Syarat Agar Bisnis Travel Online Mendapat Profit 1 Miliar dalam 6 bulan

Ada sebuah peningkatan fokus strategi content marketing, termasuk dalam industri travel online. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan persepsi mengenai content marketing itu sendiri. Coba pelajari ini: Bagi sebagian...

72 0
72 0
Bisnis Travel Online

Ada sebuah peningkatan fokus strategi content marketing, termasuk dalam industri travel online. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan persepsi mengenai content marketing itu sendiri. Coba pelajari ini:

  • Bagi sebagian pebisnis, strategi konten mengacu pada penciptaan atau distribusi murni hal-hal seperti artikel, video, dan komunikasi email.
  • Developer melihatnya sebagai hierarki untuk pembuatan situs.
  • Agensi menganggapnya sebagai pembuatan konten.
  • Sedangkan tim marketing melihatnya sebagai distribusi dan pengukuran kampanye. 

Jadi, strategi mana yang paling tepat?

Sebenarnya tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah dalam penerapan strategi tersebut. Tapi, mari kita lihat studi kasus travel industry yakni Epsilon. Brand ini mengusulkan kerangka kerja dengan pertanyaan kunci untuk ditanyakan ketika mengembangkan strategi konten:

  • Substansi: Jenis konten apa yang dibutuhkan? Siapa targetnya?
  • Struktur: Bagaimana konten diatur, diformat, dan ditampilkan? Bagaimana proses backend untuk meng-coding dan memberi tag pada konten?
  • Manajemen: Bagaimana perubahan dibuat dan diimplementasikan?
  • Alur kerja: Apa yang dibutuhkan orang, proses, dan teknologi terkait konten? Siapa yang bertanggung jawab untuk membuat konten?
Persentase B2B menggunakan content marketing (https://www.snapapp.com/blog/54-content-marketing-stats-guide-your-2018-strategy)

Semua pertanyaan itu perlu dijawab satu per satu ketika mengembangkan strategi konten marketing. Lalu, adakah trik untuk meningkatkan pendapatan bisnis travel online? Tentu. 

Tips meningkatkan profit travel online company

1. Tunjukkan manfaat produk/layanan Anda. Kuncinya, jangan mencoba untuk menjadi sama dengan kompetitor, tapi jadilah unik.

Untuk melakukan ini, manfaatkan peran pelanggan. Minta mereka untuk menulis ulasan tentang produk/layanan Anda. Ini adalah win-win solution. Pelanggan merasa senang memberikan pendapat, dan Anda akan mendapatkan informasi berharga untuk membuat ide, rencana, dan tindakan bisnis baru. 

2. Aktif di media sosial.

Sosial media adalah tempat terideal bagi pelanggan untuk berbicara tentang produk perjalanan, berbagi pengalaman, memberikan rekomendasi, dll. Gunakan informasi semacam gambar, video dan lainnya untuk mendorong audiens memberikan tanggapan. Komentar dan umpan balik mereka membantu Anda menjadi lebih pintar, lebih baik, dan lebih cepat!

Tingkat keterlibatan di berbagai platform sosial media (https://www.businessinsider.com.au/social-media-engagement-statistics-2013-12)

3. Tawarkan nilai tambah. Menambahkan penawaran pelengkap dalam sebuah layanan adalah cara sederhana untuk meningkatkan pendapatan.

Misalnya, menawarkan makan siang dan makan malam pilihan, atau menyewa peralatan tambahan. Untuk melakukan trik ini, Anda perlu tahu apa yang diinginkan pelanggan. 

Contoh: layanan travel Anda sedang dalam tur observatorium yang menawarkan sesi melihat teleskop pribadi. Anda dapat menawarkan segelas anggur dan “camilan” sebelum menonton untuk membuat pengalaman lebih romantis (bagi pasangan). 

4. Paket komponen travel untuk menciptakan produk travel yang unik.

Gabungkan berbagai produk menjadi pengalaman unik. Buat paket dan coba tawarkan harga yang lebih baik dengan menjual hotel, penerbangan, dan aktivitas bersama.

Transaksi online travel China (https://www.chinainternetwatch.com/6268/china-online-travel-overview-2013/)

5. Cari tempat wisata baru. Seperti poin pertama tadi, jalan menuju sukses bagi perusahaan travel ialah lewat membangun diri mereka sendiri di pasar khusus.

Perjalanan tidak perlu rumit atau langka, yang penting berbeda. Coba temukan demografi tertentu, jenis perjalanan, atau tujuan baru. 

6. Integrasikan perangkat lunak pemesanan online. Ini adalah tren untuk menjual paket online travel. Anda perlu menawarkan pengunjung opsi untuk memesan produk secara online melalui website.

Cara ini juga akan sangat membantu Anda mengelola waktu 24/7 untuk menerima pemesanan. Berikan pelanggan layanan yang mudah dan aman untuk memesan atau membayar. Tanpa sadar ini juga bagian dari kebijakan layanan pelanggan. 

7. Perluas jaringan B2B Anda. Mitra bisnis dapat membantu Anda menjangkau pasar baru, pelanggan baru, mendapatkan ide baru, dan banyak lagi! Semua benefit itu dapat Anda peroleh dengan memperbanyak mitra B2B. 

Baca juga: Konsep Teoretis Pemasaran B2B yang Sering Diabaikan, Padahal Sungguh Efektif

*

Terinspirasi untuk membuka bisnis travel online? Tambahkan referensi seputar bisnis travel melalui case study YukTravel dan Travelmath.

 

 

Source: 3 4 5

Featured image: Pexels

In this article

Join the Conversation