Cara Menggunakan Instagram Hashtag untuk Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Banyak platform sosial media yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi bisnis. Sebut saja Instagram. Platform satu ini bisa dikatakan menjadi salah satu platform sosial media dengan perkembangan terpesat...

379 0
379 0
Cara Menggunakan Instagram Hashtag

Banyak platform sosial media yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi bisnis. Sebut saja Instagram. Platform satu ini bisa dikatakan menjadi salah satu platform sosial media dengan perkembangan terpesat dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan pengguna aktif harian Instagram tak lepas dari peran fitur-fitur keren yang ditawarkan. 

Kabar baiknya, Anda dapat memanfaatkan kecanggihan fitur Instagram sebagai sarana peningkatan visibilitas bisnis, misalkan saja hashtag. Bagaimana caranya? 

Pahami dulu struktur hashtag Instagram yang efektif

Ada banyak hashtag yang dapat Anda gunakan untuk dapat terhubung dengan audiens di Instagram. Namun membutuhkan waktu dan penelitian untuk dapat menemukan hashtag yang tepat. Sedikit membutuhkan upaya memang, namun dengan strategi yang tepat, Anda dapat mendorong konversi nyata, mulai dari memperbanyak pengikut, hingga menghasilkan penjualan. 

Tiga puluh adalah jumlah maksimal hashtag yang dapat Anda sertakan dalam sebuah post Instagram. Setiap hashtag tersebut akan memiliki pengaruh masing-masing dalam menjangkau audiens yang menggunakan hashtag serupa. Jadi, pastikan untuk menggunakan hashtag yang tepat, sesuai dengan product campaign Anda jika tak ingin menjangkau orang yang salah.

Anda juga dapat mengetahui jumlah posting serupa lewat sebuah pencarian hashtag, contohnya seperti ini:

Jumlah post terkait sebuah hashtag (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-instagram-hashtags-for-business-strategy-for-visibility/)

Baca juga: 7 Simple Hacks untuk Memperoleh Ratusan Ribu Follower Instagram

Rumus kombinasi hashtag yang tepat

Untuk membangun strategi hashtag yang efektif, Anda harus menggabungkan hashtag yang tepat. Kombinasi hashtag yang tepat dapat memaksimalkan kinerja posting dan menjangkau audiens yang tepat pula. Untuk mengidentifikasi berbagai hashtag dalam setiap posting, gunakan rumus berikut: 

  • Pilih 5 hingga 7 hashtag yang sangat populer. Hashtag seperti ini umumnya memiliki sekitar 100.000 hingga 500.000 posting serupa. Tidak direkomendasikan menggunakan hashtag super populer (dengan lebih dari 500.000 post terkait) karena biasanya mengundang aktivitas bot. Selain itu, tingkat kemungkinan poting Anda tertumpuk oleh posting lain akan semakin tinggi.
  • Identifikasi 5 hingga 7 hashtag yang cukup populer. Hashtag kategori ini umumnya memiliki 10.000 hingga 100.000 posting serupa.
  • Pilih 3 hingga 5 hashtag khusus niche. Kategori ashtag ini biasanya memiliki kurang dari 10.000 post terkait dan sangat ditargetkan untuk bisnis inti Anda, atau hal-hal yang dicari oleh audiens target.
  • Sertakan 1 hingga 3 hashtag bermerek. Ini adalah kategori hashtag yang digunakan secara eksklusif untuk brand Anda.

Coba lihat contoh implementasi rumus di atas pada salah satu posting dari @tanya.plummer.fit berikut ini:

Contoh optimalisasi hashtag (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-instagram-hashtags-for-business-strategy-for-visibility/)

Alasan kenapa penggunaan algoritma ini dinilai sangat penting yakni karena dapat memengaruhi kesuksesan campaign Anda. Dengan menggunakan hashtag populer, konten Anda akan muncul dalam penelusuran selama hitungan detik hingga menit. Ketika Anda menyertakan hashtag yang cukup populer, konten akan aktif dalam hasil pencarian dalam hitungan jam. Hashtag khusus akan membantu konten Anda muncul ke permukaan. Ketika orang tertarik, mereka akan menelusuri secara lebih spesifik. Akhirnya, tutup dengan hashtag produk untuk mengarahkan audiens langsung ke bisnis Anda. Misalnya seperti ini:

Peran sebuah hashtag (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-instagram-hashtags-for-business-strategy-for-visibility/)

Visibilitas maksimum lewat hashtag

Setelah memahami resep strategi hashtag jitu di atas, sekarang saatnya Anda tentukan hashtag terbaik untuk merek Anda. Setiap hashtag yang Anda gunakan di pos Instagram harus terkait langsung dengan industri, merek Anda, hingga konten itu sendiri. Begini penjelasannya:

  • Hashtag konten harus terkait secara langsung dengan item dalam postingan itu sendiri.
  • Hashtag industri mungkin tidak secara langsung terkait dengan apa yang ada di post tetapi khusus untuk industri dan klien yang Anda layani.
  • Hashtag iklan digunakan khusus untuk audiens target yang ingin Anda jangkau.
  • Hashtag bermerek adalah hashtag yang digunakan untuk “memamerkan” konten Anda di Instagram.

Berikut ini contoh posting Instagram dengan kombinasi hashtag konten, industri, iklan, dan merek:

Penerapan rumus kombinasi hashtag (https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-instagram-hashtags-for-business-strategy-for-visibility/)

Begini kurang lebih komposisi hashtag-nya:

  • Hashtag kontennya meliputi: #bridetobe, #weddingceremony, #weddingflowers, dan #weddingbouquet.
  • Hashtag industrinya meliputi: #weddingideas, #weddingphotography, #junebugweddings, #weddingphotographer, dan #instawedding.
  • Hashtag iklannya meliputi: #ohioweddingphotographer, #ohioweddingphotography, #daytonweddingphotographer, #cincinnatiweddingphotographer, dan #columbusweddingphotographer.
  • Hashtag bermereknya yakni: #britjaye.

Baca juga: Ultimate Guide: Menjadi Selebgram Ratusan Ribu Followers dengan Strategi Hashtag Optimizer

 

 


Source:
https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-instagram-hashtags-for-business-strategy-for-visibility/
https://unsplash.com/
In this article

Join the Conversation