konversi, tergantung bagaimana Anda menerapkannya. Jika animasi terkesan mengganggu atau memperlambat akses situs, maka pengunjung akan menginggalkan website. Jadi, pastikan animasi cukup menarik namun tidak mengganggu, atau berikan opsi untuk mematikan dan menghidupkan animasi seperti ini:

Opsi animasi (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Kelompokkan elemen serupa

Ketika orang melihat suatu pemandangan, seperti website, mereka secara otomatis mengelompokkan objek serupa di dalam pikirannya. Cobalah bereksperimen dengan warna, bentuk, dan ukuran pada halaman terpenting Anda untuk membuat asosiasi. Misalnya, Anda dapat mengelompokkan CTA dan testimonial berdampingan pada satu landing page seperti ini:

Pengelompokkan elemen serupa (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Gabungkan wajah manusia

Penelitian menunjukkan bahwa gambar wajah manusia memunculkan respons emosional, memicu seorang individu untuk merasakan sesuatu, entah itu empati, kebahagiaan, kegembiraan dan semacamnya. Trik ini secara tidak langsung juga turut mendorong ketertarikan pengunjung terhadap suatu produk, contohnya:

Penerapan wajah manusia dalam website (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Buat fitur berkesan familiar

Ketika orang mengunjungi website, mereka pasti memiliki tujuan, misal untuk berbelanja. Tugas Anda yakni mendorong tujuan ini. Amazon menggunakan CTA “Add to Cart” di hampir setiap halaman produk. Mengapa? Karena itu familiar.

Fitur Amazon (https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/) 

Pelajari jalur yang least resistance”

Maksudnya, selain mengurangi opsi untuk pengunjung, Anda perlu melakukan suatu dorongan agar hasilnya maksimal. Misalnya, dengan memberikan highlight diskon pada suatu produk kemudian menyertakan tombol “Beli sekarang” di sampingnya. 

Pelajari bagaimana pengunjung menavigasi website Anda

Cari tahu bagaimana orang berinteraksi dengan website Anda. Tujuannya yakni untuk mengoptimalkan peran setiap halaman dalam hal konversi. Misalnya, dengan menggunakan fitur rekaman Crazy Egg, Anda dapat memantau setiap kegiatan pengunjung mulai dari masuk hingga meninggalkan website. 

Buat landing page berbeda untuk SEO dan iklan berbayar

Rancang landing page yang lebih sederhana untuk menempatkan iklan berbayar. Sebaliknya, desain lebih detail cocok diterapkan pada landing page untuk meningkatkan SEO. Keduanya bertujuan untuk mendorong konversi dan meningkatkan trafik website. 

Hapus slider dan carousel

Dulu, fitur slider dan carousel ini memang cukup populer. Namun, baru-baru ini penelitian membuktikan bahwa fitur ini tak lagi efektif karena dinilai membuang waktu pengunjung untuk melihatnya. Lebih baik hindari fitur ini. 

Kumpulkan data spesifik dari pengunjung website

Selain memperbaiki rancangan website, Anda juga harus memberi audiens apa yang mereka inginkan. Salah satu caranya yakni menggunakan heat maps atau A/B testing untuk mengetahui keinginan pelanggan. Selanjutnya, strategi akan lebih mudah dimaksimalkan.

 

 

 

 


Source:
https://www.crazyegg.com/blog/website-design-best-practices/
https://www.pexels.com/
In this article

Join the Conversation