Panduan Content Marketing untuk Support Local Bisnis & Peringkat SEO

Sebuah bisnis yang hebat selalu diidentikkan dengan jangkauan global. Namun, Anda tidak bisa serta-merta melupakan potensi dan pengaruh bisnis lokal. Justru yang perlu Anda lakukan adalah men-support bisnis...

265 0
265 0
Content Marketing untuk Bisnis Online

Sebuah bisnis yang hebat selalu diidentikkan dengan jangkauan global. Namun, Anda tidak bisa serta-merta melupakan potensi dan pengaruh bisnis lokal. Justru yang perlu Anda lakukan adalah men-support bisnis lokal serta meningkatkan peringkat SEO-nya. Kenapa?

Pertama, aktivitas penelusuran pengguna telah banyak beralih ke perangkat mobile. Hal ini secara tidak langsung telah banyak memengaruhi perubahan SEO, tak terkecuali pada area pencarian lokal. Google bahkan mengungkap bahwa lebih dari 1/3 penelusuran mobile berhubungan dengan area lokal. Maka tidak mengherankan jika SEO lokal juga berperan penting terhadap keseluruhan strategi SEO.

Tingkat keterkaitan pencarian berdasarkan lokasi (https://searchengineland.com/create-content-support-local-seo-rock-local-rankings-290638?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost)

Namun, untuk mengoptimalkan SEO lokal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk men-support SEO lokal:

  • Klaim semua nama lokal, alamat dan nomor telepon, serta kutipan sebanyak yang Anda bisa di direktori lokal. Pastikan semuanya konsisten di semua daftar (tidak banyak perubahan nama atau alamat).
  • Klaim Google My Business Page dan Bing Places For Business Anda kemudian isi masing-masing dengan informasi atau konten yang relevan dengan kata kunci lokal untuk mendapatkan informasi dalam pencarian lokal. Hal ini akan membantu bisnis Anda lebih banyak muncul di hasil pencarian Google dan Bing Maps.
  • Tingkatkan peringkat dan ulasan lokal untuk meningkatkan hasil penelusuran lokal dengan mengoptimalkan halaman situs Anda dan menyelesaikan semua bidang informasi di Google My Business.
  • Hasilkan konten lokal untuk meningkatkan peringkat pencarian menggunakan kata kunci panjang (yang biasanya sering digunakan dalam pencarian lokal).

(BACA JUGA: Google Local Business: Taktik SEO untuk Bisnis Lokal)

 

Mengoptimalkan konten untuk SEO lokal

Yang perlu Anda tahu, mempersempit wilayah pemasaran bukan berarti akan memperkecil target pasar. Hal ini justru akan memperkecil kemungkinan persaingan dengan para kompetitor. Di sisi lain, optimalisasi SEO lokal akan membuat bisnis Anda menjadi lebih efektif untuk meng-cover target pasar.

Upaya mengoptimalkan SEO lokal ini dapat Anda lakukan dengan membuat konten yang relevan dengan kondisi penelusuran lokal. Termasuk di dalamnya dengan mengoptimalkan kata kunci pencarian. Contohnya memasukkan nama daerah geografis tertentu. Misal, keseluruhan strategi Anda yaitu ingin membuat konten mengenai “perusahaan SEO terbaik”, Anda dapat membuat sebuah konten yang lebih spesifik dengan memasukkan kata kunci “perusahaan SEO terbaik di Jogja”. Kata kunci tersebut akan lebih efektif untuk “menyedot” perhatian pengguna lokal.

 

Ide konten lokal

Selain stasiun berita lokal dan para influencer, mayoritas situs bisnis tidak terlalu “mempedulikan” masalah konten lokal. Nah, ini adalah peluang Anda untuk menguasai pengguna lokal yang notabene tidak banyak mendapat perhatian. Namun, sebelum membuat konten lokal Anda perlu melakukan penelitian untuk mengidentifikasi seperti apa target audiens lokalnya. Wawancara langsung mungkin bisa jadi salah satu pilihan untuk mengetahui kebutuhan mereka.

Kemudian Anda perlu menyisipkan istilah-istilah lokal agar konten yang dibuat lebih familiar pada pengguna lokal. Salah satu fitur yang dapat Anda gunakan misalnya Audience Insights milik Facebook untuk mengetahui demografi dan psikografi audiens. Atau menggunakan Google Keyword Planner untuk mengumpulkan kata kunci lokal yang paling populer digunakan. Hasilnya, Anda akan dapat membuat konten yang relevan untuk para pengguna dan “menguasai” mereka.

(BACA JUGA: Kumpulan Tools untuk Produksi Content Marketing Text)

Keyword Planner (https://searchengineland.com/create-content-support-local-seo-rock-local-rankings-290638?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost)

 

(BACA JUGA:  7 Tools Gratis untuk Meningkatkan SEO Bisnis Anda)

Kesimpulannya, meskipun tujuan bisnis Anda adalah jangkauan global, namun jangan pernah meremehkan potensi lokal. Anda perlu men-support dan mengoptimalkan SEO lokal karena secara tidak langsung hal ini justru memberikan Anda peluang pasar yang lebih “nyata” dan minim persaingan. Intinya, SEO lokal adalah peluang yang belum banyak dimanfaatkan. Jadi, manfaatkanlah!

 

 

 

Source:

https://searchengineland.com/create-content-support-local-seo-rock-local-rankings-290638?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost

Featured image: https://www.pexels.com/

In this article

Join the Conversation