Tips SEO Terbaru Khusus untuk Pelaku Bisnis Online

SEO merupakan salah satu elemen penting dalam pertumbuhan sebuah situs bisnis. Banyak perusahaan menyewa jasa SEO profesional untuk “meroketkan” situs mereka. Sebenarnya, masalah SEO tidaklah serumit itu. Anda...

118 0
118 0

SEO merupakan salah satu elemen penting dalam pertumbuhan sebuah situs bisnis. Banyak perusahaan menyewa jasa SEO profesional untuk “meroketkan” situs mereka. Sebenarnya, masalah SEO tidaklah serumit itu. Anda pun bisa menjadi layaknya seorang profesional SEO dengan cara ini. 

Pahami dulu algoritma Google

Jika boleh menganalogikan, SEO ibarat suatu metode untuk “menaklukkan hati” Google. Nah, sebelum menerapkan berbagai trik SEO, terlebih dulu Anda harus memahami algoritma kerja mesin pencari ini.

PageRank adalah sebuah algoritma yang diterapkan Google dalam search engine miliknya. Algoritma ini sebenarnya berasal dari teori Einstein yang kemudian dikembangkan oleh para pendiri Google seperti Larry Page dan Sergei Brin. PageRank bekerja dengan beberapa alur seperti menelusuri berbagai link atau situs berdasarkan kata kunci penelusuran.

Algoritma PageRank (https://www.slideshare.net/jdhaar/pagerank-algorithm-explaned)

Google kemudian mencari situs mana yang paling sering dikunjungi, diunduh, dan paling relevan, lalu memberikan peringkat. Semakin relevan konten, semakin tinggi peringkat di halaman utama Google.

Baca juga: Panduan Content Marketing untuk Support Local Bisnis 

Sekarang, Google masih bekerja dengan algoritma yang sama. Hanya saja, algoritma tersebut telah disempurnakan menggunakan berbagai fitur canggih seperti AI dan machine learning. Saat ini, konten yang sama bisa jadi memiliki bobot berbeda dalam hasil penelusuran. Otoritas menjadi kuncinya.

Misal, sebuah link di situs CNN bisa bernilai 1.000 kali dibanding situs lainnya dengan konten yang sama. Jadi, tugas Anda sekarang adalah memperkenalkan situs kepada Google. Google akan mencari situs terbaik untuk direkomendasikan kepada user. Jika bisa memenuhi “tuntutan” ini, maka Anda menang. Caranya? 

Mainkan sistem

Algoritma yang diterapkan Google sangatlah canggih. Dirancang oleh para ahli di bidangnya sehingga hampir mustahil Anda bisa melampaui kecerdasan mereka. Jadi, jangan melawan, tapi ikuti alurnya.

Hindari terjun terlalu jauh ke dalam algoritma SEO, karena bisa jadi Anda akan mendapat batu sandungan.

Google semakin genius setiap harinya. Sistemnya saat ini sudah bisa memfilter situs spam yang biasa memaksimalkan penggunaan keyword dalam setiap page-nya. Situs-situs seperti ini bahkan kebanyakan hanya mampu bertahan seminggu sebelum akhirnya terfilter oleh sistem Google.

Baca juga: [Case Study] On-page & Off-page SEO yang Menjanjikan

Kembali pada masalah memperkenalkan situs kepada Google. Langkah pertama yaitu dengan melakukan riset keyword. Kesuksesan keyword ini juga bergantung pada:

  • Seberapa populer situs
  • Sudah berapa lama situs dibuat
  • Seberapa padat trafiknya 

Untuk mengatasi masalah ini, gunakan konsep keyword “ekor panjang”. Caranya seperti ini:

  • Gunakan UberSuggest, KeywordShitter, dan sedikit “brainstorming” untuk menghasilkan beberapa keyword
  • Ekspor keyword tersebut ke Google Keyword Planner untuk mengetahui tingkat lalu lintas
  • Cari keyword tersebut dengan ekstensi chrome SEOQuake yang dipasang untuk menganalisis kesulitan keyword yang benar
Konsep long tail SEO (https://www.7boats.com/long-tail-keywords/)

Men-generate “brainstorming” keyword

Langkah untuk menemukan “brainstorming” keyword yakni dengan mengidentifikasi beberapa keyword yang mungkin berpotensi menjadi populer. Misal seperti ini:

  • Growth hacking
  • Growth marketing
  • Internet marketing
  • Growth hacking guide
  • Growth hacking book
  • Book about growth hacking
  • What is growth hacking
  • Growth hacking instructions

Setelah menemukan daftar beberapa keyword, kemudian memasukkan ke UberSuggest. Di aplikasi ini Anda akan mendapat hingga ratusan rekomendasi keyword, misal seperti ini:

Rekomendasi keyword terbaik (https://medium.com/startup-grind/seo-is-not-hard-a-step-by-step-seo-tutorial-for-beginners-that-will-get-you-ranked-every-single-1b903b3ab6bb)

Estimasi lalu lintas keyword

Setelah mendapatkan daftar rekomendasi keyword terbaik, langkah selanjutnya yaitu mencari tahu seberapa padat volume pencarian menggunakan keyword tersebut. Untuk langkah yang satu ini Anda dapat memanfaatkan fitur Google Keyword Planner.

Silakan pilih opsi “Get search volume data and trends” dan Anda akan menemukan kata kunci terbaik dengan volume lalu lintas penelusuran terpadat.

Setelah menemukan beberapa kata kunci yang menjanjikan, selanjutnya Anda perlu mempersempit daftar keyword menggunakan SEOQuake. Tujuannya agar Anda mendapatkan keyword yang benar-benar “klop” dengan volume situs. Dengan SEOQuake, Anda bisa mem-filter kata kunci menggunakan berbagai parameter seperti ini:

Berbagai parameter dalam SEOQuake (https://medium.com/startup-grind/seo-is-not-hard-a-step-by-step-seo-tutorial-for-beginners-that-will-get-you-ranked-every-single-1b903b3ab6bb)

Setelah itu Anda akan mendapatkan keyword terbaik untuk pengguna, konten, dan juga situs. Terakhir, tinggal implementasikan keyword tersebut dan bersiaplah untuk SUKSES!

Baca juga: Mitos SEO yang Perlu Anda Abaikan Sejak Sekarang

 

 

 

Sources:
https://medium.com/startup-grind/seo-is-not-hard-a-step-by-step-seo-tutorial-for-beginners-that-will-get-you-ranked-every-single-1b903b3ab6bb
https://www.slideshare.net/jdhaar/pagerank-algorithm-explaned
https://www.7boats.com/long-tail-keywords/
Featured image:
https://www.pexels.com

In this article

Join the Conversation