CMO Trick: tren Digital Marketing Transformation yang tak boleh Anda abaikan

Digital marketing modern tak pernah lepas dari data, perusahaan harus menganalisis dan menggunakan himpunan data dalam upaya pemasaran mereka. Mayoritas CMO mengaku bahwa perangkat seluler, media sosial, dan...

292 0
292 0

Digital marketing modern tak pernah lepas dari data, perusahaan harus menganalisis dan menggunakan himpunan data dalam upaya pemasaran mereka. Mayoritas CMO mengaku bahwa perangkat seluler, media sosial, dan web adalah saluran pemasaran paling umum mereka gunakan. Namun, mereka juga menyatakan bahwa penggunaan saluran ini tak terintegrasi dengan baik. 

Selain itu, preferensi konsumen terus berubah, ini berarti bahwa perusahaan harus terus mencari pendekatan yang akurat dan personal sesuai perkembangan audiens. Pemasaran efektif hanya dapat dicapai dengan bantuan teknologi terbaru, seperti artificial intelligence atau machine learning. 

Jika CMO tidak menyesuaikan bisnis mereka dengan realitas modern, mereka akan tertinggal. Dan, langkah pertama dalam proses penyesuaian ini adalah memahami konsep digital marketing transformation. 

Apa itu digital marketing transformation?

Brian Solis, Principal Analyst di Altimeter Group, mendefinisikan transformasi digital sebagai “penataan kembali, atau investasi baru dalam teknologi dan model bisnis untuk lebih efektif melibatkan pelanggan digital di setiap titik kontak dalam siklus hidup pengalaman pelanggan.”

Artinya, perusahaan perlu mengadaptasi seluruh sistem pemasarannya ke realitas digital modern. Adaptasi meliputi berbagai aspek bisnis, mulai dari produk, keuangan, hingga pemasaran.

Digital marketing transformation map (https://www.futurismtechnologies.com/digital-transformation-solutions.php) 

Ada beberapa alasan mengapa para manajer melakukan transformasi, di antaranya: 

  • 55% mengaku transformasi ini dilakukan atas dasar perilaku dan preferensi pelanggan yang berubah.
  • 71% di antaranya mengaku melakukan transformasi digital untuk memahami perilaku atau dampak dari pelanggan baru. 

Intinya, banyak eksekutif percaya bahwa transformasi digital mengarah pada peningkatan hubungan brand-konsumen. Mereka juga percaya bahwa hal ini dapat membantu memprediksi perilaku konsumen baru. 

Apa pentingnya memahami digital marketing transformation?

Alasan pertama, penting untuk memahami bahwa digital marketing transformation itu sendiri merupakan sebuah tren. Dan sebuah tren merupakan salah satu kunci kesuksesan pemasaran. Perusahaan yang menunda melakukan transformasi diprediksi akan semakin kesulitan menghadapi kompetitor.

5 manfaat utama digital marketing transformation (https://www.launch-marketing.com/articles/digital-transformation/)

Dengan mengetahui tren, Anda akan dapat secara konsisten menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa, bersama dengan transparansi, kelincahan, dan akuntabilitas di semua tingkatan. Hal ini memungkinkan perluasan wilayah pengaruh perusahaan di pasar. 

Survei terbaru Altimeter Group mengungkap bahwa 41% pemimpin yang disurvei mengatakan bahwa mereka melihat peningkatan pangsa pasar berkat upaya transformasi digital. Selain itu, 37% lainnya mengaku melihat dampak positif pada semangat kerja karyawan. 

Tren utama pendorong digital marketing transformation

Terdapat beberapa tren yang berperan penting dalam fenomena digital marketing transformation, antara lain:

  • Big Data. Laporan McKinsey Global Institute mengatakan bahwa volume data meningkat 40% per tahun. Ini berarti bahwa antara tahun 2009 dan 2020 akan tumbuh 44 kali. Big Data sangat penting untuk memahami bagaimana bisnis beroperasi, semua keputusan penting harus didasarkan pada data dan analitik.
  • The Internet of Things (IoT). 31,4% organisasi yang disurvei telah meluncurkan solusi IoT, dengan tambahan 43% akan diluncurkan dalam 12 bulan ke depan. Selain itu, 55% responden melihat IoT sebagai hal penting bagi daya saing bisnis mereka.
Contoh teknologi VR atau AR (https://medium.com/digital-vault/digital-marketing-transformation-trends-every-cmo-should-be-ready-for-in-2017-5cd621ffa1f5)
  • Virtual and Augmented Reality. VR dan AR membawa konsep baru pelayanan pelanggan. Teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk memeriksa dan bahkan “menyentuh” produk sebelum membeli. Misalnya, orang dapat mengukur pakaian dan sepatu dari jarak jauh sehingga mereka dapat melakukan pembelian dengan lebih percaya diri.
  • Artificial Intelligence. Teknologi machine learning menggunakan algoritma berbeda yang memungkinkan penanganan data secara efisien. Tidak memerlukan analisis manusia, tetapi dapat membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang dikumpulkan. AI dapat membantu mengotomatisasi dan mengoptimalkan proses pemasaran.

Kesimpulannya, tren digital marketing transformation membawa berbagai dampak positif bagi perusahaan. Segera lakukan transformasi pemasaran jika Anda tak ingin semakin tertinggal dari para pesaing dan konsumen.

 

 

 

 


Source:
https://medium.com/digital-vault/digital-marketing-transformation-trends-every-cmo-should-be-ready-for-in-2017-5cd621ffa1f5
https://www.futurismtechnologies.com/digital-transformation-solutions.php
https://www.launch-marketing.com/articles/digital-transformation/
Featured image: https://www.pexels.com/

In this article

Join the Conversation