Cara Menarik Minat Calon Customer Melalui Desain Situs

Customer sangat tergantung dengan penampilan visual situs Anda. Seringkali saya bahas, konten visual lebih powerful daripada teks. Kondisi ini pun berimbas pada peningkatan jumlah customer yang menjadi pelanggan...

36 0
36 0
Menarik Calon Customer dengan Desain Situs

Customer sangat tergantung dengan penampilan visual situs Anda. Seringkali saya bahas, konten visual lebih powerful daripada teks. Kondisi ini pun berimbas pada peningkatan jumlah customer yang menjadi pelanggan Anda.

Sudahkah Anda memosisikan diri sebagai calon customer?

Identifikasi awal mengenai aspek ini terletak pada daya introspeksi diri Anda. Semakin cermat dalam mengoreksi bisnis, semakin cepat pertumbuhan bisnis. Buat Anda yang masih bingung bagaimana mengoptimalkan situs bisnis, berikut penjelasan singkatnya.

 

Jangan mendesain call to action apa adanya

Pada situs dengan call to action, faktor visibilitas amat perlu diperhatikan. Jangan sampai, CTA situs malah terganggu oleh konten situs lainnya. Hal ini akan merugikan bisnis. Apabila dilihat berdasarkan lama kunjungan customer di situs, memang memuaskan. Namun, jumlah customer yang terkonversi sebagai pelanggan sangat rendah. 

Percuma banyak pengunjung kalau sedikit yang beli. Salah satu contoh CTA yang menarik dan berpotensi mengonversi customer jadi pelanggan seperti ini:

Seperti yang Anda ketahui, situs The New York Times sangat mengunggulkan konten. Oleh sebab itu, mereka me-monetize bisnisnya melalui layanan subscribe. Penjelasan soal tarif langganan pun sangat terpampang jelas. Selain itu, jumlah tagihan pun tak lupa ditampilkan di sana.

(BACA JUGA: Jenis-Jenis CTA yang Perlu Dipergunakan di Website Bisnis)

 

Permudah customer mendapatkan yang diinginkan

Customer pasti tidak mau repot. Bahkan kalau bisa, bawa toko online Anda ke hadapan customer. Tidak hanya toko online, segala bisnis berbasis digital perlu memperhatikan human friendly ini. Coba lihat ini:

Indikator mudah di sini bisa diukur berdasarkan jumlah klik. Semakin sedikit jumlah klik yang dilakukan customer, semakin cepat transaksi selesai. Yang jelas, mayoritas customer cenderung ingin bertransaksi secepat mungkin. Lebih cepat, lebih baik kan?

(BACA JUGA: Conversion Situs Naik 113% Berkat Custom Set Landing Page. Apa itu?)

 

Bila tidak diperlukan, buang konten pelengkap

Terkadang, ambisi Anda untuk menjelaskan layanan secara detail malah cenderung membingungkan customer. Dampak negatif ini yang sering terlupa. Buat sederhana, lalu beri petunjuk apa yang perlu dilakukan si customer pada session tertentu. Contoh gamblangnya seperti ini:

Elemen tanpa banyak konten (crazyegg.com)

Customer ingin informasi pelengkap (sebagai wawasan tambahan). Namun, bukan berarti hal tersebut membuat Anda kehilangan kontrol diri. Beri informasi pelengkap secukupnya, lalu buat halaman di hadapan si customer nyaman untuk dilihat (serta jelas action apa yang selanjutnya perlu dilakukan).

(BACA JUGA: Mencoba Berbisnis Online dengan Innovation Capability)

 

Sediakan pilihan, tapi jangan terlalu banyak

Terlalu sederhana pun hanya akan merugikan Anda. Customer akan pergi begitu saja bila apa yang ia harapkan tidak ada. Sama halnya di toko luring. Meski sudah bertanya bahkan menawar, apabila size yang dicari tidak ada, si customer tetap pergi dari toko tersebut. Beri beberapa opsi terkait produk yang Anda jual, misalnya:

Paket pilihan bagi pengguna Adobe (crazyegg.com)

Opsi yang tersedia tetap berada di koridor bisnis. Yang perlu diperhatikan dalam membuat paket, aspek apa yang Anda sajikan kepada customer? Lengkap, hemat, fungsi, hingga bonus? Bila meniru Adobe, mereka membagi paket harga berdasarkan fungsi layanan. Apabila ingin layanan yang kompleks, maka upgrade pilihan. 

 

Kalau bisa, jangan enggan untuk memberi free trial

Sebelum membeli, customer sangat suka diberi layanan free trial. Ingat, perilaku belanja daring sangat erat kaitannya dengan kebiasaan belanja luring. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memberi layanan uji coba gratis kepada customer, ini contohnya:

Contoh layanan uji coba bisnis daring (crazyegg.com)

(BACA JUGA: Menangani Ledakan Customer pada Libur Natal dan Tahun Baru)

Bagi customer, mencoba sebelum membeli adalah hal wajib. Setidaknya, mereka bisa tahu bagaimana kualitas layanan” yang akan dia dapatkan. Jika selama masa uji coba si customer merasa puas, maka ia pasti terkonversi sebagai pelanggan di bulan berikutnya.

 

 

Source:

Featured image: www.pexels.com

https://www.crazyegg.com/blog/designing-for-subscription-6-ux-musts

In this article

Join the Conversation