[Case Study] On-page & Off-page SEO yang Menjanjikan

Terdapat banyak kasus di mana optimalisasi SEO justru menghilangkan value dari konten itu sendiri. Namun ada juga kasus eksekusi dasar SEO yang ternyata memberikan hasil yang cukup menjanjikan....

180 0
180 0
Studi kasus On-page + off-page SEO

Terdapat banyak kasus di mana optimalisasi SEO justru menghilangkan value dari konten itu sendiri. Namun ada juga kasus eksekusi dasar SEO yang ternyata memberikan hasil yang cukup menjanjikan. Jika Anda tidak percaya, kali ini saya akan membahas sebuah studi kasus tentang sebuah perusahaan travel yang rencana bisnisnya menggabungkan pendekatan langsung untuk menciptakan konten yang sangat berbeda pada situsnya lalu mempromosikan konten tersebut secara efektif.

Perusahaan ini bernama kimkim, dan mereka percaya bahwa dalam membangun dan memasarkan konten perlu adanya fokus yang tinggi terhadap pengguna akhir. Hasilnya? Mari kita lihat bersama.

Tinjauan perusahaan

Perusahaan online travel kimkim didirikan oleh tim pengusaha dan para insinyur yang memiliki peran kunci di perusahaan seperti TripAdvisor dan EveryTrail. Misi mereka adalah mendorong industri travel menuju pengalaman yang lebih “unik” dan “lokal” namun tetap menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen. Hal ini dicapai dengan bekerja sama dengan pemandu wisata lokal, yang menciptakan wawasan “lokal” dan informasi bermanfaat yang bertujuan untuk menawarkan pengalaman perjalanan unik bagi pelanggan mereka.

(BACA JUGA: YukTravel: Renyahnya Bisnis Travel di Indonesia)

Metode ini tentu saja tidak memberikan jangkauan global, namun memungkinkan perusahaan untuk fokus memberikan konten unggulan untuk setiap lokasi yang mereka hadapi. Akan tetapi, metode ini pula yang memegang peran kunci atas kesuksesan perusahaan tersebut. Dalam SEO, lebih baik menjadi “hebat” dalam satu hal daripada biasa-biasa saja dalam banyak hal.

Rencana dan eksekusi SEO

Arsitektur untuk situs ini dirancang untuk membangun konten dari skala kecil dan mengembangkannya dari waktu ke waktu. Ketika sebuah wilayah atau negara ditambahkan ke daftar destinasi baru situs ini, eksekusi dimulai dengan mengidentifikasi pakar lokal yang tinggal di wilayah tersebut dan meminta mereka membuat konten terkait wilayah tersebut. Hal ini memungkinkan setiap wilayah atau negara baru lebih cepat mengembangkan konten dengan perspektif lokal yang berkualitas.

Begitu situs mereka aktif dan berjalan, audit menyeluruh terhadap situs dilakukan, termasuk penggunaan tools SEO-nya. Audit ini dilakukan secara rutin dari waktu ke waktu sehingga perusahaan dapat memastikan konten yang mereka buat tetap berkualitas dan kinerja SEO tetap optimal.

(BACA JUGA: 7 Tools Gratis untuk Meningkatkan SEO Bisnis Anda)

Hambatan yang dihadapi salah satunya yaitu terkait masalah bahasa. Tidak semua negara menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya. Namun inilah tantangan yang perlu dihadapi untuk mempercepat laju pertumbuhan situs. Dari perspektif promosi, para ahli lokal juga membantu mengembangkan kemajuan situs dalam negeri, dan metode ini sering menarik banyak tautan lokal ke bagian negara tertentu di situs ini.

Strategi awal dilakukan dengan tujuan memberi tahu para pengguna apa yang ditawarkan kimkim dari perspektif layanan dan konten. Langkah selanjutnya dilakukan dengan menjangkau hotel-hotel lokal, dan memberikan banyak rekomendasi destinasi untuk memastikan semua informasi akurat dan up to date.

(BACA JUGA: Google Local Business: Taktik SEO untuk Bisnis Lokal)

Hasilnya?

Sejak awal diluncurkan, situs kimkim mengalami perkembangan yang cukup stabil. Situs ini sekarang masuk dalam lima besar untuk hasil pencarian perjalanan keren seperti “Pakar perjalanan Nepal” atau “Perjalanan ke Manaslu”. Berikut ini statistik pertumbuhan situsnya:

Statistik perkembangan situs kimkim (https://searchengineland.com/case-study-page-seo-off-page-seo-working-together-291138?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost)

Pertumbuhan yang luar biasa terjadi pada situs kimkim. Statistik juga menunjukkan beberapa lonjakan di bulan-bulan tertentu. Lihat saja lonjakan yang terjadi pada bulan Januari 2017 dan Januari 2018. Januari merupakan bulan yang banyak dijadikan libur musiman di berbagai negara di dunia. Nah, dari studi kasus ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa mengoptimalkan on-page SEO bersama dengan off-page SEO mampu memberikan hasil yang luar biasa. Kuncinya adalah fokus dan komitmen.

 

 

 

Source: 1

Featured image: https://www.pexels.com

 

In this article

Join the Conversation