[Case Study] Upaya User Acquisition Sapio Berbuah Peningkatan Persentase hingga 3.000%

Untuk mengakuisisi pengguna, tidak cukup hanya menggunakan konten yang bagus. Karena konten yang bagus belum tentu benar-benar dibutuhkan oleh pengguna. Agar tidak salah sasaran dan melakukan usaha yang...

131 0
131 0
User Acquisition

Untuk mengakuisisi pengguna, tidak cukup hanya menggunakan konten yang bagus. Karena konten yang bagus belum tentu benar-benar dibutuhkan oleh pengguna.

Agar tidak salah sasaran dan melakukan usaha yang sia-sia, Anda butuh lebih dari itu. Minimal:

  • Perlu tahu konten apa yang mereka baca
  • Apa yang mereka inginkan
  • Masalah apa yang sedang mereka alami

Intinya, Anda perlu menemukan audiens yang tepat dan terhubung dengan mereka dengan cara yang tepat pula. Bagaimana caranya?

Kali ini saya akan mengambil studi kasus Sapio, sebuah aplikasi kencan yang berhasil meningkatkan jumlan pemasangan aplikasi mingguan mencapai 3.072% hanya dalam waktu lima minggu.

Ada tiga taktik promosi utama yang mereka terapkan untuk mencapai hasil tersebut. Apa saja?

Pemanfaatan waktu yang tepat

Kunci pertama adalah memanfaatkan momentum yang tepat.

Pada studi kasus ini, Sapio yang merupakan aplikasi kencan memanfaatkan momentum Valentine dengan sangat baik. Ini adalah kesempatan besar bagi mereka untuk meluncurkan promosi.

(BACA JUGA: 3 Cara Promosi Bisnis di Media Sosial yang Sering Terlupakan)

Dengan melakukan liputan di berbagai media yang relevan, Sapio menganalisis setiap sudut pandang yang mungkin dapat meledakkan kampanye mereka. Ini keputusannya:

Dua tema utama kampanye Sapio (http://www.frac.tl/portfolio-item/user-acquisition-case-study/)

Setelah promosi diluncurkan, Sapio mendapat hasil yang cukup mencengangkan.

Lonjakan terjadi tidak hanya pada jumlah pengunjung tetapi juga pada pengguna yang menginstal aplikasi mereka. Berapa jumlah pastinya? Coba lihat statistik ini:

Lonjakan penggunaan aplikasi Sapio (http://www.frac.tl/portfolio-item/user-acquisition-case-study/)

Lebih dari itu, Sapio memperoleh liputan dari berbagai media berikut ini hanya dalam waktu 2 hari:

Berbagai media populer yang meliput Sapio(http://www.frac.tl/portfolio-item/user-acquisition-case-study/)

Bobot otoritas

Untuk menunjang hasil metode pertama tadi, Sapio menawarkan para pengguna dan media sebuah interview dengan co-founder Sapio, Kristin Tynski. Metode ini sangat menarik bagi para publisher yang notabene selalu mencari sumber dengan otoritas tertinggi untuk konten mereka.

Penawaran interview Sapio (http://www.frac.tl/portfolio-item/user-acquisition-case-study/)

Kemudian Sapio melanjutkan strategi mereka ke dalam sebuah penawaran produk:

Penawaran produk Sapio (http://www.frac.tl/portfolio-item/user-acquisition-case-study/)

Ada dua manfaat ketika Anda mempunyai seorang pakar yang memiliki otoritas untuk berinteraksi dengan media:

  • Penulis lebih suka mewawancarai sumber yang memiliki kapabilitas. Hal ini akan mempermudah pekerjaan mereka. Jika mampu memenuhi kebutuhan ini, mereka akan cenderung menyeret” Anda dalam konten mereka.
  • Penulis cenderung menginginkan akses yang lebih mudah. Sediakan aspek ini dan Anda akan menjadi tujuan utama mereka ketika membutuhkan sebuah sumber interview.

(BACA JUGAMeningkatkan Popularitas Bisnis Melalui Email Marketing)

Setelah meluncurkan kampanye ini, reporter Toronto Star (yang merupakan salah satu surat kabar terbesar di Kanada) segera menghubungi tim Sapio dan meminta bantuan untuk mengadakan sebuah interview:

Panggilan kerja sama untuk Sapio (http://www.frac.tl/portfolio-item/user-acquisition-case-study/)

Personalisasi penawaran

Dalam studi kasus Sapio, dua metode sebelumnya perlu dikemas dalam sebuah paket” penawaran yang elegan.

Sapio memiliki prinsip bahwa mereka bukanlah sebuah bisnis yang bergerak pada bidang pengiriman email. Bisnis mereka tentang bagaimana membangun sebuah hubungan yang jujur antara satu orang dengan yang lainnya. Dan, Sapio berhasil membuat para publisher menghargai prinsip itu.

Mungkin Anda penasaran bagaimana bentuk penawaran yang dilakukan Sapio sehingga dapat menghasilkan liputan media. Semenarik apakah metode yang digunakan? Well, coba lihat yang berikut ini:

Personalisasi penawaran Sapio (http://www.frac.tl/portfolio-item/user-acquisition-case-study/)

Conclusion

Akhirnya, dari studi kasus di atas, kita dapat mempelajari dan mengambil kesimpulan bahwa membuat strategi akuisisi pengguna yang kuat membutuhkan:

  • Pemahaman terkait siapa target audiens
  • Penelitian terkait di mana para pengguna mengkonsumsi konten secara online
  • Jalin kerja sama dengan para publisher untuk mempermudah promosi brand
  • Memberikan apresiasi kepada penulis sehingga konten Anda mendapat liputan media yang positif

 

 

 

Source: http://www.frac.tl/portfolio-item/user-acquisition-case-study

Featured image: https://www.pexels.com

In this article

Join the Conversation