Daftar Fitur Twitter di Tahun 2018 yang Optimal untuk Digital Marketing

Di awal kemunculannya, Twitter sempat mengalami ledakan peminat. Popularitasnya bahkan hampir sejajar dengan Facebook. Seiring munculnya banyak platform media sosial baru, Twitter terus berusaha memperbaiki diri. Kerja keras...

121 0
121 0
Tips Digital Marketing

Di awal kemunculannya, Twitter sempat mengalami ledakan peminat. Popularitasnya bahkan hampir sejajar dengan Facebook. Seiring munculnya banyak platform media sosial baru, Twitter terus berusaha memperbaiki diri. Kerja keras Twitter berbuah manis.  Kabar terbaru, Twitter mengumumkan telah memiliki 328 juta pengguna di akhir tahun 2017. Jumlah pengguna aktif hariannya juga meningkat hingga 12% dari tahun ke tahun.

Fakta tersebut membuktikan bahwa Twitter masih menjadi salah satu platform media sosial yang paling konsisten selama bertahun-tahun. Bagi Anda para digital marketer, peluang ini perlu dimanfaatkan. Berikut saya rangkum berbagai fitur terbaru Twitter yang dapat Anda manfaatkan sebagai upaya optimalisasi pemasaran. Catat semuanya karena ini akan sangat berguna untuk bisnis digital di 2018.

  • Analytics: Selain Facebook dan Instagram, Twitter juga memiliki fitur analytic. Fitur ini memungkinkan Anda dapat melihat metrik seperti rasio keterlibatan, jumlah klik link, banyaknya retweet, like, dan lainnya. Fitur ini akan sangat berguna untuk membantu melihat konten mana yang menghasilkan respons lebih tinggi dari para follower. Seperti ini contohnya:

BACA JUGA: Cara Menghasilkan Lebih Banyak Leads Situs Bisnis dengan Facebook Analytics 

Twitter Analytics (https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/twitter-marketing/z-twitter-marketing/)

BACA JUGA: Tantangan Bisnis eCommerce di Market Asia 2018

  • Advertizing blog: Ini adalah sumber resmi untuk iklan Twitter, pembaruan produk, tips, dan beberapa fitur lainnya.
  • Company profile: Anda dapat memilih alamat akun yang paling sesuai dengan perusahaan Anda, termasuk foto profil, bio, hingga URL.
  • Content Strategy: Ini adalah salah satu fitur baru Twitter yang mampu memberikan saran untuk membantu membuat strategi konten mingguan.
  • Collections/Custom Timelines: Fitur ini cukup sederhana namun sangat berguna. Fungsinya untuk mengelompokkan tweet menjadi sebuah tema, misalnya berdasarkan kata kunci berbeda.
  • Conversational Ads format: Fitur ini digunakan untuk mempromosikan merek dan berinteraksi dengan para pengguna Twitter.
  • Cards: Memiliki kemampuan untuk menyajikan rincian kontak bisnis tanpa meninggalkan Twitter.
  • Embed Tweet: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil sebuah tweet dan menyematkannya langsung ke konten atau artikel di situs. Solusi untuk mengintegrasikan antara situs dengan Twitter.            

    Embed Tweet (https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/twitter-marketing/z-twitter-marketing/)
  • Explore Tab: Fitur ini berfungsi menyatukan tren, momen, pencarian dan video live terbaik.
  • First View: Fitur yang memungkinkan brand untuk mendapatkan konten video mereka terlihat di Twitter.
  • Google Integration: Meskipun bukan fitur langsung di Twitter, namun fitur ini sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Google menampilkan tweet dalam pencarian dan carousel populer di Twitter akan muncul untuk topik yang sedang tren. Fitur ini dapat mengarahkan lalu lintas ke Twitter Anda dari penelusuran Google.
  • Hashtag: Bukan sesuatu yang baru memang. Namun, dengan menggunakan hashtag yang tepat pada post, Anda dapat meningkatkan keterlibatan pengguna sebesar 2 kali lipat.

BACA JUGA: Tips Agar Event Offline Dikunjungi oleh Jutaan Pengunjung

  • Keyword Targeting: Fitur ini membantu Anda menjangkau pengguna berdasarkan kata kunci di tweet terbaru mereka.
  • Lite: Ini adalah fitur terbaru Twitter yang hampir mirip dengan milik Facebook. Fitur ini menciptakan pengalaman web seluler baru bagi pengguna yang meminimalkan penggunaan data, loading cepat, dan tetap lancar ketika diakses dalam jaringan yang kurang bagus.
  • Live 360 video: Fitur ini memungkinkan Anda menampilkan video 360 derajat, cara menarik untuk mempromosikan produk Anda.
  • Objective based campaigns: Fitur ini telah diluncurkan sejak Mei 2015. Anda dapat menyiapkan campaign khusus untuk mendorong klik, keterlibatan aplikasi, atau menghasilkan prospek.
  • Partner audiences: Versi lain dari fitur iklan di Twitter namun lebih kuat dan spesifik.
  • Pin Posts: Jika Anda memiliki sebuah post yang sangat penting terkait produk atau promosi, gunakan fitur ini agar pengguna langsung dapat melihatnya.
  • Promoted: Dengan fitur ini Anda dapat memilih akun Twitter atau hashtag yang ingin dipromosikan.
  • Quick Promote: Cara mudah dan sederhana untuk mempromosikan tweet ke pengguna yang relevan dan spesifik.
  • Social Plugins: Anda dapat menambahkan widget ke artikel dan situs web Anda menggunakan fitur ini.
  • Stream periscope video: Ini adalah layanan siaran langsung dan rekaman video.
  • Tailored Audiences: Remarketing ke pengguna Twitter melalui data CRM.

BACA JUGA: Cara untuk Mengadaptasikan Content & Platform Demi Kesuksesan Digital Marketing

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/twitter-marketing/z-twitter-marketing

Image: VisualHunt.com

 

In this article

Join the Conversation