Tips Mengukur Kecepatan Mobile Site (Disertai Tools Analyzer)

Semakin hari, ekspektasi orang atas pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat kian meningkat. Tak terkecuali dalam hal penelusuran pada situs mobile.  Seperti yang kita ketahui, perangkat...

145 0
145 0

Semakin hari, ekspektasi orang atas pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat kian meningkat. Tak terkecuali dalam hal penelusuran pada situs mobile. 

Seperti yang kita ketahui, perangkat mobile saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai aktivitas seperti mencari penawaran hotel terbaik atau membeli baju baru kerap dilakukan lewat bantuan smartphone. Namun, kegiatan seperti ini sering terhalang oleh situs web seluler yang “lemot”.

Kebanyakan pebisnis berpikiran sama, bagaimana cara mengantisipasi lambatnya akses situs mobile. Sayangnya, kebanyakan dari mereka gagal. Ini adalah tantangan baru yang harus ditaklukkan. 

Faktanya, sebuah laman web seluler rata-rata membutuhkan waktu 15,3 detik untuk dimuat. Bisakah Anda membayangkan untuk menunggu selama itu? Saya yakin kebanyakan dari Anda akan bosan dan tidak sabar.

Pengaruh negative experience pada bisnis online (https://www.thinkwithgoogle.com/marketing-resources/data-measurement/mobile-site-speed-tools/)

Fakta lain membuktikan, jika seseorang memiliki pengalaman negatif di sebuah situs seluler, kemungkinannya 62% lebih kecil untuk membeli dari situs tersebut di masa mendatang. Tidak peduli seberapa cantik dan efektifnya campaign yang dilakukan. 

Lalu, bagaimana kiat untuk mengatasi permasalahan ini?

Cari tahu faktor yang memperlambat kecepatan situs

Ada sebuah tool yang bisa Anda manfaatkan untuk mengukur waktu akses situs, yakni Speed Scorecard. Tool ini memungkinkan Anda untuk membandingkan kecepatan situs seluler pribadi dengan para kompetitor. Data yang diperoleh berdasarkan pada bagaimana pengalaman pengguna Chrome di dunia nyata ketika mengakses sebuah website terkemuka. 

Berbicara masalah kecepatan situs web seluler, waktu muat 5 detik (atau kurang) adalah waktu akses recommended pada perangkat seluler dengan koneksi 3G. Sepertinya terdengar cukup sulit direalisasikan. Akan tetapi, ada banyak hal yang dapat diperoleh dengan meningkatkan kecepatan situs web. Bahkan perbedaan 1 detik pun dapat memengaruhi tingkat konversi. 

Hitung peluang situs mobile

Lambatnya kecepatan akses situs seluler tidak hanya membuat pelanggan frustrasi, tapi juga membatasi bisnis Anda. Secara umum, survei membuktikan bahwa delay satu detik dalam waktu loading situs seluler dapat memengaruhi konversi hingga 20%!

Pengaruh waktu delay terhadap tingkat konversi (https://www.thinkwithgoogle.com/marketing-resources/data-measurement/mobile-site-speed-tools/)

Untuk menghitung seberapa besar dampak dari masalah ini, gunakan Impact Calculator. Dengan hanya beberapa input-an, tool ini mampu memperkirakan potensi dampak pendapatan yang mungkin dihasilkan dari peningkatan kecepatan situs web seluler Anda.

Jika satu detik saja sangat berharga, bayangkan berapa banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh jika mampu mengurangi waktu loading detik demi detik.  

Implementasi tool

Intinya, kecepatan memang sangat penting. Berikut ini beberapa tool yang dapat Anda manfaatkan untuk mempercepat pengalaman seluler: 

  • Pertama, pelajari berbagai cara mengoptimalkan situs seluler seperti menghindari pengalihan landing page, meningkatkan waktu respons server, hingga mengoptimalkan peran gambar. Coba terapkan metode RAIL yang berfokus pada user experience:
Metode RAIL (https://developers.google.com/web/fundamentals/performance/rail)
  • Secara sederhana, metode RAIL bekerja dengan: merespons pengguna secara cepat, mengoptimalkan penggunaan animasi pada situs, optimalisasi waktu idle, dan mempercepat waktu loading situs.
  • Periksa “Landing Pages” di fitur baru AdWords untuk melihat URL mana yang ramah seluler, mendorong penjualan terbanyak, atau mungkin memerlukan perhatian Anda.
  • Accelerated Mobile Pages (AMP) dapat Anda manfaatkan untuk mempercepat loading secara instan. Saat ini, kampanye Google Search dapat mendorong klik ke landing page kilat ini.
  • Dalam beberapa bulan mendatang, Google akan mulai memproses permintaan pengukuran klik di belakang layar sehingga pelanggan bisa segera “mendarat” di situs Anda setelah mengklik iklan. Untuk memastikan campaign Anda siap untuk pelacakan paralel, cobalah untuk menghubungi penyedia pengukuran pihak ketiga dan pastikan mereka akan kompatibel.

 

 

 

Sources: 
https://www.thinkwithgoogle.com/marketing-resources/data-measurement/mobile-site-speed-tools/
https://developers.google.com/web/fundamentals/performance/rail
Featured image: https://www.pexels.com

In this article

Join the Conversation