Nama-nama Tools Social Media Marketers yang Paling Sering Dipakai Agency di Indonesia

Digital marketing tak pernah lepas dari tools digital. Karena, tools inilah yang menjadi “mesin penggerak” sebuah kampanye digital marketing. Banyak sekali ragam tools digital yang dapat dimanfaatkan dalam...

146 0
146 0

Digital marketing tak pernah lepas dari tools digital. Karena, tools inilah yang menjadi “mesin penggerak” sebuah kampanye digital marketing. Banyak sekali ragam tools digital yang dapat dimanfaatkan dalam upaya pemasaran. Beberapa di antaranya sangat efektif ketika diimplementasikan dalam social media marketing. Penasaran? Mari kita intip satu per satu. 

intoLive

intoLive adalah aplikasi iOS yang berfungsi untuk membuat video media sosial interaktif. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengedit foto langsung di iOS atau video apa pun sehingga video tersebut dapat diputar seperti foto ketika seseorang menekan dan menahan gambar thumbnail-nya. 

PORTRA

PORTRA adalah aplikasi mobile gratis dengan berbagai filter. Anda dapat mengedit berbagai jenis foto menjadi seperti sketsa tangan atau seperti lukisan cat minyak menggunakan aplikasi ini. 

AR Placer Cam

AR Placer Cam adalah aplikasi augmented reality untuk iOS yang memungkinkan Anda menambahkan teks atau emoji dalam sebuah video. AR Placer Cam berharga $ 1,99 dan dapat diunduh dari iOS app store.

AR Placer Cam (https://www.socialmediaexaminer.com/26-tools-and-apps-for-social-media-marketers/)

Grammarly Keyboard

Grammarly Keyboard memungkinkan Anda dapat menambahkan fitur yang membantu memeriksa kesalahan ejaan dan tata bahasa saat Anda sedang menggunakan smartphone. Grammarly Keyboard adalah aplikasi gratis yang dapat berjalan baik pada platform iOS maupun Android. 

Selfissimo

Selfissimo adalah aplikasi dari Google yang secara otomatis menjepret foto seperti bilik foto. Sangat cocok untuk para influencer. Aplikasi ini dapat diunduh gratis baik iOS maupun Android. 

Let’s Enhance

Let’s Enhance adalah aplikasi berbasis web, berfungsi memperbesar gambar hingga 4 kali lipat tanpa mengurangi kualitas gambarnya. 

Scrubbies

Scrubbies adalah aplikasi yang mampu menciptakan efek perulangan mirip seperti video bumerang di Instagram. Kelebihannya yakni mampu memberi Anda kontrol lebih besar atas gerakan video. 

SocialRank

Dengan SocialRank, Anda dapat menganalisis pengikut Twitter dan Instagram berdasarkan berbagai kriteria seperti pengaruh, keterlibatan, dan lainnya. Dengan demikian Anda akan mendapat semacam demografi untuk menentukan strategi marketing. 

Wonderlens

Wonderlens merupakan aplikasi mobile yang sangat canggih untuk membuat video augmented reality (AR) dan gambar diam. Dengan fitur cukup lengkap, dapat berjalan di platform iOS maupun Android. 

Calendly Chrome Extension

Calendly adalah tool yang dapat mempermudah pengaturan jadwal rapat, wawancara podcast, acara video langsung, dan sebagainya. Sangat bermanfaat untuk mengatur agenda rutin Anda. 

SNOW

SNOW adalah aplikasi selfie Dengan filter dan fitur augmented reality (AR) yang unik, sangat recommended untuk membuat cerita di Instagram, Facebook, dan platform lainnya. Gratis!

SNOW (https://www.socialmediaexaminer.com/26-tools-and-apps-for-social-media-marketers/)

Linktree

Aplikasi ini memungkinkan Anda menambahkan beberapa link berbeda yang dapat diakses melalui bio Instagram Anda. 

Anders Pink

Anders Pink merupakan tool yang dapat membantu memantau topik yang Anda minati melalui sumber terpilih. Anda juga dapat menggunakannya untuk membagikan cerita yang Anda ikuti secara publik. 

InShot

InShot adalah editor video seluler untuk iOS maupun Android. Dengan aplikasi ini, Anda seolah dapat membawa studio film di dalam saku. InShot memungkinkan Anda menambahkan musik, efek, sulih suara, emoji, dan teks. 

Toggl

Toggl cukup berguna untuk memeriksa berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengerjakan suatu tugas sehingga lebih efisien waktu. 

Reshot

Reshot adalah situs yang menyediakan stok foto unik berkualitas tinggi secara gratis. 

Standuply

Standuply adalah plugin Slack yang memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah mengirim pesan video. Di Slack, kebanyakan orang menggunakan teks, gambar, dan GIF. 

Dribbble

Dribbble adalah komunitas online untuk para desainer mempublikasikan karya mereka sekaligus saling bertukar inspirasi desain.

Dribbble (https://www.socialmediaexaminer.com/26-tools-and-apps-for-social-media-marketers/)

Fastory’s Instagram Stories Widget

Fastory’s Instagram Stories Widget memungkinkan Anda untuk menampilkan story di situs web Anda. Setelah mengatur widget di situs, biasanya fitur akan muncul di kanan bawah. Ketika pengunjung mengkliknya, layar seperti ponsel akan menampilkan story dan sorotan Instagram Anda saat ini. 

Snapseed

Snapseed adalah tool editing foto canggih untuk perangkat seluler. Tidak hanya dapat melakukan pengeditan dasar (seperti memotong atau menyesuaikan white balance), tetapi juga meningkatkan foto dengan fitur dan efek canggih Snapseed. 

Lately Consistency Scanner

Tool ini menawarkan pemindai online yang membantu Anda meninjau konsistensi pencitraan merek di seluruh platform media sosial. 

Adobe Capture

Dengan Adobe Capture, Anda dapat menemukan warna yang tepat dalam skema warna apa pun, mulai dari karya cetak hingga pemandangan alam. 

RealtimeBoard

RealtimeBoard adalah sejenis “papan tulis online” yang dapat membantu tim digital berkolaborasi. Misalnya, anggota tim dapat berbagi gambar, film, slide, dan teks. 

YouTube Studio

Dengan aplikasi YouTube Studio, Anda dapat mengakses fitur dasbor Creator Studio lewat perangkat mobile. Aplikasi ini sangat berguna bagi para influencer YouTube.

YouTube Studio (https://www.socialmediaexaminer.com/26-tools-and-apps-for-social-media-marketers/)

 Plover

Plover memberi Anda cara lintas platform yang mudah untuk berbagi file dengan orang-orang di jaringan WiFi yang sama. 

Smart Compose

Smart Compose adalah fitur baru Gmail. Fitur ini memungkinkan Gmail memprediksi apa yang akan Anda ketikkan dan memberi saran untuk membantu menyelesaikan email dengan lebih cepat.

Baca juga: 53 Digital Marketing Tools yang Wajib Dicoba untuk Kesuksesan Bisnis Digital

 

 


Source: https://www.socialmediaexaminer.com/26-tools-and-apps-for-social-media-marketers/
Featured image: https://www.pexels.com/
In this article

Join the Conversation