Tips Meng-Upgrade Kemampuan Membuat Content

Pernahkah Anda membaca sebuah konten tentang sebuah topik yang seharusnya sangat menarik, tetapi di tengah perjalanan membaca, Anda malah merasa bosan? Tidak seperti yang dibayangkan, atau terlalu banyak...

143 0
143 0
Content Creator Tips

Pernahkah Anda membaca sebuah konten tentang sebuah topik yang seharusnya sangat menarik, tetapi di tengah perjalanan membaca, Anda malah merasa bosan? Tidak seperti yang dibayangkan, atau terlalu banyak “bla bla bla” yang sebenarnya tidak ingin Anda ketahui. Artinya, ada sesuatu yang salah di sini, dan itu perlu diperbaiki. Bukan Anda, tapi kontennya.

Materi kali ini masih terkait dengan pembahasan sebelumnya. Di mana peran konten itu sendiri menjadi sangat vital untuk masa depan situs. Pada dasarnya, orang tidak ingin membuang waktu untuk membaca sesuatu yang tidak berguna (bagi mereka). Pembaca ingin sebuah konten yang padat, yang dapat membawa mereka ke “titik tujuan” dengan cepat. Jika hal ini tidak terpenuhi, kemungkinan terburuknya Anda akan kehilangan perhatian pembaca. Jangan biarkan itu terjadi. Ikuti beberapa tips berikut ini.

BACA JUGA: Langkah-Langkah Membuat Content Viral dalam 3 Menit

 

Mulailah dengan memegang erat tujuan Anda

Ilustrasi tujuan (https://www.pexels.com/)

Sebelum mulai menulis konten, coba tanamkan dua pertanyaan ini dalam kepala Anda:

  • Apa tujuan Anda dalam konten tersebut?
  • Apa yang dapat audiens ambil dari konten yang Anda buat?

Konten yang bagus dapat memberikan Anda banyak keuntungan, seperti menarik banyak audiens, meningkatkan prospek, mendorong audiens untuk melakukan tindakan, atau menemukan mitra baru untuk membantu proses promosi produk. Tapi, Anda tidak dapat memperoleh semua keuntungan tersebut hanya dengan menggunakan satu konten. Catat!

Jadi, tetapkan tujuan utama yang ingin Anda capai dengan konten tersebut. Minimal ada satu hal yang dapat diambil oleh pemirsa setelah membacanya. Tidak perlu semuanya, satu saja sudah luar biasa.

BACA JUGA: Tools Pengolah Ide Menulis Blog Post untuk Para Kreator Content Marketing

 

Kemudian, mulailah menulis

Ilustrasi mulai menulis (https://www.pexels.com/)

Setelah Anda mengantongi tujuan yang ingin dicapai, kumpulkan materi dan mulailah menulis. Langkah awal tidak perlu sempurna. Tulis saja apa yang menjadi gagasan Anda. Yang terpenting, jangan sampai kehilangan fokus dan tujuan. Banyak penulis yang memulai dengan hebat di awal namun kemudian menemui kebuntuan di tengah perjalanan. Jangan sampai ini terjadi. Kembangkan dulu materinya, masalah “kemasan”, kita perbaiki setelahnya.

 

Istirahat boleh, fokus tetap

Ilustrasi fokus (https://www.pexels.com/)

Mengalami kebuntuan adalah hal biasa yang dialami oleh kreator konten. Jika sudah seperti ini, istirahatlah. Tujuannya untuk me-refresh pikiran Anda agar ketika kembali nanti menjadi lebih segar. Setelah itu, kembalilah pada dua pertanyaan awal:

  • Apa tujuan Anda dalam konten tersebut?
  • Apa yang dapat audiens ambil dari konten yang Anda buat?

BACA JUGA: Expert Talk: Kebiasaan Para Content Marketing Berpengalaman Saat Creative Block Datang

 

Dengan begini, Anda akan kembali mendapatkan fokus. Lanjutkan menulis. Agar Anda dapat terus menyita perhatian audiens melalui konten yang dibuat, coba terapkan trik ini:

  • Setiap cerita harus menjawab satu atau kedua pertanyaan tersebut
  • Setiap paragraf harus menyajikan satu atau kedua pertanyaan tersebut
  • Setiap kata harus mencerminkan satu atau kedua pertanyaan tersebut

Dengan trik ini, Anda akan membuat audiens terus fokus pada konten. Menghindarkan mereka dari bahaya kebosanan yang sering terjadi. Membawa para audiens mencapai titik tujuan dengan terasa lebih cepat. Kemudian, periksa ulang konten Anda dan coba jawab pertanyaan ini:

  • Apakah konten yang Anda buat telah menjawab semua pertanyaan tadi?
  • Apakah konten Anda telah mencapai tujuan awal yang Anda tetapkan?
  • Apakah konten Anda memberikan “sesuatu” yang diinginkan pembaca?

Jika jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut adalah “Iya”, selamat, Anda telah berhasil meng-upgrade kemampuan content creating Anda ke level yang lebih tinggi. Selanjutnya, Anda hanya perlu memperluas wawasan dan mengasah kemampuan Anda dengan tips-tips di atas. Semakin sering Anda berlatih, semakin baik.

 

 

 

 

 

 

Source: 1 2

Featured image: https://www.pexels.com

 

In this article

Join the Conversation