Mengapa Micro-Influencer akan Menjadi Permainan Seru di 2018?

Influencer marketing memang menjadi tren pemasaran baru yang sangat menjanjikan. Forbes bahkan mengungkap, akun dengan lebih dari 1 juta pengikut dapat menghasilkan lebih dari $50 ribu dalam sekali...

242 0
242 0

Influencer marketing memang menjadi tren pemasaran baru yang sangat menjanjikan.

Forbes bahkan mengungkap, akun dengan lebih dari 1 juta pengikut dapat menghasilkan lebih dari $50 ribu dalam sekali posting konten.

Namun, di 2018 influencer marketing diprediksi akan lebih mengarah pada micro-influencer.

 

Apa hebatnya micro-influencer?

Meskipun jumlah pengikutnya lebih sedikit, tapi efektivitas pengaruh yang ditimbulkan micro-influencer lebih tinggi. Kenapa? Karena mereka lebih dekat dengan para audiens. Berbeda dengan influencer berpengikut jutaan, frekuensi interaksi dengan para audiensnya lebih minim.

BACA JUGA: Trend Digital Advertising yang Akan Nge-hits di 2018

Selain itu? Coba lihat statistik ini:

Gambar diunggah pengguna: 1_PWRmsZXS2hW6kU4lh8MY-A.png
Kelebihan micro-influencer (https://medium.com/swlh/why-micro-influencer-marketing-is-the-game-in-2018-fdeda0993c36)

Micro-influencer mampu menghasilkan tingkat keterlibatan kampanye 60% lebih tinggi.

Kampanye tersebut 6,7 kali lebih efisien dibandingkan dengan influencer berskala lebih besar.

Jika dilihat dari segi finansial, micro-influencer jelas lebih efektif biaya. Selain itu, micro-influencer juga mendorong 22,2 kali lebih banyak percakapan mingguan daripada konsumen pada umumnya.

 

Bagaimana memanfaatkan micro-influencer dalam upaya promosi produk?

Sebelum saya bahas mengenai trik memaksimalkan fungsi micro-influencer, Anda perlu tahu beberapa alasannya. Coba pahami ini:

Gambar diunggah pengguna: 1_b6OHed7m6QOlj0UGtRfXag.jpeg
Alasan menggunakan micro-influencer (https://medium.com/swlh/why-micro-influencer-marketing-is-the-game-in-2018-fdeda0993c36)

Mari kita bongkar satu per satu triknya.

  • Ubah micro-influencer menjadi brand ambassador. Ketika seorang influencer telah menjadi penggemar brand Anda, ini adalah kesempatan bagus untuk menawarkan kerja sama. Minimal Anda tidak perlu berusaha terlalu keras untuk meyakinkan mereka karena dari awal mereka memang telah menjadi pendukung brand Anda. Jenis influencer seperti ini lebih efektif dalam membangun kepercayaan pelanggan.
  • Minta micro-influencer untuk berkisah tentang produk Anda. Begini, pelanggan tidak akan benar-benar percaya hanya dengan melihat sebuah posting gambar produk beserta caption persuasif. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal, minta influencer untuk menceritakan produk Anda. Dengan kata lain, produk yang ditawarkan harus benar-benar terlihat seperti bagian kehidupan influencer itu sendiri.
  • Jalankan campaign jangka panjang. Agar hasilnya semakin mantap, Anda tidak boleh hanya melakukan promosi dengan sekali eksekusi. Bekerja samalah dengan para influencer, jalankan promosi secara kontinu. Dengan metode seperti ini, jangkauan audiens akan semakin luas. Promosi yang dilakukan pun bisa lebih mengenai sasaran yang tepat. Kepercayaan pelanggan semakin meningkat karena promosi jangka panjang menimbulkan anggapan bahwa produk Anda recommended.

 

Lalu, bagaimana cara menemukan micro-influencer yang tepat?

Ini masalahnya, banyak akun dengan jumlah pengikut yang termasuk dalam kategori micro-influencer. Tapi tidak semuanya berpotensi untuk menyukseskan kampanye Anda.

Jangan sampai buang-buang dana untuk membayar orang yang salah. Jadi?

Coba tips berikut ini untuk menemukan influencer yang tepat:

  • Cari dari pengikut brand Anda sendiri. Mencari influencer yang telah mengenal produk Anda adalah cara terbaik. Coba periksa pengikut Anda, carilah orang yang tepat dan coba tawarkan kerja sama untuk mempromosikan produk.

BACA JUGA: Cara Menemukan Micro-Influencers yang Efektif Meningkatkan Customer Engagement

  • Gunakan hashtag. Ini adalah fitur untuk mempermudah pencarian yang spesifik. Coba cari orang-orang yang menggunakan hashtag produk Anda, pelajari profil mereka. Jika cocok, tidak ada salahnya untuk menawarkan sebuah kesepakatan.
Gambar diunggah pengguna: rsz_1ecc8de508fceadc02b0ce90cebc7353b.png
Fungsi hashtag (http://metakave.com/the-power-of-hashtag-and-why-you-should-use-it/)
  • Cari influencer lokal. Jika perusahaan Anda beroperasi pada area tertentu (misalnya, layanan pengiriman barang), cobalah untuk menggaet influencer lokal.
  • Otomatisasi pencarian. Riset manual memang memakan banyak waktu. Coba gunakan tools seperti BuzzSumo, Klear dan Ninja Outreach untuk menemukan micro-influencer yang tepat.

BACA JUGA: Panduan Menyukseskan Social Influencer Marketing Campaign

 

Source: 1 2

Featured Image: https://www.pexels.com

In this article

Join the Conversation