ICO Marketing Strategy: Apa dan Bagaimana Mempergunakannya?

Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Bitcoin. Mata uang digital ini sekarang semakin populer seiring waktu. Berkembangnya fenomena ini juga memunculkan banyak hal baru dalam dunia...

310 0
310 0
digital marketing strategy

Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Bitcoin. Mata uang digital ini sekarang semakin populer seiring waktu. Berkembangnya fenomena ini juga memunculkan banyak hal baru dalam dunia digital marketing. Salah satunya yaitu ICO marketing strategy.

Apa itu ICO?

ICO merupakan singkatan dari Initial Coin Offering. Secara sederhana dapat diartikan bahwa ICO adalah metode penawaran koin paling awal sebelum diluncurkan ke pasar bebas.

Histori ICO (https://medium.com/@getongab/announcing-the-worlds-first-reg-a-ico-e9965c61669b)

ICO ini biasanya ditawarkan oleh para developer dengan tujuan untuk mengumpulkan dana guna mengembangkan proyek yang mereka lakukan (coin digital). Keuntungan ICO bagi para developer yaitu mereka mendapatkan bantuan dana untuk pengembangan proyek.

Sedangkan bagi para investor, sebelum coin tersebut di luncurkan ke pasar bebas, harga yang diberikan akan lebih murah. Dan biasanya ketika coin tersebut di luncurkan, harganya akan melonjak hingga lebih dari 5 kali lipat dari harga awal.

Lalu, bagaimana kiat memanfaatkan strategi ICO ini?

Muncul dengan action plan

Sebelum meluncurkan ICO, Anda perlu membuat rencana pemasaran komprehensif. Tujuannya untuk membantu startup Anda membangun identitas merek dan menghimpun pengikut setia. Bagaimana caranya?

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merencanakan ICO:

  • Apakah bisnis Anda memiliki infrastruktur yang andal? Website harus dilindungi dari cyber attack. Infrastrukturnya harus mampu menahan lalu lintas yang padat tanpa downtime.
  • Bagaimana caranya membangun pengikut? Membangun komunitas penting untuk semua strategi pemasaran. Cara terbaik untuk menumbuhkan komunitas secara alami yakni terlibat langsung dengan orang-orang di berbagai platform.
  • Apa brand Anda? Anda harus bisa menjelaskan seperti apa proyek Anda, apa yang ingin dilakukan dengan itu, dan siapa yang membantu melakukannya. Contohnya, OPEN Platform telah “melabeli” diri sebagai solusi pembayaran blockchain utama. Ketika seseorang berpikir tentang pembayaran cryptocurrency, proyek mereka harus bisa menjadi pilihan utama pembayaran tersebut.
  • Bagaimana cara menjangkau audiens? Banyak sekali cara untuk terhubung dengan pelanggan baru dan yang sudah ada. Misalnya, kampanye email, melalui platform social media seperti Facebook Messenger, atau mempublikasikan konten di situs online publishing ternama seperti Medium.
  • Di mana bagian yang sukses? Periksa metrik pemasaran Anda untuk melihat dari mana pengunjung berasal, rasio konversi, dan informasi penting lainnya.

Eksekusi strategi pemasaran Anda

Bangun audiens dengan mengkombinasikan berbagai strategi yang Anda ketahui. Berinteraksi dengan audiens melalui konten dan layanan pelanggan adalah salah satu cara efektif untuk menarik pendukung baru secara alami. Coba manfaatkan iklan media sosial untuk membantu Anda menjangkau berbagai segmen komunitas blockchain, investor blockchain misalnya.

Statistik Token Allocation vs Revenue Usage ICO (https://blog.icochaser.com/commerceblock-ico-report-cf3b5265a7b1)

Strategi tersebut telah berhasil diimplementasikan dengan baik oleh SuchApp dan OPEN Platform. Kedua proyek ini telah berhasil mempromosikan diri di beberapa platform media sosial ternama, seperti Reddit dan Telegram. Dari sini, mereka sukses membangun banyak audiens sebelum mengumumkan penjualan coin di pasar bebas.

Menjaga momentum setelah strategi ICO

Ini salah satu yang terpenting. Setelah pra-penjualan token dan ICO selesai, perlu adanya upaya untuk menjaga agar hype di sekitar proyek Anda terus berkembang. Salah satu caranya ialah dengan terus mengembangkan layanan bisnis untuk mengakomodasi pasar yang fluktuatif.

Statistik ICO pada satu momentum (https://steemit.com/ico/@vividrange/cryptocurrency-ico-stats-2017-and-2016-conferences-and-events)

Cobalah untuk menambahkan fitur-fitur baru untuk membuat platform Anda tetap nyaman dan berguna. Atau memanfaatkan campaign hadiah dengan memberi imbalan kepada pengguna untuk “onboarding” anggota baru. Mirip seperti sistem MLM.

Kesimpulannya, Anda tidak bisa meluncurkan ICO tanpa bantuan pihak lain. Pertimbangkan untuk bekerja dengan para ahli di industri yang sama dan dapat membantu Anda mengkreasi strategi pemasaran yang terorganisasi.

 

 

 

 

Source: 1 2 3 4 5

Featured image: Pexels.com

In this article

Join the Conversation