Blogging Case Study: Perjalanan dari 0 UV hingga 20k UV Kurun Waktu 18 Bulan

Bagi Anda yang tertarik memulai blogging, artikel ini recommended untuk dibaca hingga selesai. Kita akan belajar bagaimana step by step membangun user viewer dari nol hingga puluhan ribu...

81 0
81 0
Blogging Case Study

Bagi Anda yang tertarik memulai blogging, artikel ini recommended untuk dibaca hingga selesai. Kita akan belajar bagaimana step by step membangun user viewer dari nol hingga puluhan ribu dalam kurun waktu 18 bulan lewat studi kasus (data36.com). 

Sekadar informasi, data36.com adalah sebuah blog teknologi, dan perjalanannya dimulai dari beberapa elemen detail tentang blogging, seperti: 

  • Bagaimana cara memperoleh 100 viewer pertama?
  • Berapa lama blogging berlangsung setiap harinya?
  • Bagaimana strategi konten dan pemasarannya?
  • Bagaimana cara membagi waktu untuk kegiatan lain?
  • Berapa uang yang dikeluarkan dan dihasilkan dari blogging? 

Mulai dari mempersiapkan blog

Pada dasarnya, persiapan awal terkait blog itu cukup sederhana. Dimulai dengan menentukan nama brand, membeli domain, menyewa server, mengatur WordPress, memilih template, selesai.

Jika Anda ingin memiliki desain web yang sangat unik dan canggih, mungkin membutuhkan waktu beberapa hari atau minggu. Namun jika hanya ingin mulai menulis, Anda bisa mengatur blog secara harfiah selama satu jam. 

Pada langkah awal ini, masalah teknis bukanlah fokus utama. Tantangan utamanya yakni konten itu sendiri. 

Dalam studi kasus ini, tema yang diangkat yakni mengenai ilmu data dan analitik. Dari sini, kemudian muncul pertanyaan, konten seperti apa yang harus ditulis? Kemudian diputuskan bahwa topiknya mengenai dasar-dasar data science untuk pemula. Setelah itu, langsung eksekusi, tulis kontennya. 

Satu artikel per minggu

Hal terpenting ketika memutuskan untuk membangun blog yakni Anda harus menyukai blogging. Jika tidak, kemungkinan Anda akan berhenti sebelum menemukan momentum yang tepat. Inilah salah satu langkah data36.com untuk memperoleh 100 reader pertamanya, yakni dengan menerbitkan satu artikel per minggu secara konsisten selama hampir satu tahun.

Contoh konten data36.com (https://hackernoon.com/how-my-tech-blog-went-from-0-to-20000-monthly-readers-within-18-months-79351fd466da)

Bisa dikatakan bahwa periode awal ini adalah periode paling menyakitkan ketika membangun blog. Anda akan merasakan bagaimana sulitnya menarik pembaca meski telah menyusun konten sedemikian rupa. Belum lagi upaya promosi di berbagai platform media sosial. Tapi jangan menyerah, kuncinya ada di awal tadi, yakni Anda harus menyukai blogging. 

Anggaplah blogging sebagai hobi, sehingga Anda bisa terus bertahan hingga mencapai momentum yang dapat “meroketkan” semangat blogging. Sebagai media promosi, coba share konten Anda di beberapa forum dan platform terkenal, seperti: 

  • HackerNews
  • GrowthHackers
  • Reddit
  • Datatau

Dalam kurun waktu tiga bulan, inilah statistik yang diperoleh data36.com:

Lonjakan pengunjung setelah tiga bulan (https://hackernoon.com/how-my-tech-blog-went-from-0-to-20000-monthly-readers-within-18-months-79351fd466da)

Pertahankan momentum

Setelah mendapatkan 1.000 user viewer pertamanya, data36.com semakin gencar memproduksi dan mempromosikan konten. Karena inilah salah satu kuncinya: dapatkan, manfaatkan, dan pertahankan momentum. 

Konsistensi membuat data36.com mengalami lonjakan pengunjung dan memperoleh tawaran kerja sama dari berbagai situs populer. Pada Maret 2017 bahkan O’Reilly Media menawarkan kerja samanya. Setelah 18 bulan, ini hasilnya:

Hasil blogging dalam 18 bulan (https://hackernoon.com/how-my-tech-blog-went-from-0-to-20000-monthly-readers-within-18-months-79351fd466da)
  •  Beberapa saluran pemasaran
  • Newsletter list: 2.400+ pelanggan
  • Twitter: 1.160+ pengikut
  • Facebook: 660+ pengikut
  • Medium: 2.800+ pengikut
  • Youtube: 320+ pelanggan
  • Pengunjung di blog: 20.000+ / bulan
  • Lalu lintas SEO di blog: 13.000+ / bulan

Inilah beberapa tool yang dapat Anda manfaatkan dalam upaya blogging:

Website:

  • Blog engine: WordPress  (gratis)
  • WordPress Theme: Fukasawa  (gratis)
  • Domain name: dotroll.com  ($10 per tahun)
  • Hosting service: digitalocean.com  ($10 per bulan)
  • SSL certificate: Let’s Encrypt  (gratis)

Marketing:

  • Social Channels: Youtube, Instagram, Facebook, Twitter  (gratis)
  • E-mail marketing: Mailchimp  ($36 per bulan)

Kesimpulan

Setiap orang dapat membangun blog hingga memperoleh puluhan ribu user viewer dengan langkah ini:

  • Mulai perlahan, tetapi konsisten.
  • Fokus pada “nilai” setiap artikel Anda.
  • Bersikaplah strategis dalam pemasaran dan promosikan konten di beberapa platform.
  • Cobalah untuk mendapatkan umpan balik sebanyak mungkin dari audiens.
  • Lakukan dan tulis apapun yang Anda sukai.

 

 

 

Source: https://hackernoon.com/how-my-tech-blog-went-from-0-to-20000-monthly-readers-within-18-months-79351fd466da
Featured image: https://www.pexels.com

In this article

Join the Conversation