7 Simple Hacks untuk Memperoleh Ratusan Ribu Follower Instagram

Instagram saat ini telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia. Tidak kalah dengan Facebook atau YouTube. Bahkan, Instagram menjadi salah satu media paling digemari untuk...

156 0
156 0
Instagram Ads

Instagram saat ini telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia. Tidak kalah dengan Facebook atau YouTube. Bahkan, Instagram menjadi salah satu media paling digemari untuk melakukan upaya digital marketing.

Tapi sebelum melakukan campaign melalui Instagram, periksa dulu berapa jumlah follower Anda.

Ingin tahu simple hack untuk mendongkrak kepopuleran akun IG Anda? Mari kita simak beberapa trik berikut ini.

Tetapkan fokus akun Anda

Sebelum melakukan berbagai langkah promosi, hal paling fundamental yang perlu Anda lakukan yaitu menetapkan tema.

Tema menjadi salah satu alasan kenapa orang mau mengikuti Anda. Misal, Anda adalah seorang pebisnis digital, maka konten-konten yang Anda sajikan di akun Instagram minimal harus berkaitan dengan bisnis digital.

BACA JUGA: Content Plan: Cara Mengelola Instagram for Business agar Bisnis Dikenal Audience

Social media memang tempat untuk mencari hiburan, tapi Anda tetap perlu memiliki poin tertentu jika ingin menarik follower. Mungkin Anda bisa melihat Michael Lingenfelter, pelatih pribadi yang berfokus pada kiat kebugaran cepat untuk orang-orang sibuk.

Posting secara teratur

Untuk membangun komunitas yang besar, siapa pun perlu melakukan upaya rutin. Tak terkecuali di Instagram.

Kerutinan posting perlahan akan mampu menaikkan jumlah follower, atau minimal mempertahankan yang sudah ada. Langkah ini juga bisa dijadikan titik ukur seberapa konsisten dan komitmen Anda.

Contoh sederhana adalah yang dilakukan Starbucks. Mereka rutin mem-posting produk mereka lewat foto yang menarik. Anda sangat bisa melakukan ini lewat smartphone meski tak punya dana sebesar Starbucks.

Posting Instagram Starbucks (https://medium.com/the-mission/7-simple-hacks-to-earn-the-most-followers-on-instagram-d73b8db4148b)

The power of hashtag

Hashtag adalah salah satu jalur untuk menjangkau banyak orang.

Banyak sekali hashtag yang bisa Anda manfaatkan untuk memperluas jangkauan posting. Tapi, Anda harus tetap cerdas dalam menggunakannya.

Hashtag yang digunakan harus relevan dengan konten yang disajikan. Jika asal menggunakan, maka mungkin saja Anda menjangkau audiens yang salah.

BACA JUGA: Instagram for Business: Panduan Meningkatkan Daya Jangkau Instagram Post

Agar hashtag yang Anda gunakan tidak terkesan “hanya” sebagai pajangan, masukkan hashtag tersebut dalam caption pembahasan konten, tidak cuma ditulis di bawah caption. Banyak tutorial yang bisa Anda pelajari tentang ini.

Komposisi posting

Sekarang ada istilah instagramable, di mana istilah ini digunakan untuk menyebut foto atau video yang cocok untuk “nampang” di Instagram.

Manfaatkan perangkat kamera yang Anda miliki. Saya rasa smartphone saat ini lebih dari mampu untuk meng-capture sebuah foto yang instagramable.

Selanjutnya, perhatikan masalah komposisi. Mulai dari kontras warna, struktur foto per posting, serta pemanfaatan ruang di dalam galeri Instagram itu sendiri.

Sebagai contoh, coba lihat post di akun H&M berikut ini:

Posting Instagram H&M (https://medium.com/the-mission/7-simple-hacks-to-earn-the-most-followers-on-instagram-d73b8db4148b)

Manfaatkan editor foto yang bagus

Berkaitan dengan poin sebelumnya, untuk menciptakan foto instagramable, Anda dapat memanfaatkan aplikasi photo editor.

BACA JUGA: 6 Instagram Photo dan Video Apps untuk Meningkatkan Skor Social Media Optimization

Instagram memang memiliki filter fotonya sendiri, tapi fitur ini kemampuannya terbatas. Coba untuk menggunakan aplikasi eksternal. Banyak tool yang bagus, misal Afterlight, PicsArt, dan sebagainya. Tinggal gali kreativitas dan jiwa seni Anda.

Variasi konten

Anda memang memiliki fokus tertentu, tapi bukan berarti harus selalu posting tentang hal tersebut.

Ada kalanya Anda perlu membuat variasi posting. Misal, sesekali unggah sketsa pensil, video, kata-kata kutipan, dan sebagainya. Fungsinya? Agar follower tidak bosan setiap hari harus berurusan dengan fokus konten Anda.

Jika bisa mengupayakan varian konten tetap relevan dengan fokus Anda, maka akan lebih baik. Coba lihat apa yang dilakukan Sephora berikut ini:

Posting Instagram Sephora (https://medium.com/the-mission/7-simple-hacks-to-earn-the-most-followers-on-instagram-d73b8db4148b)

Berinteraksi sosial

Jika ingin membangun komunitas sosial yang besar, Anda harus bisa menjadi bagian di dalamnya. Jadi, berinteraksi (media) sosial sangat penting untuk menarik follower. Misal, dengan mengunjungi akun lain yang relevan dengan fokus konten Anda. Mulai memberikan like, komentar, dan lainnya. Intinya, buat audiens tahu bahwa Anda itu ada.

 

 

 

Source: https://medium.com/the-mission/7-simple-hacks-to-earn-the-most-followers-on-instagram-d73b8db4148b

Featured image: https://www.pexels.com

In this article

Join the Conversation