Tren Mobile Search Activity Tahun 2018

Tidak dapat dimungkiri bahwa aktivitas browsing pengguna internet mulai didominasi menggunakan perangkat mobile. Bertaburnya aplikasi mobile juga semakin memanjakan para penggunanya. Hal ini secara tidak langsung memengaruhi kebiasaan...

145 0
145 0
Mobile Search Activity

Tidak dapat dimungkiri bahwa aktivitas browsing pengguna internet mulai didominasi menggunakan perangkat mobile. Bertaburnya aplikasi mobile juga semakin memanjakan para penggunanya. Hal ini secara tidak langsung memengaruhi kebiasaan pengguna yang cenderung “mudah bosan” dan suka membandingkan satu aplikasi dengan yang lainnya.

Beberapa waktu lalu, Google mengungkap bahwa sekitar 80% pengguna melakukan “churn” setelah tiga bulan men-download sebuah aplikasi. Apa itu churn? Churn adalah berhentinya pelanggan menggunakan sebuah aplikasi atau bahkan “berpindah hati” ke aplikasi lainnya. Berdasarkan fakta yang diungkap oleh TechCrunch, rata-rata orang berinteraksi dengan sekitar 30 aplikasi per bulannya.

Di kesempatan lain, Google juga mengungkapkan bahwa pengguna cenderung mencari informasi yang penting bagi mereka menggunakan perangkat mobile. Satu fakta ini sudah cukup mewakili seberapa pentingnya perangkat mobile bagi mereka. Berikut ini beberapa tren mobile search activity tahun 2018 yang perlu Anda ketahui.

 

Produktivitas dan kenyamanan

https://docs.google.com/document/d/1ZNyNCdJcV8dVxGwk7sDPz_LLgYT1uVWBLm2aJ-aWNlo/edit#heading=h.pg2pbser9nhz

Faktanya, penelusuran terhadap aplikasi “pengiriman” dan “penjemputan” yang menghemat waktu meningkat hingga lebih dari 205% dari tahun ke tahun. Apa artinya? Ini mengindikasikan bahwa para pengguna ingin menggunakan waktunya secara lebih efisien dan produktif.

Peningkatan pencarian terkait layanan restoran (https://searchengineland.com/four-new-search-trends-in-mobile-app-discovery-290832?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost)

Selain itu, penelusuran terhadap aplikasi penyedia makanan, farmasi, dan foto meningkat sekitar 140% dari tahun ke tahun. Lebih jauh, penelusuran terhadap aplikasi restoran yang meyediakan fitur seperti pemesanan, pelacakan pesanan, dan diskon meningkat hingga 120% dari tahun ke tahun. Faktor kenyamanan berperan penting dalam statistik tersebut. Pengguna ingin mendapatkan pelayanan tanpa harus meninggalkan rumah.

 

Belajar hal-hal baru

Peningkatan pencarian terkait kebutuhan keluarga (https://searchengineland.com/four-new-search-trends-in-mobile-app-discovery-290832?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost)

Fakta lain membuktikan bahwa penelusuran terhadap aplikasi terkait kebutuhan keluarga atau mengasuh anak seperti “aplikasi tugas untuk anak” atau “aplikasi menggosok gigi untuk anak-anak” mengalami peningkatan sebesar 65% dari tahun ke tahun.

Peningkatan pencarian terkait pembelajaran hal baru (https://searchengineland.com/four-new-search-trends-in-mobile-app-discovery-290832?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost)

Sedangkan penelusuran terhadap aplikasi pembelajaran seperti “aplikasi belajar gitar” atau “aplikasi pembelajaran K-12” meningkat hingga 80% dari tahun ke tahun. Dan, 85% peningkatan terjadi pada penelusuran aplikasi pembelajaran tentang bahasa. Statistik ini menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun pengguna selalu ingin belajar sesuatu yang baru.

(BACA JUGA: Bisnis Online Perlu Menyambut Era Voice Search dengan Cara Ini)

 

Perbaikan terhadap tubuh dan pikiran

Tingkat penelusuran terhadap aplikasi yang berkaitan dengan yoga dan meditasi seperti “aplikasi yoga untuk pemula” mengalami peningkatan sebesar 65% dari tahun ke tahun. Sedangkan hasil yang cukup mencengangkan terjadi pada pencarian terhadap “aplikasi bodybuilding” atau “aplikasi untuk mengurangi berat badan” yang mengalami peningkatan cukup signifikan yaitu sebesar lebih dari 190% dari tahun ke tahun.

![Peningkatan pencarian terhadap masalah kebugaran (https://searchengineland.com/four-new-search-trends-in-mobile-app-discovery-290832?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost)](https://d2mxuefqeaa7sj.cloudfront.net/s_8DB58D1C5F5DA92463A17878F4234EE5AF780D2D0E5D3FFAD195A3D172FEC432_1519721135342_5.jpg)
Penelusuran aplikasi yang berkaitan dengan kebugaran dan pakaian atau sepatu olahraga juga mengalami peningkatan mencapai lebih dari 135% dari tahun ke tahun. Statistik ini menandakan bahwa para pengguna semakin “concern” terhadap masalah kebugaran tubuh dan pikiran.

(BACA JUGA: Masa Depan Aktivitas Pencarian Teknologi)

 

Manajemen keuangan

Peningkatan pencarian terkait masalah keuangan (https://searchengineland.com/four-new-search-trends-in-mobile-app-discovery-290832?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost)

Masalah keuangan juga menjadi salah satu aspek yang mendapat banyak perhatian dari para pengguna di tahun 2018. Faktanya, penelusuran terkait masalah keuangan seperti “aplikasi investasi” atau “aplikasi penasihat keuangan” mengalami peningkatan hingga 115% dari tahun ke tahun.

Peningkatan pencarian terhadap makanan gratis (https://searchengineland.com/four-new-search-trends-in-mobile-app-discovery-290832?utm_src=ml&utm_medium=textlink&utm_campaign=mlxpost)

Peningkatan 100% YoY (dari tahun ke tahun) terjadi pada penelusuran terhadap aplikasi yang berkaitan dengan makanan dan minuman gratis. Sedangkan penelusuran terkait “aplikasi kupon” untuk beberapa merek tertentu mengalami peningkatan sebesar 90% dari tahun ke tahun.

(BACA JUGA: Belajar dari BukaLapak & Tokopedia: Suka Duka Layanan Freemium bagi Startup Digital)

Kesimpulannya, tren pencarian mobile pada 2018 telah mengarah ke hal-hal yang lebih spesifik dalam kehidupan mereka. Anda tidak perlu membuat aplikasi yang dapat memenuhi “segalanya”. Tentukan siapa target pasar Anda dan ciptakan aplikasi atau konten yang benar-benar mereka butuhkan. Jadilah marketer yang cerdas dengan mempelajari perilaku penelusuran para pengguna. Strategi yang tepat, di tempat yang tepat.

 

 

Source: 1 2

Featured image: https://www.pexels.com

 

In this article

Join the Conversation