Cara Memperoleh 105 Ribu Pengguna Chatbox Marketing

Digital marketing hampir selalu membutuhkan bantuan tool yang terkomputerisasi. Misal dalam hal pemasaran. Banyak yang menggunakan bantuan chatbot untuk melancarkan proses satu ini. Bukan berarti manusia tidak mempunyai...

138 0
138 0
Chatbox Marketing

Digital marketing hampir selalu membutuhkan bantuan tool yang terkomputerisasi. Misal dalam hal pemasaran. Banyak yang menggunakan bantuan chatbot untuk melancarkan proses satu ini.

Bukan berarti manusia tidak mempunyai kapabilitas. Ini lebih berkaitan dengan masalah waktu. Maksudnya, para marketer tidak mungkin menghabiskan waktu selama 24 jam sehari untuk melayani jutaan pelanggannya.

Di sini, chatbot mampu menggantikan peran manusia. Melakukan kegiatan pelayanan secara otomatis, cepat, dan efisien. Salah satu bot yang bisa Anda manfaatkan adalah GrowthBot. Mari kita berkenalan lebih jauh dengan robot digital satu ini. 

Kelebihan bot

Penelitian App Annie 2017 menemukan bahwa orang menggunakan 9 aplikasi yang sama per hari dan tidak lebih dari 30 aplikasi selama sebulan. Dengan kata lain, pengguna hanya menggunakan sekitar sepertiga dari keseluruhan aplikasi yang mereka unduh.

Generasi milenial menggunakan utilitas seperti peta dan mesin pencari plus aplikasi untuk jejaring sosial, pesan, hiburan, dan ritel.

Aplikasi terpopuler (https://medium.com/swlh/how-we-are-getting-105k-people-to-use-our-chatbot-c159eb9dd65a)

Di sinilah kelebihan bot. Bot tidak terpengaruh oleh dampak dari jumlah aplikasi yang digunakan. Sebaliknya, bot “tinggal” di dalam aplikasi dan benar-benar meningkatkan fungsi dari beberapa aplikasi messaging terpopuler.

Misalnya, GrowthBot. Bot ini membantu pengguna mengakses banyak data pemasaran dan penjualan menggunakan aplikasi yang mungkin sudah mereka buka setiap hari. 

Developer bekerja secara konsisten untuk menumbuhkan keterampilan pemrosesan bahasa alami (NLP) GrowthBot. NLP memungkinkan chatbot untuk memahami apa yang dicari oleh pengguna. Hal ini juga memungkinkan konsumen untuk menikmati percakapan pribadi daripada berinteraksi dengan menu “intuitif”. 

Pentingnya akses data bot

Keuntungan lain menggunakan bot yaitu Anda tidak perlu membangun algoritma penelusuran dari awal. Anda bahkan tidak perlu membuat aplikasi. Tapi semua itu hanya bisa didapat jika chatbot memiliki akses ke data yang cukup terhadap pelanggan.

Akses data GrowthBot (https://medium.com/swlh/how-we-are-getting-105k-people-to-use-our-chatbot-c159eb9dd65a)

Meskipun GrowthBot memiliki keterampilan percakapan yang solid, tetapi tidak ada artinya tanpa data pemasaran dan penjualan. Berbeda dengan aplikasi pemasaran profesional, bot lebih fokus memberdayakan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari menggunakan naluri alami.

Inilah pentingnya sebuah akses database untuk bot. Dengan ini, bot mampu mengambil masukan, memberikan umpan balik yang relevan, dan melakukannya dengan cara yang lebih mudah dikelola daripada platform lainnya. 

Bot perlu memiliki “kepribadian”

Tujuan terbesar dalam membangun chatbot sebenarnya untuk melayani pelanggan layaknya manusia (bukan seperti robot). Itu sebabnya sebuah bot juga perlu memiliki semacam kepribadian. Jika merek sudah memiliki kepribadian yang kuat, terjemahkan itu menjadi suara dan nada yang digunakan bot ketika berinteraksi dengan orang.

Menciptakan alur percakapan yang hebat merupakan tantangan terbesar yang akan Anda hadapi. Untuk itu, coba lihat ini:

The inbound messaging framework (https://medium.com/swlh/how-we-are-getting-105k-people-to-use-our-chatbot-c159eb9dd65a)

Bot vs search engine

Satu masalah yang sering dihadapi pengguna ketika menggunakan search engine yaitu tidak menemukan apa yang mereka cari. Atau butuh waktu lama untuk menemukan jawaban yang tepat. Untuk itu, bot harus bisa melakukan apa yang tidak dapat dilakukan search engine:

  • Memberikan percakapan dan solusi layanan pelanggan tanpa menunggu
  • mengirim informasi yang dicari pengguna hanya dalam hitungan detik, pada percobaan pertama
  • Membuat rekomendasi berdasarkan personalisasi yang kuat
  • Menggabungkan informasi dari berbagai sumber langsung di dalam sebuah aplikasi 

Orang perlu cara cerdas untuk menemukan lebih banyak informasi lewat tool yang sudah mereka ketahui dan gunakan secara teratur. Itulah yang saat ini sedang dikembangkan GrowthBot. Jika kesemuanya mampu dipenuhi oleh bot, maka bukan hal mustahil untuk mengubah “budaya” penelusuran yang ada saat ini. Sebagai bukti, berikut ststistik hasil yang sukses dicapai menggunakan GrowthBot:

Hasil penggunaan GrowthBot (https://medium.com/swlh/how-we-are-getting-105k-people-to-use-our-chatbot-c159eb9dd65a)

 

 

 

Source: https://medium.com/swlh/how-we-are-getting-105k-people-to-use-our-chatbot-c159eb9dd65a

Featured image: https://www.pexels.com/

In this article

Join the Conversation