Taktik Agar Pengunjung Pasti Membeli Produk dalam 1 Menit

Memiliki banyak pengunjung situs itu menyenangkan. Apalagi jika mampu mengubah prospek menjadi pembeli. Sayangnya, hal itu tidak mudah dilakukan. Terkadang butuh waktu lama untuk meyakinkan audiens agar mau...

139 1
139 1

Memiliki banyak pengunjung situs itu menyenangkan. Apalagi jika mampu mengubah prospek menjadi pembeli. Sayangnya, hal itu tidak mudah dilakukan.

Terkadang butuh waktu lama untuk meyakinkan audiens agar mau membeli produk Anda. Ingin cara yang lebih cepat? Anda datang di tempat yang tepat. Kali ini saya akan bongkar taktik supaya pengunjung pasti membeli produk Anda dalam 1 menit!

Sebelumnya, Anda perlu tahu fakta bahwa:

  • 97% pengguna membaca ulasan produk sebelum melakukan pembelian
  • Hampir setengah dari jumlah tersebut hanya akan mempercayai ulasan dengan “minimal” 4 bintang
  • Pelanggan akan melakukan pembelian sebesar 31% lebih banyak untuk produk yang memiliki ulasan “keren”
  • Ulasan positif meningkatkan 18% brand loyalty dan 21% kepuasan pembelian

Ini rahasianya. Memiliki ulasan produk “bintang 5” adalah kunci agar pengunjung langsung yakin untuk membeli produk Anda. Masalahnya sekarang, bagaimana cara untuk menjadi bagian dari segelintir ulasan terbaik itu? 

Rekomendasi situs

Ada banyak jenis situs review yang dapat Anda manfaatkan. Mana yang terbaik? Semuanya baik. Anda hanya perlu mengambil posisi yang tepat. Siapa target Anda, dan di mana mereka menaruh kepercayaan. Tiga besar situs review yang saya rekomendasikan yaitu Google, Facebook, dan Yelp. Kenapa? Ini alasannya:

Lalu lintas bulanan tiga situs rekomendasi (https://blog.kissmetrics.com/online-reviews/)

Baca juga: Bagaimana Meningkatkan Keuntungan Bermodal Review Customer?

Ya. Ketiganya adalah situs review dengan lalu lintas internet terpadat. Mencapai 300 juta pengunjung setiap bulannya. Alasan lain, ketiganya merupakan situs review yang paling membantu customer berdasarkan statistik ini:

Tiga situs review paling “helpful” (https://blog.kissmetrics.com/online-reviews/)

Lalu, bagaimana caranya agar mendapat review bagus dari situs-situs tersebut? 

Tips dan trik

1. Sederhana, minta saja untuk diulas 

Berhenti menggunakan “kode” dan mintalah secara langsung. Tidak ada yang salah dengan cara ini. Coba lihat apa yang dilakukan Aaron’s Auto berikut ini:

Permintaan review Aaron’s Auto (https://blog.kissmetrics.com/online-reviews/)

Aaron’s auto mengirimkan email langsung kepada pelanggan untuk memberikan feedback berupa ulasan untuk produk dan layanan mereka. Dengen memberikan link langsung kepada pelanggan, ini akan mempermudah pekerjaan mereka. BirdEye adalah aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan langkah ini.

2. Ulasan negatif? Jangan panik!

Salah satu risiko yang akan Anda hadapi yaitu mendapat ulasan buruk. Bagaimana jika ini terjadi? Jangan panik, atau malah “marah-marah” kepada pelanggan (jangan pernah lakukan ini).

Tetaplah merespons dengan cara yang baik. Karena, jika respons Anda buruk maka hanya akan memperparah keadaan. Bukan tidak mungkin brand akan semakin kehilangan kepercayaan pelanggan. Contoh berikut ini bisa Anda tiru:

Respons baik dari owner (https://blog.kissmetrics.com/online-reviews/)

3. Optimalkan testimoni

Testimoni sosial telah menjadi metode yang terbukti efektif untuk meningkatkan rasio konversi. Inilah yang perlu dimanfaatkan. Kumpulkan testimoni positif yang didapatkan kemudian tempatkan di area yang tepat pada situs Anda. Contohnya seperti yang dilakukan HubSpot berikut ini:

Testimoni HubSpot (https://blog.kissmetrics.com/online-reviews/)

4.  Tawarkan insentif kepada karyawan

Bukan bermaksud untuk menyuap. Ini lebih seperti sebuah “hadiah” untuk meningkatkan kinerja mereka.

Langkah awal yaitu melatih karyawan untuk lebih kreatif dalam upaya meminta review dari pelanggan. Kemudian, berikan insentif tertentu kepada siapa yang berhasil mendapatkan review terbanyak dari pelanggan.

Tapi jangan sekali-sekali menerapkan trik ini kepada pelanggan atau situs review tertentu. Hal ini bisa menjadi bumerang bagi bisnis Anda sendiri.

Intinya, apa pun review yang Anda dapatkan, cobalah untuk tetap menjunjung tinggi kejujuran. 

Kesimpulan

Online review adalah kunci utama untuk meyakinkan pengunjung agar membeli produk Anda dalam waktu singkat. Karena, mayoritas pelanggan melihat ulasan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan pembelian.

Tips dan trik di atas dapat Ada manfaatkan untuk mendapatkan review. Yang terpenting, tetaplah positif. Positif prosesnya, positif hasilnya.

 

 

 

Source: https://blog.kissmetrics.com/online-reviews/

Featured image: https://www.pexels.com

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Junius Reply

    Mantap info nya ..