Langkah Awal Mengaplikasikan Google Sitelink pada Bisnis Online

Bisnis online perlu bersahabat dengan search engine. Alasannya, mesin penelusuran adalah jalur utama di mana pengguna dapat menemukan situs dan produk Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengoptimalkan dukungan...

492 0
492 0
Google Sitelink Bisnis Online

Bisnis online perlu bersahabat dengan search engine.

Alasannya, mesin penelusuran adalah jalur utama di mana pengguna dapat menemukan situs dan produk Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengoptimalkan dukungan search engine ini.

Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan yaitu mencoba mendapatkan Google Sitelinks. 

Apa itu Sitelinks?

Google Sitelinks adalah fitur yang menampilkan sejumlah sub-daftar di bawah hasil utama pencarian. Contoh visualisasinya seperti ini:

Contoh tampilan Google Sitelinks (https://bloggingwizard.com/google-sitelinks/)

Tujuan penggunaan Sitelinks yaitu untuk mempermudah pengguna menjelajahi situs Anda. Dengan memunculkan beberapa halaman situs, pengguna akan lebih mudah menuju ke link yang mereka inginkan tanpa mengalami kebingungan.

Namun, tidak semua situs dapat ditampilkan oleh Sitelinks. Kenapa? Ini pernyataan Google:

Pernyataan Google terkait Sitelinks (https://bloggingwizard.com/google-sitelinks/)

Apa keuntungan menggunakan Sitelinks?

Beberapa manfaat ini yang akan Anda dapatkan lewat Sitelinks:

  • Sitelinks meningkatkan CTR (rasio klik oleh pengguna).
  • Sitelinks meningkatkan kepercayaan dan membangun kredibilitas.
  • Sitelinks meningkatkan kesadaran merek dan produk Anda.
  • Sitelinks memungkinkan pengguna untuk menjelajahi situs lebih dalam.

Lalu, bagaimana caranya menghasilkan Google Sitelinks?

Sebelum masuk pada trik-trik untuk mendapatkan fitur Sitelinks, ini yang perlu Anda tahu:

  • Sitelinks bersifat otomatis.
  • Sitelinks dibuat berdasarkan praktik terbaik situs web.
  • Google tidak memberi tahu Anda cara membuat Sitelinks atau mengontrol tampilan mereka secara langsung.

Sayangnya, tidak ada langkah pasti untuk mendapatkan Sitelinks. Namun, Anda dapat mengikuti proses berikut ini untuk meningkatkan peluang mendapatkan Sitelinks.

1. Pastikan situs Anda memiliki nama yang unik

Artinya, jangan menggunakan nama situs dengan istilah yang terlalu umum, misalnya “Situs Bisnis Online”. Coba pikirkan, ada berapa situs bisnis online di seluruh dunia? Google tidak akan bisa memilih yang mana situs Anda. Contoh nama situs unik misalnya ketika Anda memasukkan keyword “QuickSprout” maka hasil yang akan ditampilkan adalah ini:

Penggunaan nama situs unik (https://bloggingwizard.com/google-sitelinks/)

Baca jugaMemperoleh 200k Pengunjung Blog Menggunakan Google AMP

Kasus unik terjadi ketika Anda melakukan pencarian dengan keyword “Apple”. Anda tidak akan menemukan buah apel di hasil pencarian melainkan perusahaan telekomunikasi raksasa, Apple. Namun, untuk mendapatkan hasil ini, Anda perlu memiliki nama besar terlebih dahulu.

Nama unik Apple (https://bloggingwizard.com/google-sitelinks/)

2. Pastikan struktur dan navigasi website Anda jelas

Situs web yang memiliki hierarki dan struktur yang jelas akan lebih mudah “dikenali” Google. Jika Google tidak dapat menemukan semua halaman di situs Anda beserta posisi relatifnya, maka kemungkinan untuk dapat menampilkan Sitelinks sangat kecil. Minimal Anda perlu memiliki halaman standar website, seperti Hubungi Kami, Tentang, Produk, Kebijakan Privasi, dan sebagainya.

3. Upayakan menjadi nama merek peringkat pertama dalam hasil pencarian

Ini adalah syarat mutlak untuk mendapat Sitelinks. Anda perlu menjadi yang pertama dan paling terkenal. Contohnya ketika Anda memasukkan keyword “NewYorker” maka Sitelinks akan menampilkan situs “newyorker.com” bukan “newyorker.de”.

Baca jugaStrategi Marketing: 5 Dimensi Brand Personality Agar Bisnis Mudah Dikenal Customer

4. Tambahkan file sitemap.xml ke akun Google Search Console

Sitemap juga merupakan salah satu cara untuk membantu Google lebih “mengenal” situs Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google Search Console, buatlah segera. Banyak panduan yang tersebar di internet.

5. Buat link internal

Ini adalah salah satu manfaat link internal dalam situs. Selain memaksimalkan peran SEO, link internal juga dapat mendorong kemungkinan mendapatkan Sitelinks. Semakin banyak link internal dan link yang mengarah pada situs Anda, Google akan menganggap bahwa situs tersebut sangat penting bagi banyak pengguna.

6. Crosscheck judul halaman website Anda

Google menggunakan judul halaman untuk membuat Sitelinks. Jadi, sangat penting untuk memiliki judul halaman yang tepat. Kuncinya, gunakan judul yang singkat dan jangan aneh-aneh. Misal, mengganti judul “Tentang Kami” dengan “Mari Berkenalan dengan Kami” (jangan lakukan ini).

7. Tingkatkan kesadaran merek

Jelas. Sebelum mendapatkan Sitelinks, orang harus tahu terlebih dahulu siapa Anda. Jadi, peningkatan kesadaran merek harus menjadi salah satu fokus utama Anda. Semakin terkenal brand dan situs Anda, semakin besar kemungkinan mendapatkan Sitelinks.

 

 

 

Source: https://bloggingwizard.com/google-sitelinks/

Featured image: Pexels

In this article

Join the Conversation