Cara Menemukan Micro-Influencers yang Efektif Meningkatkan Customer Engagement

Ada banyak “stok” influencer di Indonesia. Mana yang akan Anda pilih? Ingin memperoleh influencer dengan 100.000 atau bahkan 22.000.000 followers? Di hari ini, “harga” influencer sangat tergantung dengan jumlah...

55 0
55 0
Micro-Influencers yang Efektif

Ada banyak stok” influencer di Indonesia. Mana yang akan Anda pilih? Ingin memperoleh influencer dengan 100.000 atau bahkan 22.000.000 followers? Di hari ini, harga” influencer sangat tergantung dengan jumlah follower-nya. Semakin banyak follower, maka semakin mahal tarifnya. 

Di artikel sebelumnya, saya beri preview mengenai micro-influencer. Namun, itu hanya berdasarkan jumlah follower. Selain micro-influencer, masih ada 2 jenis influencer lain, yaitu:

Jenis influencer yang saat ini “beredar” di media sosial dan sejenisnya (starngage.com/influencer-marketing-canada)

(BACA JUGA: Panduan Menyukseskan Social Influencer Marketing Campaign)

 

Kenapa menggunakan micro-influencer apabila bujet bisa dipakai meng-hire mega influencer?

Digital campaign butuh efektivitas. Boleh diakui, mega influencer memiliki peluang besar menyebarkan” campaign bisnis secara luas. Namun, apakah para audience ter-engage oleh campaign dari influencer bersangkutan? 

Faktanya, micro-influencer lebih taji” dibanding mega influencer dan/atau macro-influencer. Buktinya?

Fakta statistik micro influencer (contevo.com.au)

Selain itu, para micro-influencer lebih baik dipilih karena…

Fakta statistik lain terkait micro influencer (contevo.com.au)

Meski sudah mengetahui bahwa micro-influencer lebih efektif, sebagian besar brand bisnis masih enggan menggunakan service mereka. Salah satu penyebabnya dari jumlah follower. Mayoritas, pelaku bisnis memakai metrik jumlah follower dan view per post sebagai acuan kesuksesan campaign. Padahal itu kurang tepat. 

 

Cara menghitung ROI influencer pada campaign digital

Lanjut bahas metrik dan efektivitas influencer ya. Sebelum saya sudah sedikit membahas tentang ini. Namun, belum lengkap. Sudah tahu bagaimana menghitung ROI influencer?

Menurut Deep Patel (kontributor dari Forbes.com), sekurang-kurangnya ada empat metrik utama untuk mengukur ROI influencer:

  • Website views
  • Referral visitors (orang-orang yang mengunjungi website Anda setelah melihat postingan influencer)
  • Brand buzz on social media
  • Social media reach

Selain keempat metrik tersebut, Anda pun bisa menggunakan beberapa metrik yang berhasil dihimpun oleh situs Statista berikut ini:

Metrik kesuksesan influencer berdasarkan riset Statista (statista.com/statistics/651544/influencer-marketing-success-usa)

(BACA JUGA: Social Media Analytics: Panduan Analisis Pencapaian Influencer Marketing Campaign)

 

Panduan menemukan micro-influencer yang cepat dan pasti tepat

Dibanding meng-hire macro-influencer, lebih baik micro-influencer. Alasannya?

Persentase skor engagement influencer berdasarkan tipe (tribegroup.co/blog/how-to-measure-influencer-marketing-success)

Lalu, bagaimana cara meng-hire influencer yang tepat dan efektif? 

Cari berdasarkan hashtag. Upaya ini akan membantu Anda mengidentifikasi influencer yang tertarik pada produk atau service sesuai dengan topik hashtag Anda. 

Penggunaan hashtag harus berdasarkan kaidah yang benar, salah satunya memilih hashtag yang sifatnya spesifik. Cari hashtag tersebut di laman Google terlebih dulu:

Cara menemukan micro influencer menggunakan mesin pencari (socialmediaexaminer.com)

Seperti ilustrasi di atas, di sana terdapat hasil pencarian hashtag berdasar media sosial tertentu (Instagram, Twitter, dst). Silakan klik beberapa hasil pencarian tersebut. 

Cara menemukan micro influencer memakai media sosial (socialmediaexaminer.com)

Foto di posisi paling atas umumnya memperoleh komentar dan like terbanyak. Namun, jangan langsung memilih si pemilik foto sebagai influencer campaign Anda. Pastikan dulu bahwa setiap post-nya stabil dan menarik bagi audience:

Cara menemukan micro-influencer berdasar profil media sosial (socialmediaexaminer.com)

(BACA JUGA: Menghitung ROI pada Social Media Marketing Strategy)

Langkah ini bisa Anda pergunakan pada Twitter, Facebook, Youtube, Blog, dan sejenisnya. Apabila cara manual terlalu merepotkan bagi Anda, coba pakai beberapa tools ini:

  • Buzzsumo (http://buzzsumo.com)
  • Klear: (http://klear.com)

Keduanya akan memfilter influencer berdasarkan kriteria yang Anda butuhkan. Apabila kesulitan menemukan micro-influencer yang sesuai dengan digital advertising bisnis, jangan sungkan menghubungi saya di halaman kontak.

 

 

Source: 123

Featured image: Pexels.com

In this article

Join the Conversation