Ultimate Guide: Menjadi Selebgram Ratusan Ribu Followers dengan Strategi Hashtag Optimizer

Tahukah Anda bahwa sebuah post Instagram dengan (minimal) satu hashtag memiliki keterlibatan 12,6% lebih banyak daripada yang tidak? Jika Anda memiliki bisnis online dan menggunakan akun Instagram, manfaatkan...

926 0
926 0
Optimasi Hashtag

Tahukah Anda bahwa sebuah post Instagram dengan (minimal) satu hashtag memiliki keterlibatan 12,6% lebih banyak daripada yang tidak? Jika Anda memiliki bisnis online dan menggunakan akun Instagram, manfaatkan ini sebagai media promosi.

Optimalkan penggunaan hashtag Instagram untuk menarik ratusan ribu follower. Dengan panduan ini, Anda tidak hanya bisa menarik pengikut, tetapi menarik pengikut yang tepat. Check this out! 

Pahami dulu pentingnya hashtag

Pada dasarnya, hashtag adalah “media” penyortiran post Instagram. Dengan sekitar 95 juta foto yang diunggah di Instagram setiap hari, sulit bagi Instagram untuk mengirimkan konten yang tepat kepada orang yang tepat secara efisien.

Hashtag Instagram terpopuler (https://iti-digital.com/the-ultimate-guide-to-instagram-hashtags-for-2018-b9079a95f1db)

Hashtag membantu post Anda ditemukan oleh audiens yang memiliki ketertarikan serupa. Pengguna lebih cenderung terlibat dengan suatu konten karena isinya sesuai dengan minat mereka.

Baca juga: 7 Simple Hacks untuk Memperoleh Ratusan Ribu Follower Instagram

Menambahkan salah satu hashtag Instagram paling populer tidak menjamin akan menghasilkan lebih banyak interaksi. Karena hashtag di atas sangat populer, ada kemungkinan post Anda akan tertumpuk oleh post lain. Jadi, gunakan hashtag yang lebih spesifik. 

Organisir hashtag Anda

Untuk membuat sistem hashtag yang efisien, Anda dapat memanfaatkan Excel atau tool analitik Instagram.

Di Excel, Anda harus secara manual melacak hashtag apa saja yang digunakan, seberapa sering, dan bagaimana korelasinya dengan post.

Seiring waktu, Anda akan melihat korelasi antara hashtag tertentu dan post tertentu pula. Hal ini dapat membantu memilih hashtag mana yang paling cocok untuk brand Anda.

Ada juga tool yang dapat Anda manfaatkan untuk masalah ini, misalnya Iconosquare. Tool ini dapat secara otomatis menyimpan hashtag top dan memberikan laporan tentang hashtag mana yang menjangkau audiens lebih banyak. 

Tentukan jumlah hashtag

Sekitar 91% top brand menggunakan tujuh (atau kurang) hashtag per post. Tapi trik ini belum tentu berhasil diterapkan oleh setiap orang.

Banyak juga yang merekomendasikan untuk menggunakan sekitar 20 hashtag spesifik dalam sekali post.

Baca juga: Menulis Caption Instagram yang Terbukti Meng-engage Follower

Intinya, Anda tidak dapat mengetahui berapa banyak hashtag dengan fungsi terbaik sebelum mengujinya. Waktunya bereksperimen!

Statistik jumlah hashtag (https://www.rivaliq.com/blog/instagram-hashtag-best-practices/)

Persempit hashtag

Ada dua alasan kenapa lebih baik menggunakan hashtag yang lebih spesifik:

  • Pertama, Anda dapat bersaing di “area” yang lebih kecil (minim kompetitor).
  • Kedua, hashtag spesifik lebih efektif dan efisien. Kenapa? Karena pengguna lebih mudah menemukan apa yang mereka perlukan dengan mencari secara lebih spesifik. 

Misal seperti ini:

#marketing memang lebih populer, tetapi jika Anda menggunakan #contentmarketing, lebih mudah menemukan apa yang dicari.

Cari tahu hashtag yang sering orang gunakan

Cara mudah untuk menghasilkan ide hashtag adalah dengan menganalisis pengikut atau pesaing. Teliti hashtag apa yang sering mereka gunakan dalam post. Hal ini juga sangat membantu untuk meneliti pengaruh dari hashtag tertentu. 

Uji hashtag yang serupa

Ketika Anda mengetikkan suatu hashtag pada fitur penelusuran Instagram, sistem akan menunjukkan hashtag yang serupa di bawahnya. Ini adalah cara sederhana untuk membuat daftar hashtag yang lebih panjang untuk dicoba. 

Buat dan ikuti hashtag campaign brand Anda sendiri

Cara lain memanfaatkan hashtag Instagram untuk tujuan pemasaran yakni dengan membuat dan mengikuti hashtag Anda sendiri. Mengikuti hashtag Anda sendiri adalah cara yang efektif untuk terlibat dengan audiens. Selain itu, Anda juga bisa berbicara tentang brand pribadi dan mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan mereka.

Tips menciptakan hashtag campaign (https://www.slideshare.net/WishpondTechnologiesLtd/3-key-hashtag-strategies-how-to-market-your-business-content)

Satu lagi cara yang cukup efektif meskipun tidak mudah dilakukan. Yaitu menciptakan hashtag campaign brand. Meskipun sulit, Anda perlu mencobanya. Karena jika trik ini sukses, hasilnya akan sangat menakjubkan.

*

Setuju dengan apa yang barusan Anda baca? Share, like, atau tinggalkan komentar. Baca juga tips update seputar Instagram di sini.

 

 

Source: 1 2 3

Featured image: Pexels

In this article

Join the Conversation