[Case Study] Cara Membuat Bisnis Online Sesukses AppSumo, Mint, Chihuahuas dalam 1 Minggu

Percayakah Anda jika saya bilang bahwa Anda bisa membangun bisnis online bernilai jutaan dolar hanya dalam waktu sepekan? Kedengarannya mustahil, tapi saya tidak sedang bercanda. Saya beri tiga...

236 0
236 0
Bisnis Online

Percayakah Anda jika saya bilang bahwa Anda bisa membangun bisnis online bernilai jutaan dolar hanya dalam waktu sepekan?

Kedengarannya mustahil, tapi saya tidak sedang bercanda. Saya beri tiga contoh:

  • AppSumo
  • Mint
  • Chihuahua

Ketiganya memiliki kesamaan, yaitu 1) sama-sama telah mendulang kesuksesan dan 2) sama-sama dibangun dalam waktu singkat (hitungan pekan).

Ingin tahu rahasianya? Coba simak yang berikut ini.

Temukan ide (profitable) Anda

Salah satu ciri bisnis profitable ialah orang akan secara sukarela mengeluarkan uang untuk membeli produknya.

Kurang lebih ide bisnis seperti itu yang perlu Anda cari. Jika Anda mengalami kesulitan, coba terapkan trik ini:    

  • Tinjau brand populer lalu buat produk komplemen. Coba cari produk yang sudah memiliki pelanggan terjamin di berbagai situs online. Kemudian ciptakan produk yang saling melengkapi. Contohnya, Dodo membuat tas cantik seharga $60 untuk tempat iPad. Istilahnya “numpang tenar”.
  • Gali dari hal-hal yang biasa Anda lakukan setiap hari. Bayangkan jika produk Anda bisa jadi kebutuhan sehari-hari pengguna. Menarik bukan? Itulah yang perlu Anda gali, mulai dari keseharian. Terkadang hal-hal sederhana bisa melahirkan produk yang luar biasa. Misalnya, pemotong kuku multifungsi. Sederhana, tapi bayangkan jika produk ini jadi bagian hidup sehari-hari seluruh manusia di planet ini, berapa keuntungannya?
  • Pikirkan produk yang sering digunakan sekaligus sering dikeluhkan. Saya (dan mungkin juga Anda) sering terganggu dengan produk yang sebenarnya sangat berguna, tapi fungsinya kurang maksimal. Ini bisa jadi peluang bisnis, dengan menciptakan produk yang bisa menjadi solusi permasalahan banyak orang.

BACA JUGA: [Case Study] Daftar Taktik Digital Marketing yang Sudah Terbukti Sukses

Temukan pelanggan senilai $1.000.000

Setelah ide ditemukan, saatnya untuk memeriksa siapa targetnya. Apakah cukup banyak?

Plus, Anda harus mempertimbangkan kemungkinan penyusutan pasar (jangan sampai terjadi) dan apakah harga yang Anda tawarkan lebih baik dari produk yang sudah ada.

Saya beri tahu caranya (studi kasus Chihuahua):

  • Cari Google Trends untuk istilah “Chihuahua” dan kata-kata serupa (misal Pudel, dogs) sebagai perbandingan:                                                                                                                                          

    Fitur Google Trends (https://medium.com/@timferriss/how-to-create-a-million-dollar-business-this-weekend-examples-appsumo-mint-chihuahuas-fae4dab10842)
  • Periksa istilah “Chihuahua” di Google Keyword Planner:                                                                               

    Fitur Google Keyword Planner (https://medium.com/@timferriss/how-to-create-a-million-dollar-business-this-weekend-examples-appsumo-mint-chihuahuas-fae4dab10842)
  • Sebagai alternatif, coba gunakan SEMrush untuk melihat bagaimana volume pencarian.                               

    Aplikasi SEMrush (https://medium.com/@timferriss/how-to-create-a-million-dollar-business-this-weekend-examples-appsumo-mint-chihuahuas-fae4dab10842)
  • Ini hasil pencarian untuk “dogs”:                                                                                                                      

    Hasil pencarian keyword “dogs” (https://medium.com/@timferriss/how-to-create-a-million-dollar-business-this-weekend-examples-appsumo-mint-chihuahuas-fae4dab10842)
  • Dan ini untuk “Chihuahua”:                                                                                                                              

    Hasil pencarian keyword “Chihuahua” (https://medium.com/@timferriss/how-to-create-a-million-dollar-business-this-weekend-examples-appsumo-mint-chihuahuas-fae4dab10842)

BACA JUGA: Membandingkan Tools Keyword Ranking Terbaik Tahun 2017

 

Hitung “nilai” pelanggan

Ide dan calon pelanggan telah ditemukan, sekarang Anda perlu menghitung nilai pelanggan tersebut.

Saya lanjutkan dari poin sebelumnya. Misal, idenya adalah produk terkait Chihuahua. Ini yang perlu Anda lakukan:

  • Cari tahu berapa biaya rata-rata untuk membeli Chihuahua (sekitar $650 sebagai biaya awal).
  • Cari tahu berapa biaya untuk memelihara Chihuahua setiap tahunnya (rata-rata $1.000).
  • Cari tahu harapan hidup mereka (sekitar 15 tahun). Jadi, $650 + ($1.000*15) = $15.650. Itulah kurang lebih prospek pendapatan yang akan Anda peroleh ke depannya. Menggiurkan!

Yang perlu diingat, itu adalah perhitungan untuk satu ekor Chihuahua saja.

Bayangkan jika Anda memiliki pelanggan sebanyak 100 orang atau bahkan 1.000 orang. Tinggal dikalikan saja.

 

Saatnya implementasi

Setelah ide ditentukan, calon pelanggan diketahui, dan prospek pendapatan telah dihitung, langkah terakhir adalah realisasi.

Anda harus bersiap untuk meluncurkan kampanye bisnis bernilai jutaan dolar. Jika tidak diuji, maka Anda tidak akan pernah tahu apakah orang benar-benar mau mengeluarkan uang untuk membeli produk yang diluncurkan.

Anda bisa memulai dengan berbagai cara. Saya telah membahas banyak metode di situs ini. Misal, dengan menggunakan iklan berbayar, content marketing, promosi lewat sosial media, mengirim email marketing, dan lainnya.

Coba satu per satu dan lihat bagaimana bisnis Anda akan “meledak” nantinya.

 

 

 

 

Source: 1

Featured image: https://www.pexels.com

 

In this article

Join the Conversation