[Case Study] Perjalanan Bisnis Keluarga Menjadi Bisnis Berskala Global Berkat Digital Marketing

Suka atau tidak, metode pemasaran sekarang telah bergeser pada media online. Digital marketing ini hanyalah salah satu imbas dari hadirnya internet dalam kehidupan sehari-hari. Bagi perusahaan tradisional, hadirnya...

123 0
123 0

Suka atau tidak, metode pemasaran sekarang telah bergeser pada media online. Digital marketing ini hanyalah salah satu imbas dari hadirnya internet dalam kehidupan sehari-hari. Bagi perusahaan tradisional, hadirnya internet lebih seperti “bencana baru” dalam hal persaingan penjualan. Namun lain halnya dengan Debug Pest Control, sebuah bisnis keluarga yang berhasil berevolusi menjadi bisnis digital berskala global. Kira-kira apa rahasia di balik kesuksesan Debug sehingga mampu “melawan arus” yang berpotensi “menenggelamkan” usaha mereka? Simak sampai habis.

Optimalisasi pencarian

Perusahaan kecil seperti Debug harus bekerja cerdas jika ingin muncul ke permukaan. Dan inilah yang mereka lakukan. Caranya dengan membuat banyak landing page yang spesifik untuk semua layanan yang mereka sediakan. Fokus pada konten berkualitas tinggi, bermanfaat, dan relevan untuk wilayah geografis yang berbeda, hama yang berbeda, dan pasar yang berbeda (komersial dan residensial).

BACA JUGA: Conversion Situs Naik 113% Berkat Custom Set Landing Page. Apa itu?

Kenapa Debug menggunakan taktik ini? Begini:

  • Pertama, seseorang yang melakukan pencarian dengan frasa yang panjang pasti sudah tahu secara spesifik mengenai apa yang mereka cari.
  • Kedua, banyak sekali keyword umum dengan frasa yang lebih pendek, Debug tidak akan bisa bersaing dengan kompetitor di luar sana. Sehingga, menggunakan frasa pencarian yang lebih spesifik akan lebih efektif untuk perusahaan kecil seperti ini.
  • Ketiga, seseorang yang melakukan pencarian dengan keyword panjang dan spesifik kemungkinan besar sedang berada pada fase akhir pengambilan keputusan pembelian. Jika Debug mampu memberikan apa yang mereka mau, masalah selesai.

Optimalisasi rasio konversi (CRO)

Efisiensi menjadi kunci dalam masalah CRO. Para profesional CRO menggabungkan analisis data detail, psikologi, dan desain fungsional untuk membuat variasi dari halaman yang ada. Setelah itu dilakukan pengujian terhadap masing-masing varian. Variasi halaman yang menunjukkan kinerja terbaik, maka itulah yang dikembangkan. Upaya ini terus diulangi hingga membentuk landing page yang benar-benar “keren”.

BACA JUGA: 8 CRO Paling Dibutuhkan eCommerce di Tahun 2018

Debug juga memanfaatkan testimoni pelanggan di situs web mereka. Dengan testimoni positif, mereka dapat menciptakan lebih banyak kepercayaan dengan para pengunjung baru. Menunjukkan bahwa Debug memiliki hasil nyata dan peduli pada layanan terbaik untuk pelanggannya. Upaya ini terbukti meningkatkan rasio konversi sebesar 30 persen. Hasil yang cukup hebat bagi perusahaan sekelas Debug pada saat itu.

Utamakan visibilitas dan kepercayaan pelanggan

Bagi perusahaan lokal yang tidak terlalu besar, kepercayaan pelanggan adalah hal yang sangat “mahal”. Inilah yang menjadi fokus utama Debug pada saat itu. Bagaimana menumbuhkan kepercayaan pelanggan dengan menggunakan kombinasi sinergis antara landing page SEO, platform sosial dan ulasan seperti Google My Business, dan remarketing. Hasilnya, lalu lintas ke situs web meningkat hingga sekitar 330% dalam kurun waktu 3 tahun.

BACA JUGA: Bagaimana Membuat Fitur Testimoni yang Bernilai Persuasif?

Gambar berikut akan menjelaskan bagaimana semua faktor tersebut saling terhubung:

Kunci kesuksesan Debug (https://www.business.com/articles/case-study-how-a-family-business-successfully-combined-traditional-and-digital-marketing/)

Jadi, berdasarkan studi kasus Debug ini, saya rekomendasikan bisnis keluarga dan lokal untuk menggunakan empat pendekatan pemasaran digital modern ini:

  • Kembangkan halaman yang bermanfaat dan menarik secara visual untuk target Anda. Apa pun bisnisnya, Anda adalah yang paling ahli dalam bidang tersebut.
  • Gunakan tool seperti VWO.com untuk melakukan uji konversi. Jika perlu, bekerja samalah dengan ahli SEO untuk hasil yang maksimal.
  • Carilah “like” dan ulasan di media sosial dari teman, keluarga, dan pelanggan Anda. Jangan malu jika memang perlu meminta bantuan.
  • Gunakan metode retargeting untuk meng-cover pelanggan potensial.

Gabungkan keempatnya dengan pelayanan terbaik yang bisa Anda berikan kepada pelanggan. Siapa bilang bisnis keluarga tidak bisa sukses di era digital? Anda pasti bisa.

 

 

 

 

 

 

 

Source: https://www.business.com/articles/case-study-how-a-family-business-successfully-combined-traditional-and-digital-marketing

 

In this article

Join the Conversation