Cara Mengoptimalkan Social Media sebagai Sarana Meningkatkan Lead Bisnis

Media sosial dan bisnis. Apa hubungan dari keduanya? Percayakah Anda jika saya katakan bahwa sosial media dapat meningkatkan prospek bisnis? Ingin tahu tips dan trik untuk mengoptimalkan media...

195 0
195 0
Cara Mengoptimalkan Lead Bisnis Melalui Social Media

Media sosial dan bisnis. Apa hubungan dari keduanya? Percayakah Anda jika saya katakan bahwa sosial media dapat meningkatkan prospek bisnis? Ingin tahu tips dan trik untuk mengoptimalkan media sosial sebagai sarana meningkatkan lead bisnis Anda? Simak artikel ini hingga akhir. Kalau perlu catat dan praktikkan.

Memulai sebuah bisnis baru bukanlah hal yang mudah dilakukan. Terlebih jika Anda tidak memiliki modal yang besar. Melakukan promosi dan penjualan secara manual bisa jadi malah akan menguras sumber daya Anda. Akibatnya, bukan untung malah buntung”. Lalu, bagaimana solusinya?

 

Persiapkan media sosial

Media sosial adalah solusi tepat untuk masalah yang sedang Anda hadapi. Jalur promosi yang murah meriah dan terhubung langsung dengan para pengguna. Sederhana saja, di era modern seperti saat ini, siapa yang tidak mengenal media sosial? Media sosial seolah telah menjadi kebutuhan” hidup bagi setiap orang. Kenapa tidak kita manfaatkan jalur” ini? Coba lihat statistik ini:

Persentase efektivitas media sosial sebagai media pemasaran (https://www.webhopers.com/social-media-marketing)

Persiapkan beberapa media sosial untuk sarana promosi bisnis, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Setelah semua amunisi” dipersiapkan, kita lanjut ke tahap selanjutnya.

(BACA JUGA: 3 Elemen Social Media Marketing yang Sering Diabaikan)

 

Atur strategi yang tepat

Mulailah dengan melakukan riset mengenai siapa saja target pasar Anda. Berapa usianya, jenis kelamin, apa minat dan profesi mereka. Setelah semua informasi didapatkan dan terpetakan dengan jelas, kemudian Anda dapat menarik kesimpulan, apa masalah mereka dan apa yang mereka butuhkan. 

Contoh customer persona yang perlu Anda ketahui (https://whatswp.com/customer-persona-wordpress/)

Apabila sudah menemukannya, beri mereka solusi, sediakan apa yang mereka butuhkan. Untuk hasil yang lebih maksimal, cari tahu platform media sosial mana yang paling sering mereka gunakan untuk beraktivitas di dunia maya. 

Kemudian, Anda dapat memperluas jaringan di area” itu. Secara sederhana, Anda perlu menghubungkan semua media sosial Anda agar dapat meng-cover seluruh target pasar Anda. Selanjutnya?

 

Luangkan waktu untuk beraktivitas di media sosial

Setelah semua area terjangkau”, selanjutnya Anda perlu meluangkan waktu untuk memantau” aktivitas dari target pasar Anda. Tren yang sedang booming” di sosial media akan selalu berubah setiap waktu. Mau tidak mau Anda harus mengikutinya.

Social media strategy overview (http://gse.bookbinder.co/social-media-strategy-examples/)

Dengan mengetahui tren yang sedang terjadi di social media maka Anda akan dapat masuk ke lingkungan” target pasar Anda dan secara perlahan menuntun” mereka ke dalam situs bisnis Anda.

Bagian ini tidak bisa hanya dilakukan sesekali. Anda harus secara kontinyu melakukan proses ini dan usahakan untuk membuat rencana harian. Apa yang akan Anda lakukan hari ini untuk menjaga para audiens tetap dalam area pasar?

(BACA JUGA: Strategi Social Media Marketing untuk Bisnis Digital)

 

The power of ads

Jika Anda ingin mempercepat kegiatan promosi Anda, Anda dapat memanfaatkan layanan iklan yang disediakan oleh masing-masing platform media sosial. Tool yang mereka gunakan lebih dari sekadar siap” untuk mengiklankan bisnis.

 

Terakhir, analisis dan ulangi

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan menganalisis hasil promosi bisnis sebelumnya. Evaluasi semuanya mulai dari perkembangan bisnis Anda, titik kelemahan strategi Anda, hingga rencana ke depan.

Social media evaluation metric (http://ideafactory.vegas/establish-ways-to-measure-social-media-success/)

Membangun sebuah bisnis memang tidak bisa dilakukan secara instan. Semua butuh proses yang terkadang cukup panjang. Teruslah berusaha dan ulangi setiap langkah yang telah dilakukan. Sembari memperbaiki setiap kelemahan dari strategi promosi Anda. Perlahan lead bisnis Anda akan meningkat berkat optimalisasi media sosial ini. 

Ada pertanyaan terkait dengan konsep social media marketing bagi bisnis online? Tanyakan kepada saya melalui halaman Contact Us atau form di samping artikel ini. 

 

 

Source: https://www.socialmediaexaminer.com/social-media-guide-small-businesses

Featured image: Pexels.com

In this article

Join the Conversation