Actionable Newsletters: Trik Email Marketing yang Pasti Dibuka dan Diklik Customer

Email newsletter menjadi taktik yang tak boleh tertinggal. Bisa jadi, channel pemasaran daring (online) yang paling efektif bagi bisnis Anda melalui surel. Sayangnya, sedikit sekali yang mau mengoptimalkan...

674 0
674 0
Actionable Newsletter

Email newsletter menjadi taktik yang tak boleh tertinggal. Bisa jadi, channel pemasaran daring (online) yang paling efektif bagi bisnis Anda melalui surel. Sayangnya, sedikit sekali yang mau mengoptimalkan jenis pemasaran ini. Padahal, potensinya teramat besar.

Ragam industri yang konsisten memakai email pemasaran (emailmonday.com/mobile-email-usage-statistics)

Seperti ilustrasi di atas, penggunaan surel di berbagai bidang bisnis sudah mulai marak. Potensi ini akan semakin apik apabila para pemasar digital advertising mampu memastikan setiap email dibuka dan diklik oleh penerima. Untuk melakukannya, cermati beberapa hal ini:

 

Pastikan bahwa penerima memang ingin menerima surel

Proses filter perlu dilakukan sejak awal. Jangan merasa bangga dengan jumlah subscriber email yang banyak. Bisa jadi, itu hanya merupakan masa depan” semu. Coba pastikan kembali penerima email mana yang benar-benar tertarik dengan surel pemasaran dari Anda. Sala satunya dengan cara ini:

Cara Hubspot memfilter subsciber (quicksprout.com)

Tentu, mereka yang ingin menerima email marketing pasti akan mendaftar melalui form sederhana tersebut. Kenapa perlu melakukan ini? Cara ini dipakai untuk meningkatkan skor open rate email. Semakin serampangan dalam mengirim email, semakin rendah skor open rate email

 

Buat email serasa personal surel

Buat serasa email personal, bukan email penawaran. Ini sudah wajar dilakukan, tetapi belum familiar bagi pemasaran di tanah air. Email personal merupakan email pribadi yang substansi lebih ke perihal hubungan antara penerima dan pengirim. Misalnya, Anda dan karyawan Anda atau Anda dengan sahabat Anda. 

Tidak main-main, statistik menunjukkan bahwa email marketing dengan taktik personalisasi” ini memperoleh skor peningkatan open rate hingga 50%. Selain itu, perihal efektivitasnya pun cukup positif.

Efektivitas surel pemasaran dengan email personalisasi (marketingcharts.com)

Lalu, bagaimana membuat surel pemasaran serasa email personal? Caranya dengan mengubah perspektif. Subjek email hingga konten di body email dibuat senatural mungkin (serupa email personal). Jangan terlalu banyak memakai HTML dan CSS format. Cukup email apa adanya” saja dengan disertai substansi pesan berisi storytelling.

(BACA JUGA: Storytelling Marketing Online: Memasarkan Produk Melalui Cerita)

 

Jangan lagi menggunakan subjek email yang membosankan”

Menyambung email personal sebelumnya, subjek adalah elemen paling berperan dalam skor open rate. Perlu diketahui bahwa

Persentase email dibuka oleh penerima berdasarkan subjeknya (coschedule.com/blog/email-subject-lines)

Yap, perihal subjek email jangan lagi menggunakan template yang membosankan. Misalnya seperti ini:

  • Newsletter Juni
  • Weekly Update
  • Pesan dari Company XYZ

Itu semua akan terabaikan secara alamiah. Atensi adalah kunci untuk memenangkan pertarungan strategi pemasaran digital. Anda perlu jeli dan konsisten dalam berinovasi. Di dalam hal ini, tat tulis dan sudut pandang harus lebih fresh

Bagaimana cara membuat subjek email yang menarik?

(BACA JUGA: Email Marketing Booster: Mengubah Subscriber Menjadi Buyer)

Abaikan pattern lama, buat seperti sedang menulis headline berita atau majalah. Yang terpenting, jangan terlalu panjang dan fokus tujuan atau substansi email.

 

Setiap surel wajib memiliki fokus yang jelas

Fokus perlu ditekankan. Jangan sampai Anda kehilangan momentum sehingga penerima tidak melakukan apa yang Anda harapkan. Beberapa email pemasaran dibuat untuk:

  • getting downloads
  • selling something
  • driving traffic to a landing page
  • promoting an event
  • subscribers sharing content with friends or family

Tujuan mana yang jadi pilihan Anda? Email marketing perlu taktik khusus dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Coba lihat ini:

Email pemasaran dengan fokus goal yang jelas (generalassemb.ly)

Ada tujuan jelas tersemat di dalam email tersebut yaitu bergabung ke event offline. Proses perencanaan email pemasaran akan lebih baik bila diserahkan pada mereka yang berpengalaman. Saya bersedia membantu Anda untuk memasarkan bisnis melalui email marketing (newsletter). Hubungi saya di halaman ini untuk informasi lebih lanjut. 

 

Source: 123

Featured image: pexels.com

In this article

Join the Conversation