Shortcut Bisnis Online: Taktik Efektif Supaya Mendulang Laba hingga 100%

Menjalankan bisnis terkadang ibarat sebuah “pacuan kuda”. Persaingan selalu terjadi sepanjang jalan. Kompetitor tidak akan pernah melepas “pedal gas”. Karena yang tercepat, dialah yang akan menang. Celakanya, Anda...

536 0
536 0
Taktik Efektif Bisnis Online

Menjalankan bisnis terkadang ibarat sebuah pacuan kuda”. Persaingan selalu terjadi sepanjang jalan. Kompetitor tidak akan pernah melepas pedal gas”. Karena yang tercepat, dialah yang akan menang. Celakanya, Anda tidak dapat menyulap” bisnis online Anda untuk sukses dalam sekejap. Mau tidak mau Anda harus melalui semua proses. Mulai dari menentukan ide, membuat konten, melakukan promosi, melayani klien, hingga menyusun laporan keuangan. 

Tapi jangan khawatir, kali ini saya akan berikan Anda jalan pintas” yang efektif untuk memenangkan pacuan kuda” ini. Mari kita mulai dengan pengertian sederhana berikut ini:

Pengertian marketing automation (Google.com)

(BACA JUGA: Customer Experience: Cara Men-Shortcut Kepuasan Pelanggan Supaya Lebih Cepat)

Ya, Anda perlu sebuah sistem otomatisasi untuk membantu menjalankan bisnis. Mempercepat waktu tanpa menambah sumber daya. Laba? Tetap terjaga. Faktanya, 50% perusahaan yang menjalankan metode ini mengalami peningkatan leads yang cukup signifikan!

Statistik hasil penggunaan sistem otomatisasi pemasaran (https://blog.kissmetrics.com/market-effectively-without-wasting-time/)

 

Otomatisasi promosi konten

Promosi adalah salah satu ujung tombak dalam proses pemasaran. Sebagus apa pun konten Anda, jika tidak bisa melakukan promosi yang tepat maka tidak ada jaminan produk akan laku. Ada banyak media promosi saat ini, Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya. Masalahnya Anda membutuhkan banyak waktu untuk melakukan promosi di beberapa platform yang berbeda. Jadi?

(BACA JUGA: 3 Cara Promosi Bisnis di Media Sosial yang Sering Terlupakan)

Aplikasi Zapier (https://blog.kissmetrics.com/market-effectively-without-wasting-time/)

Gunakan Zapier. Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk dapat menggabungkan beberapa platform media sosial. Sekali promosi, semua media sosial dapat terjangkau. So, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengurus” promosi konten. Biarkan Zapier yang melakukannya. Masih banyak hal lain yang perlu Anda lakukan. Next.

 

Filter email penting

Faktanya, para pemasar menghabiskan waktu selama hampir 4 jam dalam seminggu hanya” untuk memeriksa email.

Waktu pengelolaan situs bisnis (https://blog.kissmetrics.com/market-effectively-without-wasting-time/)

Anda perlu asisten” untuk menangani masalah ini. Zapier. Terdapat fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengelola email-email penting yang masuk ke inbox. Anda dapat mengatur siapa saja yang perlu diperiksa pesannya, misal seperti karyawan, klien penting, rekan bisnis, dan sebagainya. Contohnya Anda dapat menyaring email penting dengan memasukkan string” pencarian tertentu dalam aplikasi Zapier ini:

Filter email pada aplikasi Zapier (https://blog.kissmetrics.com/market-effectively-without-wasting-time/)

Jadi, tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memeriksa email satu per satu. Tinggal atur alur kerjanya, biarkan sistem bekerja, dan satu lagi masalah terselesaikan.

 

Otomatisasi aliran leads

Jangan sepelekan masalah pengelolaan leads. Jika tidak dikelola dengan benar maka prospek bisnis akan sulit untuk mengingkat. Masalahnya, proses pengelolaan leads membutuhkan waktu yang cukup lama sedangkan leads menuntut penanganan yang cepat. Jika tidak, bisa jadi Anda akan kehilangan mereka. Lagi dan lagi, Anda membutuhkan sistem otomatisasi pengelolaan leads ini.

(BACA JUGA: Cara Menghasilkan Lebih Banyak Leads Situs Bisnis dengan Facebook Analytics)

Zapier memiliki fitur yang tepat untuk masalah yang satu ini. Anda dapat mengelola semua hal yang berkaitan dengan prospek bisnis secara otomatis. Beberapa pekerjaan yang dapat ditangani menggunakan fitur Zapier ini antara lain:

  • Memeriksa daftar leads
  • Mengunduh data leads
  • Mengubah formatnya sesuai platform yang Anda gunakan
  • Mengunggahnya ke email Anda
  • Membuat dan mengirim promosi baru

Semua itu dapat terotomatisasi menggunakan Zapier. Artinya, Anda dapat melakukan kegiatan penting lainnya sembari menunggu laporan dari asisten”.

Memulai sebuah bisnis memang membutuhkan banyak pengorbanan. Mulai dari tenaga, pikiran, finansial, hingga waktu. Jangan terlalu kolot” karena di era modern ini banyak sekali aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk menyelesaikan sesuatu. Otomatisasi adalah salah satu trik yang cukup efektif untuk mengembangkan bisnis. Dengan sumber daya yang minimal, menghasilkan laba yang maksimal. Jadilah yang terdepan dan menangkan pacuan kuda” ini.

 

 

Reference: https://blog.kissmetrics.com/market-effectively-without-wasting-time

Featured image: Pexels.com

In this article

Join the Conversation