Skyscraper Armageddon: Metode Efektif untuk Meningkatkan Popularitas Bisnis Online

Awalnya, orang menganggap bahwa semakin panjang sebuah konten, maka akan semakin baik. Alasannya, mereka dapat memasukkan lebih banyak kata kunci. Semakin banyak kata kunci, maka akan semakin besar...

504 0
504 0
Teknik Skyscraper

Awalnya, orang menganggap bahwa semakin panjang sebuah konten, maka akan semakin baik. Alasannya, mereka dapat memasukkan lebih banyak kata kunci. Semakin banyak kata kunci, maka akan semakin besar kemungkinan terindeks oleh mesin pencari. Dan itu artinya peluang meningkatkan leads akan semakin tinggi.

Sayangnya, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Terutama untuk saat ini di mana mesin pencari telah dilengkapi dengan algoritma kecerdasan buatan yang supercanggih. Sehingga, metode kata kunci tidak lagi dapat memberikan hasil yang optimal. Lalu, apakah ada metode lain yang dapat mengoptimalkan konsep tersebut? Ya, Skyscraper.

 

Apa itu Skyscraper?

Skyscraper adalah sebuah teknik untuk mengubah konten menjadi backlink berkualitas tinggi. Teknik ini diciptakan oleh Brian Dean, seorang ahli SEO. Secara sederhana, konten Skyscraper bekerja seperti ini:

  • Pertama, cari link atau topik yang bermanfaat (dan sudah terbukti).
  • Kedua, buatlah konten yang lebih baik dari itu.
  • Kemudian, jangkau orang yang tepat.

Brian telah membuktikan keampuhan teknik ini pada situsnya sendiri. Hasilnya, popularitas domainnya melonjak hanya dalam beberapa pekan:

Lonjakan popularitas domain dengan konten Skyscraper (https://blog.kissmetrics.com/skyscraper-content/)

Lalu lintas organik dari mesin pencari yang mengarah ke situsnya juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan:

Peningkatan lalu lintas situs (https://blog.kissmetrics.com/skyscraper-content/)

Namun demikian, bukan hal yang mudah untuk mengoptimalkan teknik ini. Terdapat beberapa masalah yang mungkin akan menghambat proses optimalisasinya, seperti:

  • Kurangnya otoritas dan branding
  • Target keyword yang tidak aktif
  • Tidak melakukan promosi yang cukup

Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa langkah perlu dilakukan. Checklist berikut ini akan memandu Anda untuk mengoptimalkannya.

Skyscraper Technique Checklist (https://blog.hubspot.com/marketing/skyscraper-technique-drive-traffic)

 

Lakukan penelitian, cari peluang

Jelas. Peluang adalah “jalan utama” yang perlu ditemukan oleh pebisnis mana pun. Anda perlu melakukan penelitian untuk mencari topik seperti apa yang “laku dijual”. Banyak tool yang dapat Anda manfaatkan, seperti Google Alerts untuk mencari kata kunci yang populer sesuai dengan topik yang ingin Anda angkat.

(BACA JUGA: Potensi Artikel Dibaca Visitor Itu Sangat Kecil. Gunakan Tips Ini untuk Mengatasinya)

Temukan mitra distribusi potensial

Langkah selanjutnya adalah mencari sebuah merek, blog, atau influencer yang dapat Anda ajak “bekerja sama”. Maksud bekerja sama di sini adalah menjadikan mereka sebagai referensi konten yang akan Anda buat. Jika banyak pengguna memiliki ketertarikan akan konten yang mereka buat, kemungkinan pengguna juga ingin mendapat sesuatu yang “lebih”. Ini peluang untuk Anda.

Buat konten yang lebih baik

Ini salah satu kunci utamanya. Bagaimana membangun konten ‘pencakar langit’ (Skyscraper). Anda sudah punya referensi menarik, tugas Anda sekarang adalah membuat konten yang lebih baik dari itu. Perdalam materi dengan menambahkan statistik, panduan infografis, video, dan lainnya. Hal ini juga berlaku jika kompetitor Anda mengangkat topik yang sama. Intinya, “lampaui” semuanya.

Mulai promosi

Setelah “amunisi” selesai dibuat, langkah selanjutnya yaitu promosi. Anda dapat memulainya dengan membagikan konten di berbagai platform media sosial yang dimiliki. Mulai dari blog, email, Instagram, Facebook, Twitter, semuanya. Upayakan untuk menjangkau sebanyak mungkin pengguna.

(BACA JUGA: Social Media Trend: Pedoman Sukses Berbisnis Online di 2018)

Jangkau orang yang tepat

Setelah melakukan promosi, Anda akan mengetahui siapa saja yang tertarik dengan konten Anda. Kemudian jangkaulah para influencer, merek, atau blogger yang berbagi konten sejenis. Ajaklah bekerja sama dan berbagi dengan Anda. Tujuannya adalah agar Anda juga mendapat perhatian dari audiens yang mereka miliki. Atau meminta mereka untuk membagikan konten Anda.

Tetap up to date

Seperti yang pernah saya ungkapkan, dunia digital tidak akan berhenti pada satu titik. Topik-topik dan inovasi baru akan terus bermunculan. Para pengguna juga akan selalu membutuhkan sesuatu yang baru dan lebih “segar”. Tugas Anda, tetaplah up to date.

 

 

 

 

 

Source: 1 2

Featured image: https://www.pexels.com

 

In this article

Join the Conversation