Cara Menghasilkan Lebih Banyak Leads Situs Bisnis dengan Facebook Analytics

Pernah dengar tentang Facebook Analytics? Ataukah Anda sudah pernah menggunakannya? Faktanya, Anda dapat menggunakan Facebook Analytics untuk menghasilkan lebih banyak lead situs bisnis yang Anda bangun. Bagaimana caranya?...

262 0
262 0

Pernah dengar tentang Facebook Analytics? Ataukah Anda sudah pernah menggunakannya? Faktanya, Anda dapat menggunakan Facebook Analytics untuk menghasilkan lebih banyak lead situs bisnis yang Anda bangun. Bagaimana caranya? Check this out!

 

Pasang Facebook Pixel

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang Facebook Pixel. Apa itu Facebook Pixel? Facebook Pixel adalah sebuah tool berupa Javascript yang nantinya akan dipasang pada situs bisnis Anda. Untuk apa? Fungsinya merekam para pengunjung situs bisnis.

Pembuatan Facebook Pixel (socialmediaexaminer.com)

Intinya, Facebook Pixel ini dapat diibaratkan sebagai alat pelacak” untuk para pengunjung situs bisnis kita. Jika tahu siapa saja pengunjung situs, maka kita dapat merancang strategi selanjutnya untuk perkembangan situs bisnis. 

Jangan biarkan situs yang kita bangun hanya digunakan sebagai tempat mampir” bagi para pengunjung tanpa menghasilkan apa-apa. Kemudian? 

(BACA JUGA: Facebook Audience Optimization: Upaya Memperoleh Organic Exposure yang Lebih Baik)

 

Tambahkan Events Tracking ke Facebook Pixel

Setelah memasang Facebook Pixel, secara otomatis Facebook Pixel akan melacak page views pada situs. Jangan puas dulu, masih ada cara tambahan untuk mendapatkan hasil maksimal dari Facebook Analytics Anda. Caranya? Tambahkan Events Tracking pada Facebook Pixel yang telah Anda pasang.

Events tracking (socialmediaexaminer.com)

Nah, setelah itu Anda dapat memantau informasi tentang siapa saja yang telah mengunjungi situs. Termasuk berapa rata-rata usia meraka, jenis kelamin, dari mana asal mereka, dan apa yang mereka lakukan ketika mengunjungi situs. 

Kemudian, sesuaikan konten situs dengan lebih tepat. Jika pengunjung situs mengalami penurunan, maka Anda tahu bagian mana yang perlu diperbaiki. Next. 

 

Pahami perilaku pengunjung situs Anda

Informasi pengunjung telah didapatkan. Lalu apa langkah selanjutnya? Sederhana, amati dan teliti pola perilaku pengunjung situs. Misal Anda memiliki sebuah situs toko online, maka amati bagaimana perilaku pengunjung mulai dari bagaimana mereka mencari barang, memasukkan barang ke keranjang, hingga proses pembayaran menggunakan Facebook Pixel.

Jangan berhenti di sini. 

Terus lakukan pengamatan perilaku pengunjung dari waktu ke waktu. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan strategi penjualan berdasarkan kebutuhan mereka. Fokuskan pada apa yang paling menarik banyak konsumen untuk berkunjung ke situs. Intinya, bagaimana caranya agar pengunjung situs Anda tidak mengalami penurunan. Minimal tetap stabil dari waktu ke waktu. 

(BACA JUGA: 10 Fitur Tools Digital Marketing Facebook Insights yang Wajib Anda Gunakan)

 

Cari tahu pengunjung paling aktif di situs Anda

Anda dapat memanfaatkan Facebook Analytics untuk memetakan” berbagai informasi mengenai para pengunjung situs Anda. Termasuk mengetahui siapa saja para pengunjung yang paling aktif menyambangi” situs bisnis. Anda dapat melihat persentase keaktifan para pengunjung situs bisnis Anda. Cari tahu kelompok mana yang menghasilkan nilai pembelian terbesar dari situs bisnis Anda.

Demografi pengunjung situs bisnis (socialmediaexaminer.com)

Lalu tempatkan produk-produk di bagian” yang nantinya dapat meningkatkan prospek bisnis Anda. Selain itu, tambahkan beberapa jurus” untuk menghasilkan lebih banyak lead situs bisnis, seperti:

  • Memanfaatkan SEO untuk situs bisnis Anda
  • Menyediakan konten-konten yang bermanfaat untuk menarik lebih banyak pengunjung
  • Memanfaatkan kolom komentar untuk mengetahui apa saja kebutuhan para pengunjung, apa kekurangan situs bisnis kita, dan apa saja yang perlu diperbaiki
  • Satu metode sederhana namun cukup bermanfaat adalah dengan menyediakan informasi kontak pada setiap halaman situs bisnis Anda

(BACA JUGA: Pedoman SEO 2017: Google Bukan Satu-Satunya Sumber Trafik Potensial)

Pada dasarnya Facebook Analytics hanya” sebuah tool untuk mengetahui statistik situs bisnis. Dengan mengetahui segala informasi dari Facebook Analytics, kita dapat menyusun strategi jitu” untuk meningkatkan lead situs bisnis.

 

 

Reference(s): 1234

Featured image: Pexels.com

 

In this article

Join the Conversation