Panduan Menerapkan Campaign Google Remarketing (Part 1)

Berapa bujet untuk digital campaign? 50 juta, 150 juta, atau bahkan 250 juta ke atas? Dari sekian angka tersebut, berapa visitor yang terkonversi menjadi buyer? Menurut thinkwithgoogle.com, jumlah...

776 0
776 0
Campaign Google Remarketing

Berapa bujet untuk digital campaign? 50 juta, 150 juta, atau bahkan 250 juta ke atas? Dari sekian angka tersebut, berapa visitor yang terkonversi menjadi buyer?

Menurut thinkwithgoogle.com, jumlah konversi dari visitor menjadi buyer hanya berkisar 2-4%. Kecil sekali? Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan campaign tambahan” supaya konversi tersebut meningkat.

Caranya?

Cobalah Google remarketing. Apa itu? Layanan Google Ads yang bertujuan supaya visitor melakukan action sesuai target. Dan, cocok ditujukan kepada visitor yang…

  • tidak melakukan tindakan tertentu di laman.
  • mencapai laman tertentu dalam proses checkout, tetapi tidak menyelesaikan proses pembelian.
  • belum pernah melihat halaman yang diinginkan untuk dilihat.

Saya pandu tahap demi tahap menggunakan Google remarketing ini, yaitu:

 

Membuat remarketing list

Untuk melakukannya, silakan menuju halaman google.com/adwords. Apabila sudah, klik menu “Shared library”. Selanjutnya, pilih Audiences:

Langkah awal retargeting campaign (neilpatel.com)

Setelah itu, Anda akan bertemu dengan halaman peringatan ini.

Halaman peringatan bahwa tag belum pernah dibuat (neilpatel.com)

Abaikan pesan tersebut dan klik “Tag details”. Anda akan bertemu dengan halaman seperti demikian:

Halaman pengaturan tag retargeting (neilpatel.com)

Silakan masukkan alamat email Anda atau pihak developer situs bisnis (apabila website dibuat secara outsource). Selesai melakukan hal tersebut, lanjut ke tahap pembuatan retargeting list: Remarketing list. Klik tombol “+Remarketing list”.

Menu pembuatan remarketing list (neilpatel.com)

Daftar retargeting ini bertujuan untuk apa? Apakah untuk…

  • Website visitors: Memasarkan ulang ke orang-orang yang telah mengunjungi situs.
  • Mobile app users: Memasarkan ulang ke orang-orang yang telah menggunakan aplikasi seluler. Customer emails: Memasarkan ulang ke orang-orang yang telah memberi Anda alamat email mereka.
  • YouTube users: memasarkan ulang ke orang-orang yang telah melihat atau berinteraksi dengan video/saluran YouTube.

(BACA JUGA: Faktor Paling Dominan pada Kesuksesan YouTube Ads Campaign)

Misalnya, Anda tertarik untuk mengatur retargeting YouTube users. Halaman berikut ini akan tampil:

Halaman pengaturan retargeting iklan Youtube (neilpatel.com)

Belum usai. Anda pun diperkenankan untuk melakukan pengaturan siapa” saja yang akan mendapat intervensi” dari strategi ini:

Halaman pengaturan retargeting tahap penentuan target campaign (neilpatel.com)

Supaya lebih mudah, saya beri penjelasan soal opsi tersebut:

  • Visitors of a page: Anda dapat menggunakan ini untuk landing page. Tujuannya, mendorong lebih banyak visitor yang melakukan pendaftaran (bahkan bagi orang-orang yang tidak melakukan tindakan tersebut).
    (BACA JUGA: Conversion Situs Naik 113% Berkat Custom Set Landing Page. Apa itu?)
  • Visitors of a page who did not visit another page: seringkali dipakai bagi visitor yang melihat halaman produk, tetapi tidak melakukan pembelian (tidak melanjutkan kunjungan hingga halaman pembelian). Retargeting campaign ini hanya berlaku di Display Network.
  • Visitors of a page who also visited another page: campaign ini akan menarik” para audiens yang browsing di sekitar situs. Umumnya, berisi konten perbandingan antara produk Anda atau produk kompetitor. Sama seperti sebelumnya, jenis campaign ini hanya bisa ditampilkan di Display Network.
  • Visitors of a page who also visited during specific dates: campaign ini akan menargetkan orang yang berkunjung saat promosi khusus dibuat. Misalnya, Anda mengalami lonjakan lalu lintas selama event‘ tertentu, seperti Tahun Baru atau Lebaran. Anda dapat membuat daftar orang-orang ini yang tertarik” di masa tersebut dan menargetkannya di masa mendatang. 
  • Visitors of a page with a specific tag: campaign yang diperuntukkan pada halaman tertentu dengan menggunakan tag pemasaran ulang (remarketing), tetapi diterapkan pada halaman yang berbeda.

….bersambung.

 

 

References: 12

Featured image: Pexels.com

In this article

Join the Conversation