Panduan Menyukseskan Social Influencer Marketing Campaign
Digital campaign erat kaitannya dengan influencer. Berdasarkan pengalaman selama ini, peran influencer terhadap campaign amat besar, beberapa di antaranya seperti ini: Peran influencer terhadap digital campaign (skyword.com/contentstandard/marketing/are-micro-influencers-more-effective-for-influencer-marketing) Namun,...
Digital campaign erat kaitannya dengan influencer. Berdasarkan pengalaman selama ini, peran influencer terhadap campaign amat besar, beberapa di antaranya seperti ini:
Peran influencer terhadap digital campaign (skyword.com/contentstandard/marketing/are-micro-influencers-more-effective-for-influencer-marketing)
Namun, setiap digital campaign via influencer tidak selalu seperti itu. Anda tetap perlu mencermati beberapa aspek atau elemen pada proses campaign yaitu:
Rancang goal campaign supaya tidak sembarang influencer direkrut
Goal campaign akan menjadi pondasi. Digital campaign seringkali membutakan para pelaku bisnis. Mereka sering terbuai oleh jumlah viewer, new follower, atau bahkan comment. Padahal, ketiga hal tersebut bisa dimanipulasi dengan sangat mudah. Penentuan goal akan“menuntut” Anda untuk memilih metrik atau bahkan KPI yang jelas mengenai digital campaign bisnis.
Di sisi lain, peran influencer pun tidak bisa dianggap remeh. Mereka sangat berpengaruh sekali terhadap:
Content promotion
Product launch
Content creation
Event management
Corporate communications
SEO
Crisis management
Memang, tidak semua hal di atas“dituntaskan” oleh influencer. Apabila hingga hari ini masih kesulitan membuat goal campaign yang tepat, coba cermati ini:
Langkah demi langkah membuat goal setting secara general (capta.org/pta-leaders/run-your-pta/tips-for-leaders/delegating-and-goal-setting)
Secara umum, Anda bisa meniru step by step ilustrasi di atas. Namun, lakukan perubahan dari sisi topiknya. Di sini, Anda akan merealisasikan online advertising yang tentunya melibatkan banyak pihak. Beberapa di antaranya: content creator, online research, hingga social media officer. Setiap orang harus memiliki tugas yang jelas dan tidak saling beririsan satu dengan yang lain. Penentuan goal campaign memiliki peran komprehensif terhadap campaign(secara keseluruhan). Oleh sebab itu, jangan pernah mengabaikannya.
Definisikan ideal influencer profile yang relevan dengan konsep campaign
Setelah goal campaign tercipta, temukan influencer yang ideal. Di sini, Anda harus lebih teliti lagi. Di media sosial, beberapa influencer memiliki kemampuan“ternak follower“. Jenis influencer ini tentu tak elok untuk campaign Anda.
Lalu, influencer seperti apa yang ideal untuk digital campaign? Coba perhatikan“five golden rules for potential influencers” ini:
Have a large and engaged audience
Relevant to your customers
Appear to be authentic
Active on social media and post frequently
Have a tone and style that match those of your brand
Yap, influencer memiliki peran penting dalam hal distribusi konten pemasaran. Oleh sebab, jumlah follower bukan satu-satunya indikator. Semakin“intim” hubungan antara audience dengan influencer, maka semakin besar peluang kesuksesan campaign digital Anda. Namun, ada sedikit informasi lagi terkait pemilihan influencer yang perlu Anda simak. Lihat ini:
Jumlah influencer yang efektif untuk digital campaign (digiday.com)
Jumlah follower yang banyak tidak menjamin soal“engagement score-nya”. Bahkan idealnya,“the most engaged audiences” dimiliki oleh influencer dengan 10.000 hingga 100.000 followers. Jumlah ini dinyatakan paling ideal karena…
Sebab kenapa follower berjumlah 10k hingga 100k sangat ideal sebagai influencer campaign digital (digiday.com)
Temukan influencer“paling” potensial di segmennya
Proses menemukan influencer pun tidak mudah. Setelah mengetahui influencer mana yang ideal, lanjutkan bagaimana menemukan mereka. Salah satunya dengan memakai hashtag.
Upaya menemukan influencer yang efektif bagi digital campaign (socialmediaexaminer.com)
Penjelasan lengkap mengenai hal ini akan saya bahas di artikel selanjutnya. Sebelumnya, saya pun sudah menulis soal bagaimana menganalisis kinerja influencer. Anda bisa menyimak artikel tersebut sembari menunggu artikel saya selanjutnya.
Kembali soal cara menemukan influencer paling potensial. Makna dari“potensial” ini menyesuaikan dengan kebutuhan campaign Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih teliti pada proses pemilihan ini.