Panduan Menemukan Potential Customer Bisnis Baru Anda

Jujur, bagi saya yang tersulit untuk dilakukan adalah memulai. Apa pun itu. Begitu pula dalam hal bisnis digital. Bisnis baru, harus pula mencari pelanggan baru. Memang, di luar...

204 0
204 0
Tips Bisnis Online

Jujur, bagi saya yang tersulit untuk dilakukan adalah memulai. Apa pun itu.

Begitu pula dalam hal bisnis digital. Bisnis baru, harus pula mencari pelanggan baru. Memang, di luar sana banyak sekali calon pelanggan potensial untuk bisnis. Pertanyaannya, sudah potensialkah bisnis Anda untuk mereka?

Mari kita pelajari bersama cara untuk menemukan potential customer untuk bisnis baru Anda.

Semakin selektif, semakin baik

Hukum timbal balik juga berlaku dalam dunia bisnis.

Seperti di awal tadi, di luar sana banyak sekali orang yang memenuhi syarat sebagai calon pelanggan ideal. Tapi, jika profil Anda tidak disesuaikan dengan kebutuhan mereka, apa hasilnya? Pengabaian. Jadi?

Tipe segmentasi pelanggan (https://amasty.com/blog/guide-on-magento-customer-segmentation-for-grown-ups/)

Semakin selektif Anda tentang siapa pelanggan ideal, semakin besar kemungkinan akan menemukan mereka. Dan, semakin besar kemungkinan mereka akan menemukan Anda.

BACA JUGA: Bisnis Online Pasti Perlu Kemampuan Analytics, Kenapa?

Jadi, persiapkan profil bisnis dan konten sesempurna mungkin untuk calon pelanggan yang spesifik. Misal dalam penulisan konten, semakin mendalam pemahaman tentang motivator internal target, semakin mudah “merayu” mereka untuk membeli konten Anda.

Coba periksa inventaris pribadi bisnis Anda

Maksudnya begini. Untuk dapat menemukan potential customer, Anda harus paham luar-dalam tentang bisnis Anda.

Setelah itu, coba kaitkan pada masalah pelanggan. Kira-kira sudah cocokkah bisnis Anda dengan kebutuhan mereka?

Sebagai bantuan, coba pahami beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang menginspirasi saya untuk memulai bisnis ini?
  • Kebutuhan/keinginan apa yang akan terpenuhi oleh produk/layanan utama saya?
  • Apa kelemahan menggunakan produk/layanan utama saya?
  • Apa yang membuat produk/layanan utama saya lebih baik daripada opsi lain di luar sana?

 

BACA JUGA: Merintis Bisnis Online yang Sehat dengan Business Plan

Semua pertanyaan tersebut harus Anda jawab satu per satu sebelum memutuskan untuk meluncurkan campaign bisnis. Jika semua sudah terpenuhi, maka akan lebih mudah memahami calon konsumen seperti apa yang sedang Anda cari.

Analisis kompetitor bisnis

Selanjutnya, lakukan identifikasi terkait siapa kompetitor bisnis beserta siapa pelanggan mereka. Caranya?

Cukup lakukan penelusuran Google untuk produk atau layanan utama Anda. Kemudian Anda akan tahu para kompetitor yang muncul pada hasil pencarian teratas Google. Contohnya seperti ini:

Analisis kompetitor (https://medium.com/speaking-human/finding-your-ideal-customer-a-step-by-step-guide-to-building-a-pre-launch-startup-buyer-persona-1c7a3043b4a2)

Nah, langkah selanjutnya tinggal analisis satu per satu pesaing Anda. Kunjungi situs mereka, lihat bagaimana para pesaing melakukan penawaran.

Iklan apa saja yang mereka pasang? Kelebihan apa yang mereka miliki dan tidak dimiliki bisnis Anda? Semua informasi akan sangat berguna untuk menentukan strategi selanjutnya.

Intinya, Anda perlu mendapatkan fakta tentang siapa yang mengunjungi website pesaing. Untuk masalah yang satu ini, Anda dapat memanfaatkan tool Alexa.

Pertama Anda perlu mendaftar (atau coba versi trial-nya dulu), masuk ke Alexa dan ketik URL salah satu pesaing teratas. Dengan tool ini Anda akan menemukan informasi Audience Demographics & Geography. Ini yang Anda perlukan.

Demografi dalam tool Alexa (https://medium.com/speaking-human/finding-your-ideal-customer-a-step-by-step-guide-to-building-a-pre-launch-startup-buyer-persona-1c7a3043b4a2)

BACA JUGA: Analisis Kemampuan Kompetitor Demi Menyuburkan Bisnis

Di sini Anda dapat mengetahui berbagai informasi terkait pelanggan, seperti:

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Tingkat pendidikan
  • Pendapatan
  • Informasi lokasi browsing
  • Informasi keluarga
  • Etnis

Perhatikan titik-titik pada grafik yang secara signifikan lebih tinggi daripada yang lainnya. Di sinilah pesaing Anda menerapkan strategi mereka untuk menarik pelanggan (melalui karakteristik tertentu). Lalu?

Modifikasi

Setelah segala informasi ada dalam genggaman, strategi selanjutnya akan sangat krusial. Anda perlu mencari celah peluang, begini caranya:

  • Perhatikan kesamaan dari semua pelanggan kompetitor (misal dilihat dari gender dan usia).
  • Tentukan apa yang menjadi kebutuhan umum mereka.
  • Isi celah yang tidak ter-cover oleh kompetitor. Itulah pelanggan potensial Anda.

Langkah selanjutnya? Eksekusi.

 

 

 

 

Source: 1 2

Featured image: https://www.pexels.com

 

In this article

Join the Conversation