Wajib Baca! Trik Mengirim Email Marketing ke Audiens yang Super-Sibuk

Sebelumnya saya pernah membahas mengenai pentingnya email marketing untuk keberhasilan bisnis. Masalahnya sekarang, tidak semua orang yang dikirimkan email punya waktu untuk membacanya. Misal orang-orang sibuk seperti manager,...

222 0
222 0
Trik Mengirim Email Marketing

Sebelumnya saya pernah membahas mengenai pentingnya email marketing untuk keberhasilan bisnis. Masalahnya sekarang, tidak semua orang yang dikirimkan email punya waktu untuk membacanya. Misal orang-orang sibuk seperti manager, CEO, founder, hingga investor. Untuk masalah ini, ada trik-trik khusus yang dapat Anda gunakan. Penasaran? Langsung saja kita pelajari bersama. 

Psikologi No-Reply

Email yang tidak memiliki ajakan bertindak yang jelas, subjek yang buruk dan tidak relevan tidak akan bekerja pada orang yang supersibuk. Dan biasanya seperti inilah psikologi orang rata-rata menulis email kepada si supersibuk:

“Orang ini sangat sibuk dan menerima banyak email per hari. Saya harus menjelaskan kepada mereka mengapa mereka harus membalas email saya dan saya harus menjelaskan apa yang saya kirim kepada mereka.”

Kemudian orang mulai menulis email mereka dengan beberapa komponen dasar dari email yang bagus, seperti:

  • Subjek yang jelas
  • Paragraf yang jelas
  • Call-to-action yang jelas
  • Beberapa jaminan
  • Harapan mendapatkan respons

BACA JUGA: Jenis-Jenis CTA yang Perlu Dipergunakan di Website Bisnis

Email marketing adalah media yang sangat efektif untuk menjalankan bisnis. Coba lihat ini:

Efektivitas email merketing (https://gradybritton.com/strategy/4-tricks-good-email-marketers-use-grab-attention-boost-roi/)

Fakta tersebut akan membuat orang semakin ingin mendapatkan respons. Tapi, seperti di atas tidak akan mendapat tanggapan dari sebagian besar orang yang sibuk. Kenapa?

Psikologi orang yang sangat sibuk

Pertama Anda pahami dulu beberapa perbedaan pengirim email berikut ini:

  • Pengirim email yang buruk berpikir bahwa si orang sibuk memiliki psikologi yang berbeda dari mereka sendiri.
  • Pengirim email biasa tahu bahwa si orang sibuk sama seperti mereka tetapi gagal menulis email yang sesuai.
  • Pengirim email yang luar biasa tahu bahwa si orang sibuk memiliki psikologi yang sama dan mereka memiliki waktu yang lebih sedikit.

Jadi, masalah waktu juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan email marketing yang Anda kirim. Orang yang sangat sibuk biasanya akan menandai email sebagai “belum dibaca” atau memindahkannya ke folder to-do list“.

Faktor kesuksesan email marketing (https://teachtofishdigital.com/library/digital-marketing-infographics/)

Email terburuk untuk Very Busy People adalah yang ditulis dengan baik tetapi tidak memiliki pertanyaan yang jelas, misalnya:

  • Panggilan balik
  • Ajakan berkolaborasi bersama
  • Harapan untuk mendapatkan umpan balik
  • Ketertarikan untuk terhubung

Padahal itu adalah beberapa hal yang diinginkan si orang sibuk ketika mendapatkan email. Kejelasan tujuan Anda. Dengan demikian si orang sibuk ini bisa dengan cepat memutuskan tindakan mereka. 

Menulis email untuk orang yang sangat sibuk

Email yang ditulis untuk orang yang sangat sibuk memiliki kemungkinan sangat kecil untuk segera ditanggapi. Jadi, semakin singkat dan padat email yang Anda kirim, semakin baik dan semakin besar kemungkinan mendapatkan tanggapan. Misal seperti ini:

Tuan Slayback,

Saya seorang mahasiswa di University of Emails dan saya menemukan artikel Anda tentang menulis email untuk orang yang sangat sibuk. Saya pikir itu menarik dan ingin menanyakan kepada Anda pertanyaan singkat tentang email yang akan membantu saya mengerjakan makalah selanjutnya.

 Apakah Anda mengatakan bahwa email: 

A) Kemungkinan akan diganti dengan bentuk komunikasi baru dalam waktu dekat.

B) Kemungkinan tidak akan digantikan oleh bentuk komunikasi baru dalam waktu dekat.

C) B, tetapi juga email itu belum mencapai nilai puncaknya untuk bisnis. 

Saya menghargai pemikiran Anda di atas. Apapun tanggapan Anda akan sangat membantu saya.

 Saya menghargai waktu Anda.

 

Chaz

 

Membangun respons seperti ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan respons dari si supersibuk. Yang terpenting, dapat respons dulu. Setelah mendapat respons, langkah selanjutnya akan lebih mudah. Coba ingat beberapa poin ini baik-baik:

  • Pindai tanggapan Anda untuk mereka
  • Jadilah sangat spesifik dalam permintaan Anda
  • Jangan membuang waktu mereka
  • Berfokuslah untuk mendapatkan tanggapan terlebih dahulu sebelum meminta sesuatu yang lebih

Jika Anda mengikuti psikologi ini, peluang untuk mendapatkan respons dari orang yang sangat sibuk akan meningkat secara nyata.

BACA JUGA: Pentingnya Psikologi Warna untuk Digital Marketing Campaign

 

 

 

Source: 1 2 3

Featured image: Pexels.com 

 

 

 

In this article

Join the Conversation