Kapan Waktu Tepat Memakai Instagram Slideshow Sebagai Media Marketing Online?

Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tak lepas dari fitur-fitur inovatif yang mereka luncurkan. Salah satunya yaitu Instagram Slideshow....

303 0
303 0
Instagram Slideshow untuk Marketing Online

Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tak lepas dari fitur-fitur inovatif yang mereka luncurkan. Salah satunya yaitu Instagram Slideshow. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah beberapa foto dan video secara bersamaan. Kuncinya adalah cara yang tepat, dan Anda dapat menggunakannya sebagai media marketing online. Lalu kapan saat yang tepat untuk menggunakan fitur ini agar mendapatkan hasil yang optimal?

Sebelumnya, mari kita lihat statistik berikut ini:

Statistik pengguna aktif bulanan Instagram (http://www.businessofapps.com/data/instagram-statistics/)

(BACA JUGA: Social Media Platforms: Demografi & Statistik 4 Media Sosial Terpopuler)

Itu adalah statistik pengguna aktif bulanan (MAU), ini jumlah pengguna aktif hariannya:

Statistik pengguna aktif harian Instagram (http://www.businessofapps.com/data/instagram-statistics/)

Dan ini adalah perbandingan jumlah pengguna bulanan Instagram dibanding beberapa platform media sosial populer lainnya:

Perbandingan jumlah pengguna Instagram dengan media sosial lainnya (http://www.businessofapps.com/data/instagram-statistics/)

(BACA JUGA: Cara Mengelola Instagram for Business agar Bisa Dikenal Luas Audiens)

Kembali ke masalah slideshow. Bayangkan jika saya memiliki 10 foto dengan tema yang sama dan mempostingnya satu per satu hingga menjadi 10 post. Bagaimana respons Anda? Apakah tertarik atau malah terganggu? Jika merasa terganggu, seharusnya saya gunakan fitur slideshow. Nah, itu salah satu alasan menggunakan fitur slideshow. Apa lagi?

Hindari terlalu sering posting

Seperti yang telah disinggung di atas, terlalu sering posting bisa jadi bumerang. Kenapa? Mungkin Anda berpikir bahwa semakin sering memposting foto akan membuat orang semakin tertarik mengikuti Anda karena akun terlihat “ramai”.

Hati-hati, bisa jadi audiens malah bosan dengan aktivitas tersebut.

Salah seorang selebriti Hollywood, Kim Kardashian pernah melakukan ini. Bagaimana jika Anda melihatnya? Sedikit bosan? Maka jangan lakukan itu dalam langkah promosi produk. Posting yang berulang-ulang akan membuat para pengguna “muak” melihatnya.

Sederhanakan, jangan rumit

Kesalahan ini yang biasanya banyak dilakukan orang. Perlu Anda ketahui, salah satu alasan Instagram membuat fitur slideshow adalah untuk mengurangi kerumitan dalam postingan, bukan malah sebaliknya. Coba lihat ini:

Post Kim Kardashian 2 (http://www.convinceandconvert.com/social-media-strategy/use-an-instagram-slideshow/)

Apa yang salah dari posting tersebut? Begini, tujuan menggunakan slideshow yaitu “mempersilakan” audiens melihatnya satu per satu. Kasus di atas mungkin bertujuan sama, namun jika seperti itu akan terlihat lebih rumit karena audiens perlu berpindah dari satu post ke post yang lain. Jadi? Sekali saja, lebih sederhana. Sebagai tambahan, Anda dapat menggunakan gambar paling menarik pada slide pertama agar pengguna penasaran.

Storytelling yang kreatif

Mungkin pengguna memang tertarik dengan gambar-gambar yang menarik dan langkah promosi Anda. Namun, bagian ini perlu diperkuat. Tujuannya? Agar pesan yang ingin Anda sampaikan benar-benar sampai ke audiens dan mereka tidak hanya melihat kemudian pergi tanpa melakukan apa-apa. Bagaimana caranya?

Storytelling. Ya, materi yang bagus perlu “dikemas” dengan cara yang baik pula. Jangan memberikan kesan “terlalu berat” pada pengguna terkait produk yang ingin Anda tawarkan. Pada bagian ini kuncinya adalah kreativitas. Sajikan sebuah promosi yang lebih ringan menggunakan metode storytelling agar pengguna menikmati dan akhirnya mau membeli.

(BACA JUGA: Bagaimana Mendapatkan Audiens dengan Storytelling?)

Tambahkan elemen kejutan

Melanjutkan langkah sebelumnya, adakah cara lain untuk membuat kesan lebih ringan pada kegiatan promosi Anda? Tentu, berikan saja mereka “kejutan”.

Sesekali Anda perlu sedikit “santai” karena itu juga yang diinginkan para pengguna. Salah satu alasan mereka manggunakan media sosial tentu saja untuk mencari hiburan dan mengendurkan pikiran dari aktivitas sehari-hari.

Lakukan promosi seperti biasa, namun berikan sebuah kejutan dalam salah satu gambar yang ada di slideshow. Walaupun terlihat sederhana, hal ini cukup menyenangkan. Selain itu, elemen kejutan juga akan membangun “kedekatan” perusahaan dengan para pengguna. Coba lihat apa yang dilakukan Indiana University berikut ini:

Post Indiana University (http://www.convinceandconvert.com/social-media-strategy/use-an-instagram-slideshow/)

Source: 1, 2

Featured image: https://www.pexels.com

 

In this article

Join the Conversation