Upaya Improving Facebook Ads Paling Manjur

Dengan basis pengguna aktif terbesar di dunia, Facebook menjadi salah satu platform media sosial terpopuler untuk sarana pemasaran. Facebook memang telah menyediakan fitur iklan berbayarnya sendiri. Namun, untuk...

39 0
39 0
Improving Fb Ads

Dengan basis pengguna aktif terbesar di dunia, Facebook menjadi salah satu platform media sosial terpopuler untuk sarana pemasaran. Facebook memang telah menyediakan fitur iklan berbayarnya sendiri. Namun, untuk memaksimalkan kinerja Facebook Ads, beberapa tips berikut ini wajib dicoba. 

Manfaatkan event-based audience serupa

Menargetkan audiens serupa berdasarkan suatu event merupakan metode lain dari upaya segmentasi pelanggan. Upaya ini dipermudah dengan kecanggihan fitur lookalike Facebook. Salah satu jenis lookalike terefektif adalah event-based lookalike. 

Dengan memanfaatkan fitur Facebook pixel, Anda dapat membuat kategori pelanggan baru. Caranya yakni dengan membuka dasbor Audiences kemudian pilih opsi Lookalike Audience seperti ini:

Lookalike Audience (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New) 

Di bagian Source, pilih pemirsa khusus website event Anda, lalu pilih negara target dan ukuran audiens. Seperti ini contohnya:

Create a Lookalike Audience (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New) 

Mulai dengan ukuran lookalike audience 1% karena ini adalah kecocokan terdekat dengan source audience Anda. Lalu buat kategori iklan baru untuk menguji ukuran lainnya, tingkatkan menjadi 2% dan seterusnya, hingga ukuran audiens terbesar 10%. 

Sempurnakan penargetan prospek baru dengan Lifetime Value Lookalike Audiences

Satu lagi jenis lookalike audience yakni dengan membangun nilai seumur hidup pelanggan Anda. Untuk membuat jenis lookalike audience ini, langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni memilih opsi create a customer file custom audience with lifetime value. Kemudian gunakan custom audience tersebut sebagai sumber (source) dari lookalike audience, seperti ini:

LTV (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New) 

Tingkatkan kinerja campaign dengan strategi Lowest-Cost Cap Bidding

Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja kampanye Anda yakni dengan mengubah penawaran lelang dari biaya terendah menjadi biaya terendah dengan batas. Secara default, biaya terendah diaktifkan di pengaturan iklan Anda. Saat Anda menetapkan batas tawaran dengan penawaran biaya terendah, Anda dapat menyelesaikan dua hal berbeda: 

  • Control Costs

Cara pertama menggunakan batas penawaran adalah untuk mencegah biaya naik di atas jumlah yang Anda rasa aman. Caranya seperti ini:

Control Costs (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New)
  •  Increase Ad Distribution

Cara kedua untuk menggunakan batas penawaran adalah untuk meningkatkan distribusi iklan dalam upaya penargetan Anda. Dengan menggunakan Dominate Method, Anda dapat menetapkan batas tawaran tiga hingga empat kali jumlah biaya target per hasil pengoptimalan. Misal seperti ini:

Increase Ad Distribution (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New) 

Tingkatkan relevansi iklan dengan Placement Asset Customization Tool

Placement Asset Customization Tool memungkinkan Anda menyesuaikan aset materi iklan pada setiap penempatan. Menyesuaikan materi iklan dapat meningkatkan relevansi iklan serta membantu meningkatkan tingkat keterlibatan dan efektivitasnya. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan Edit Placements dipilih pada tingkat set iklan kampanye Anda, kemudian klik tautan Select All Placements That Support Asset Customization.

Asset customisation (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New) 

Dengan fitur ini, Anda dapat menyesuaikan materi iklan untuk penempatan berikut:

  • Facebook Feeds
  • Instagram Feed
  • Instagram Stories
  • Audience Network Native, Banner and Interstitial
  • Audience Network Rewarded Videos

Setelah memilih penempatan yang relevan, Anda memiliki dua opsi untuk menyesuaikan materi gambar iklan. Pertama, memotong gambar iklan. Kedua, memilih gambar unik untuk iklan tersebut. 

Gunakan fitur Test and Learn untuk mencari tahu kampanye mana yang paling efektif

Fitur Test and Learn membantu Anda menentukan kampanye mana yang menghasilkan konversi paling banyak dengan biaya terendah. Pengujian ini menggunakan metrik peningkatan konversi Facebook. 

Untuk menggunakan fitur ini, buka Ads Manager kemudian pilih opsi Test and Learn.

Fitur Test and Learn (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New) 

Selanjutnya, pilih campaign compare question:

Compare question (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New) 

Setelah itu, pilih dua kampanya yang ingin Anda bandingkan kinerjanya:

Pilih dua jenis campaign untuk dibandingkan (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New) 

Setelah Anda memilih dua kampanye serupa, pilih tindakan peristiwa yang ingin dilacak:

Pemilihan event (https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New) 

Terakhir, pilih durasi pengujian. Untuk melihat hasil tes, kampanye harus menghasilkan setidaknya 100 tindakan konversi untuk acara yang telah dipilih untuk dilacak. Oleh karena itu, berdasarkan anggaran harian kampanye, pilih rentang waktu yang tepat di mana 100 konversi akan dihasilkan.

 

 

 


Source:
https://www.socialmediaexaminer.com/7-advanced-facebook-advertising-tips-to-improve-campaigns/?utm_source=Newsletter&utm_medium=NewsletterIssue&utm_campaign=New
https://www.pexels.com/

In this article

Join the Conversation