Meningkatkan Sales 10x dan Leads Pakai Messenger Marketing & Chatbots

Berawal dari surat, lahir SMS dan email, lalu sekarang puluhan platform aplikasi messaging bermunculan. Metode komunikasi terus mengalami perubahan (ke arah yang lebih canggih). Bagi para pebisnis digital,...

232 0
232 0
Facebook Messenger Marketing

Berawal dari surat, lahir SMS dan email, lalu sekarang puluhan platform aplikasi messaging bermunculan. Metode komunikasi terus mengalami perubahan (ke arah yang lebih canggih). Bagi para pebisnis digital, ini adalah kesempatan yang perlu dimanfaatkan. Anda dapat meningkatkan prospek dan penjualan menggunakan media ini. Bagaimana caranya?

Sebelumnya, Anda perlu tahu terlebih dulu apa platform terbaik yang perlu Anda gunakan. Saya beri saran, gunakan Facebook Messenger. Kenapa? Karena aplikasi ini adalah aplikasi chatting dengan pengguna terbesar di dunia. Jumlahnya mencapai 1,3 miliar! Jumlah ini bahkan melebihi gabungan antara Instagram, Twitter, dan Pinterest.

Perkembangan jumlah pengguna Facebook Messenger (https://blog.kissmetrics.com/messenger-marketing-chatbots-how-to-10x-sales-leads-before-your-competitors/)

Masalah yang Anda hadapi sekarang adalah bagaimana melayani jutaan pelanggan di luar sana. Membalas pertanyaan mereka satu per satu? Saya rasa Anda tidak punya cukup waktu untuk itu. Masih banyak pekerjaan lain yang perlu Anda urus. Anda perlu semacam asisten untuk membantu melayani pelanggan. Solusinya? Chatbot.

Kenapa harus menggunakan Facebook Messenger + Chatbot?

Alasan pertama telah kita singgung di awal. Facebook Messenger memiliki basis pengguna terbesar di dunia dibanding beberapa platform chatting lainnya. Artinya, lebih banyak orang yang familier dengan aplikasi ini. Kedua, orang lebih suka menggunakan aplikasi Facebook Messenger untuk berinteraksi dengan teman atau brand. Sampai di sini Anda tahu bahwa Anda memiliki jalan untuk menjangkau mereka.

Alasan lainnya, brand yang memanfaatkan aplikasi Facebook Messenger sebagai media marketing jumlahnya masih sedikit yaitu kurang dari 13,5%. Artinya, jika Anda mulai lebih cepat, persaingan belum terlalu ketat, dan kesempatan Anda menjadi “trend setter” lebih tinggi. Dan, dengan bantuan chatbot, maka semua aktivitas pemasaran Anda akan menjadi lebih mudah. So, tunggu apa lagi?

(BACA JUGA: Social Media Marketing Trend 2018: Sudah Tahu?)

Lalu, bagaimana cara menggunakan Chatbot?

Chatbot telah diciptakan dalam berbagai bentuk dan tujuan yang berbeda. Ada yang digunakan untuk membantu pelanggan memilih produk yang tepat, ada pula yang digunakan untuk sekadar meningkatkan prospek. Pada sebuah studi kasus, ada 3 tipe chatbot yang dibangun untuk media marketing:

  • Lead Generation & Collection: Bot ini digunakan untuk menarik para pengguna dengan menawarkan event, hadiah, promosi, dan sebagainya kemudian mengubah mereka menjadi daftar prospek baru.
  • Bottom of Funnel Retargeting: Bot jenis ini digunakan untuk mengirimkan kode kupon dan penawaran lain dalam langkah kampanye remarketing.
  • Conversion Rate Optimization: Bot ini dirancang untuk membantu menjawab segala pertanyaan pengguna, mengatasi kritik, menemukan produk yang tepat, hingga pada akhirnya menghasilkan penjualan.

(BACA JUGA: Trend Digital Advertising yang Akan Nge-hits di 2018)

Studi kasus

Berikut ini adalah contoh dari penerapan bot tipe kedua. Langkahnya yaitu dimulai dengan pelanggan mengklik iklan yang dipasang di Facebook. Kemudian secara langsung pelanggan dialihkan ke fitur Messenger dan langsung berhadapan dengan bot. Di sinilah interaksi terjadi. Bot mengirimkan pelanggan sebuah kode kupon beserta penawaran produk berupa skateboard.

Studi kasus penerapan Facebook Messenger + chatbot (https://blog.kissmetrics.com/messenger-marketing-chatbots-how-to-10x-sales-leads-before-your-competitors/)

Hasilnya?

  • Return On Ad Spend (tingkat keberhasilan investasi iklan) meningkat dari 5,6 kali menjadi 48,2 kali
  • Tingkat konversi meningkat drastis hingga mencapai 1.133%!

Selain dua hasil menakjubkan di atas, beberapa keuntungan berikut ini juga dihasilkan berkat penerapan chatbot:

  • 80% open rate (persentase dibukanya pesan masuk oleh pelanggan) untuk pesan broadcast
  • Rasio click-through (persentase dikliknya link yang dikirim ke pelanggan) 30-40% (jumlah tersebut 4-10 kali lipat dari yang bisa dihasilkan menggunakan email marketing)
  • 5 kali lipat volume download konten dan registrasi acara
  • Tingkat konversi yang lebih tinggi dengan mengurangi hambatan saluran

Segera ambil tindakan sebelum para kompetitor mendahului Anda. Jadilah yang terdepan karena berbagai keuntungan menunggu di depan. Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar atau kontak kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: https://blog.kissmetrics.com/messenger-marketing-chatbots-how-to-10x-sales-leads-before-your-competitors

Featured image: https://www.pexels.com

 

In this article

Join the Conversation