Social Media Trend: Pedoman Sukses Berbisnis Online di 2018

Tren yang terjadi pada media sosial ibarat sebuah “musim”. Anda bebas memilih, tetap “berdiam diri di rumah” atau keluar dan ikut menikmati “musim” yang ada. Bagi para pebisnis,...

347 0
347 0

Tren yang terjadi pada media sosial ibarat sebuah musim”. Anda bebas memilih, tetap berdiam diri di rumah” atau keluar dan ikut menikmati musim” yang ada. Bagi para pebisnis, jelas musim” tersebut adalah sebuah peluang baru untuk memulai bisnis. Jika Anda tertarik, mari belajar mengenal tren media sosial sebagai modal sukses berbisnis daring (online) di 2018.

Coba lihat lima platform media sosial terpopuler sebagai sarana bisnis online berikut ini:

  • Facebook (96%)
  • Twitter (89%)
  • LinkedIn (70%)
  • Instagram (70%)
  • YouTube (57%)

Kesemuanya memiliki trennya masing-masing. Untuk dapat menguasai” ladang bisnis tersebut, kita perlu bersiap” mengikuti tren media sosial yang akan populer di tahun ini. Apa saja itu?

(BACA JUGA: Social Media Marketing: 5 Platform Media Sosial Untuk Mengembangkan Bisnis Anda)

 

Social listening

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan bagaimana tanggapan orang-orang terhadap sesuatu yang kita jual” di media sosial. Baik atau buruk, suka atau tidak, kita memang perlu untuk mendengarkan para pengguna. Ini demi perkembangan bisnis kita sendiri.

Social listening ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Namun demikian, diperkirakan masih akan terus berkembang di tahun 2018. Faktanya, 60% para konsumen sering mengutarakan keluhan mereka di media sosial dan menginginkan tanggapan kurang dari 60 menit setelahnya.

 

Live streaming dan video

Tren selanjutnya adalah live streaming dan video. Survei membuktikan bahwa sekitar 43% pengguna media sosial ingin melihat lebih banyak konten video mengenai sebuah produk. Ini berarti Anda perlu bersiap untuk menguasai” tren tersebut. 

Statistik pembuat dan penonton live streaming video di Amerika (blog.kissmetrics.com)

Ingin tahu fakta yang lebih mencengangkan? Simak statistik berikut ini:

  • Lebih dari 300 jam video diunggah ke YouTube setiap menit
  • Pengguna YouTube menikmati 1 miliar jam per hari
  • Sekitar 67% orang cenderung membeli tiket ke sebuah acara setelah menonton video langsungnya
  • Video langsung dibuat dan ditonton oleh orang-orang di hampir semua kategori usia, dari remaja hingga usia 55 tahun ke atas
  • 80% pengguna lebih suka menonton video langsung dari merek daripada membaca entri blog
  • 36% pengguna internet menonton video langsung pada November 2016
  • Live.me yang berusia kurang dari dua tahun, sudah memiliki lebih dari 20 juta pengguna aktif yang menciptakan lebih dari 200.000 jam konten baru setiap hari

 

Instagram story

Ini adalah salah satu tren yang mulai begitu populer di media sosial setahun terakhir. Fitur ini sebenarnya mirip dengan fitur yang terdapat pada aplikasi Snapchat. Namun sejak diluncurkan pada Agustus 2016, Instastory ini mengalami perkembangan yang luar biasa. Bahkan kepopulerannya jauh melebihi aplikasi Snapchat. Berikut statistiknya:

Perbandingan Snapchat dan Instagram Story (blog.kissmetrics.com)

Sekitar 50% dari bisnis Instagram memposting minimal 1 story di akun mereka. Kelebihan fitur ini adalah sangat mudah digunakan. Selain itu, antusiasme para pengguna terhadap fitur ini juga cenderung tinggi. Sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk menarik lebih banyak konsumen.

 

Augmented reality

Sebelum tren augmented reality ini muncul, sebenarnya telah ada tren virtual reality. Akan tetapi fitur ini memiliki beberapa kelemahan seperti terbatasnya ruang gerak para pengguna karena harus menggunakan alat bantu berupa semacam tutup kepala VR. Nah, augmented reality memanfaatkan celah” ini dengan baik.

Augmented reality memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa menggunakannya karena fitur tersebut dapat diakses melalui perangkat mobile. Salah satu gebrakan” augmented reality yang pernah booming” adalah aplikasi Pokemon Go.

(BACA JUGA: Bagaimana Tren Content Marketing di Tahun 2018?)

Itulah beberapa tren yang diprediksi akan sangat populer di tahun ini. Persiapkan strategi Anda. Nikmati trennya dan kuasai pasar media sosial di 2018. Ingin bertanya? Silakan tulis di kolom komentar atau hubungi kami.

 

 

Source: https://blog.kissmetrics.com/7-social-media-trends/

Featured image: Pexels.com

In this article

Join the Conversation