Khusus Blogger: Panduan Meningkatkan Jumlah Audiens Blog dalam 1 Minggu

Blogging adalah awal yang bagus untuk menjalankan bisnis online atau kewirausahaan. Anda akan mendapatkan berbagai manfaat dari blogging, misalnya: mempraktikkan dasar-dasar kewirausahaan dan bisnis online dengan risiko kecil...

156 0
156 0
Content Marketing Blog

Blogging adalah awal yang bagus untuk menjalankan bisnis online atau kewirausahaan. Anda akan mendapatkan berbagai manfaat dari blogging, misalnya:

  • mempraktikkan dasar-dasar kewirausahaan dan bisnis online dengan risiko kecil dan mendapatkan pengalaman berharga.
  • Anda dapat membangun audiens dan platform untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut.

Blogging tidak harus rumit atau sulit. Ada beberapa statistik yang penting, beberapa kiat yang berhasil, dan beberapa platform yang benar-benar berkontribusi terhadap audiens. Mari kita mulai dari yang berikut ini. 

Upaya yang kurang tepat dalam blogging

Ada banyak tutorial dan saran tentang blogging yang sangat populer. Sayangnya, tidak semuanya benar-benar berhasil. Saya ambil 3 di antaranya:

1) Promosikan blog di berbagai platform. Ketika pertama kali mulai blogging, masuk akal untuk mulai mempromosikannya. Akhirnya orang mulai “berkoar-koar” di berbagai platform, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Dengan metode ini, secara tidak sadar aktivitas Anda justru lebih banyak dihabiskan di platform tersebut. Bukankah seharusnya lebih banyak aktivitas di blog? Anda seharusnya lebih fokus pada pembangunan blog daripada upaya promosi ini.

2) Metode “follow-unfollow”. Pernah membaca saran untuk mengikuti sebanyak mungkin orang kemudian secara berkala berhenti mengikuti mereka? Untuk sementara mungkin memang audiens Anda bertambah. Sayangnya, mereka tidak benar-benar ingin mengikuti Anda. Apalagi membaca konten Anda.

3) Komentari post orang lain. Berkomentar di post orang lain hanya akan membuang waktu dan energi. Fungsinya hampir sama dengan poin sebelumnya. Jadi, baca post hanya jika post itu menarik untuk dibaca. Beri komentar hanya jika Anda benar-benar ingin mengatakan sesuatu.

Memiliki blog dan nama domain sendiri

Ada beberapa platform terkenal yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan konten. Misalnya Medium. Tapi, saya sangat menyarankan agar Anda memiliki blog dengan nama domain sendiri. Kemudian gunakan Medium sebagai alat promosi. Jangan gunakan Medium sebagai platform utama.

Daftar domain terpopuler (https://searchmarketingcommunications.com/2008/09/19/domain-name-registration-statistics/)

Memiliki blog (misal WordPress) dan nama domain Anda sendiri memiliki dua keunggulan:

  • Pertama, Anda memiliki lebih banyak kontrol. Anda dapat mengonfigurasi dan mendesainnya sesuai keinginan.
  • Kedua, Anda tidak tahu apa yang akan dilakukan platform promosi (seperti Medium) di masa depan. Bisa saja mereka akan berhenti beroperasi atau hanya akan menerbitkan konten berbayar. Itu bencana untuk Anda.

Jadi, lebih baik membangun blog Anda sendiri sebagai platform utama dan menggunakan platform lain sebagai media promosi. 

Cara mendapatkan publikasi utama Medium

Ada dua cara agar konten Anda di-publish di situs utama Medium.

Cara pertama dengan mendaftar ke Medium, jelajahi topik yang Anda minati, cari konten yang menarik, asli, dan berkualitas.

Jika sudah, periksa apakah mereka diterbitkan dalam publikasi utama. Jika ya, maka itu adalah topik yang perlu Anda angkat.

Kepopuleran Medium (https://medium.com/swlh/top-10-tools-to-grow-your-medium-blog-84f79519ae25)

Cara kedua yaitu dengan mengakses Smedian dan periksa daftar 100 publikasi teratas mereka. Jika tidak dapat menemukan publisher besar yang mau menerima konten Anda, cobalah perbaiki kualitas konten.

Ketika kualitas posting Anda meningkat, publisher akan menjangkau Anda untuk memasukkan posting Anda dalam publikasi mereka.

BACA JUGA: Memperoleh 200k Pengunjung Blog Menggunakan Google AMP

 

Upaya memperbaiki kualitas konten yang layak publish

Melanjutkan poin sebelumnya mengenai masalah kualitas konten. Ada banyak cara yang dapat Anda ikuti, misal dalam kasus ini dengan membaca posting populer pada publikasi utama Medium.

Jenis konten seperti apa yang Anda sukai? Pelajari segala hal tentang konten-konten tersebut, misalnya:

  • bagaimana struktur kontennya?
  • Bagaimana mereka mendiskusikan topiknya?
  • Bagaimana judul mereka dibangun?
Structured content (https://ez.no/Blog/5-Benefits-of-Structured-Content)

Cobalah untuk belajar sebanyak mungkin dari posting tersebut. Kemudian tinggal mengimplementasikannya ke dalam penciptaan konten Anda selanjutnya. Semoga berhasil!

BACA JUGA: Cara Membuat Blog Bisnis Berpenghasilan $1000 Per Bulan

 

 

Source: 1 2 3 4
Featured image: Pexels
In this article

Join the Conversation