Contoh YouTube Ads yang Sukses dan Agensi di Baliknya

Jika Anda merupakan salah satu penggemar YouTube, pasti sudah tidak asing dengan iklan. Saya tidak yakin Anda akan menonton iklannya hingga habis karena kebanyakan orang hanya ingin menonton...

314 0
314 0
Digital Advertising Tips

Jika Anda merupakan salah satu penggemar YouTube, pasti sudah tidak asing dengan iklan. Saya tidak yakin Anda akan menonton iklannya hingga habis karena kebanyakan orang hanya ingin menonton video yang mereka cari. Satu-satunya hal yang dilakukan pada iklan adalah melewatinya. Bukan begitu?

Ya, iklan pre-roll (iklan yang muncul sebelum video diputar) terkadang memang cukup mengganggu. Meskipun tidak selalu, dan tidak semuanya. Namun, butuh kreativitas tingkat tinggi untuk dapat membuat iklan berkualitas yang mampu menyita perhatian pengguna. Berikut ini beberapa contoh YouTube Ads yang bisa dibilang cukup sukses dan agensi yang berada di balik layarnya.

5. Budweiser 2017 Super Bowl Commercial – Born The Hard Way (28,5 juta kali dilihat)

Logo Budweiser (https://www.google.com/)

Peringkat kelima ditempati oleh Budweiser, produsen minuman beralkohol asal Amerika Serikat. Pada 2017, Budweiser membuat iklan berjudul Born The Hard Way. Bekerja sama dengan agensi iklan Anomaly, iklan berdurasi satu menit ini berhasil menyedot perhatian lebih dari 28 juta pengguna.

Iklan ini bercerita tentang seorang pemuda Jerman yang bermigrasi ke Amerika. Bertemu dengan orang-orang di Amerika yang ternyata tidak seramah yang dibayangkan. Namun akhirnya pemuda itu berhasil berjumpa dengan seorang yang berbeda. Jika Anda penasaran, berikut link YouTube yang bisa Anda buka (copy-paste): https://www.youtube.com/watch?v=HtBZvl7dIu4

4. Miss Dior – The New Eau de Parfum (43 juta kali dilihat)

Ilustrasi parfum Miss Dior (https://www.google.com/)

Siapa yang tak kenal brand Dior? Merek ini sering diidentikkan dengan kalangan menengah ke atas. Pada 2017, Dior meluncurkan iklan produk parfum wanita, Miss Dior. Agensi yang berada di belakang iklan ini adalah Iconoclast. Menggandeng aktris terkenal Hollywood, Natalie Portman, iklan yang berdurasi “hanya” 45 detik ini telah dilihat sekitar 43 juta kali oleh pengguna YouTube. Ini dia link-nya: https://www.youtube.com/watch?v=h4s0llOpKrU

(BACA JUGA: Faktor Paling Dominan pada Kesuksesan Campaign YouTube Ads)

3. Ping Pong Trick Shots 3 – Dude Perfect (90,6 juta kali dilihat)

Dude Perfect (https://www.google.com/)

Peringkat ketiga diduduki oleh sebuah promosi dari Dude Perfect. Sekadar informasi, Dude Perfect adalah sebuah saluran YouTube yang terkenal dengan konten olahraganya. Saluran ini telah memiliki sekitar 27 juta subscribers! Beberapa brand seperti Oreo dan Ruffles bahkan meminta bantuan saluran ini untuk mempromosikan produknya.

Video berjudul Ping Pong Trick Shots 3 ini telah diputar lebih dari 90 juta kali oleh pengguna. Menariknya, video ini berdurasi cukup lama yaitu lebih dari 7 menit. Penasaran? Check it out: https://youtu.be/UeG1ftTmLAg

2. Clash Royale: The Last Second (110,7 kali juta dilihat)

Ilustrasi Clash Royale (https://www.google.com/)

Bagi Anda yang menyukai mobile games pasti sudah tidak asing lagi dengan Clash Royale. Iklannya yang berjudul The Last Second telah dilihat sebanyak 110,7 juta kali oleh pengguna. Wow! Pada iklan ini, produsen game tersebut bekerja sama dengan agensi iklan Barton F. Graf. Seperti judulnya “The Last Second”, iklan berdurasi 49 detik ini akan menarik perhatian Anda untuk terus menontonnya hingga detik terakhir: https://www.youtube.com/watch?v=TJryIc0Cwy4

(BACA JUGA: Trend Digital Advertising yang Akan Hits 2018)

1. Samsung India Service (150,3 juta kali dilihat)

Ilustrasi Samsung (https://www.pexels.com/)

Dan inilah juaranya. Sebuah cerita pendek berjudul “We’ll Take Care of You Wherever You Are” ini telah dilihat sebanyak lebih dari 150 juta kali. Iklan ini diproduksi oleh Samsung India Service bekerja sama dengan agensi Cheil.

Ini adalah upaya promosi Samsung atas perluasan layanan pelanggan hingga ke daerah-daerah terpencil India. Apa yang membuat iklan ini begitu istimewa? Well, Samsung telah berhasil membuat 150 juta orang menangis lewat iklan yang mereka buat ini: https://youtu.be/779KwjAYTeQ

Source: 1 2

Featured image: https://www.pexels.com

 

In this article

Join the Conversation