5 AdWords Optimization Rules Supaya Anda Tak Bakar Uang Terus

Iklan ibarat salah satu lokomotif utama dalam laju pertumbuhan bisnis digital. Itu faktanya. Namun, perlu adanya pengelolaan rutin untuk membuat iklan yang digunakan terus memberikan performa konsisten. Upaya pengelolaan...

546 0
546 0
adwords rules

Iklan ibarat salah satu lokomotif utama dalam laju pertumbuhan bisnis digital. Itu faktanya.

Namun, perlu adanya pengelolaan rutin untuk membuat iklan yang digunakan terus memberikan performa konsisten. Upaya pengelolaan inilah yang sering membuat orang bosan. Apalagi jika iklan yang digunakan membutuhkan pengelolaan harian.

Di sisi lain, Anda tidak mungkin menghabiskan waktu seharian “hanya” untuk mengelola iklan. Masih banyak hal yang perlu diselesaikan.

Selain itu, sumber dana dan waktu yang dihabiskan untuk mengelola iklan terkadang tidak sepadan dengan hasil yang didapatkan. Jika sudah begini, Anda perlu menemukan jalan lain terkait masalah iklan ini.

Caranya? Otomatisasi iklan. 

Kenapa harus menggunakan otomatisasi iklan?

Alasan utamanya telah saya sebutkan di atas. Pengelolaan iklan akan menguras waktu. Namun meski menguras waktu, upaya ini tetap harus dilakukan. Kenapa? Smart Insights menemukan bahwa berada di puncak SERPs seperti ini:

Peringkat pertama SERPs (https://blog.kissmetrics.com/adwords-optimization-rules/)
Peningkatan CTR (https://blog.kissmetrics.com/adwords-optimization-rules/)

Hal tersebut meningkatkan CTR sebesar 31,52%. Dan ini hanya bisa dicapai jika Anda melakukan upaya optimalisasi iklan. Berikut ini ada 5 AdWords optimization rules yang dapat Anda terapkan. 

Optimalkan kampanye dulu

Sebelum mengoptimalkan kinerja iklan, yang perlu Anda optimalkan terlebih dahulu yaitu kampanye itu sendiri. Persiapkan segala detailnya. Mulai dari segmentasi hingga penargetan iklan Anda secara langsung. Setelah semuanya siap, mari kita mulai dengan langkah seperti ini:

Optimalisasi tampilan iklan (https://blog.kissmetrics.com/adwords-optimization-rules/)

Itu adalah langkah awal untuk optimalisasi tampilan untuk memperoleh leads. Selanjutnya coba lihat ini:

Otomatisasi klik (https://blog.kissmetrics.com/adwords-optimization-rules/)

Tujuan awalnya ialah otomatisasi iklan dan klik, jadi pilihan tersebut yang perlu Aanda jalankan. Selanjutnya? 

Buat grup iklan yang benar

Langkah ini lebih mengarah kepada penentuan parameter penargetan iklan. Berikut ini beberapa kategori umum yang sering digunakan:

  • Lokasi
  • Device yang digunakan
  • Pendapatan
  • Kategori ketertarikan
  • Jenis kelamin
  • Usia 

Setelah parameter ditentukan, selanjutnya kita masuk pada fitur demografi. Misal saya ingin menargetkan pemilik bisnis pria dan wanita yang berusia antara 20 dan 35 tahun. Di mana mereka akan berada di atas 30% pendapatan rumah tangga tanpa anak. Maka langkahnya seperti ini:

Demografi target (https://blog.kissmetrics.com/adwords-optimization-rules/)

Setelah itu, step terakhir tinggal pilih kata kunci, topical targeting, dan automated targeting seperti ini:

Automated tergeting (https://blog.kissmetrics.com/adwords-optimization-rules/)

Tetapkan parameter individual iklan

Kampanye telah disiapkan, grup iklan telah dibuat, sekarang saatnya untuk menambahkan beberapa elemen individual dalam iklan Anda. Beberapa trik yang sangat direkomendasikan, antara lain:

  • Upayakan agar setiap iklan yang Anda luncurkan tetap sama, artinya tidak ada iklan yang ditampilkan secara berlebihan. Hal ini untuk menghindari penghentian penampilan iklan oleh AdWords.
  • Pilih device (perangkat) yang tepat dengan menganalisis siapa target iklan Anda.
  • Bersiaplah untuk melakukan pelacakan dan analisis setiap waktu.
  • Pastikan semua iklan Anda disetujui.

Fine-tune setiap waktu

Meskipun sistem otomatisasi telah diterapkan, bukan berarti pekerjaan Anda telah selesai. Anda tetap harus melakukan otomatisasi manual demi hasil yang lebih maksimal. Misalnya seperti mencari dan menghapus kata kunci yang kurang optimal. Kemudian menggantinya dengan kata kunci baru yang lebih baik.

Tugas Anda yaitu memastikan agar sistem tetap berjalan dengan baik dan audiens benar-benar menerima manfaat dari iklan yang didapatkan. Semakin up to date, semakin baik.

Atur jadwal Anda

Seperti langkah sebelumnya, Anda perlu secara rutin memantau kinerja sistem otomatisasi. Kebanyakan orang tidak terlalu peduli akan hal ini tetapi justru ini adalah hal penting yang perlu dilakukan. Anda perlu melakukan pemeriksaan dalam jangka waktu:

  • Harian. Seperti memastikan apakah iklan Anda bekerja, atau ada yang rusak?
  • Mingguan. Misal seperti memeriksa apakah tren sesuai target yang ditetapkan?
  • Bulanan. Waktunya untuk memeriksa hasil yang Anda peroleh dari otomatisasi iklan.

 

 

 

Source: https://blog.kissmetrics.com/adwords-optimization-rules/

Featured image: https://www.pexels.com

In this article

Join the Conversation