Cara Membuat Influencer Roundups Supaya Campaign Berjalan Optimal

Bisnis memerlukan upaya campaign efektif dan tidak memakan banyak waktu. Sejumlah pelaku bisnis ingin melakukan digital campaign seperti itu. Namun, masih banyak yang belum mengetahuinya. Berikut ini tips...

385 0
385 0
Cara Membuat Influencer Roundups

Bisnis memerlukan upaya campaign efektif dan tidak memakan banyak waktu. Sejumlah pelaku bisnis ingin melakukan digital campaign seperti itu. Namun, masih banyak yang belum mengetahuinya. Berikut ini tips supaya online campaign berjalan singkat tetapi tetap efektif.

 

Buat timeline terlebih dulu sebagai framework campaign

Waktu adalah kunci. Anda bisa unggah content marketing di waktu dan moment yang tepat. 

Beberapa keuntungan yang kemungkinan akan Anda peroleh yaitu:

  • Respons yang lebih baik dari influencer. Bila waktunya tepat, orang akan lebih bersedia untuk membicarakan acara atau liburan yang akan datang.
  • Lebih banyak informasi. Orang akan mencari ide baru untuk liburan yang akan datang, jadi beri mereka wawasan dari banyak pakar.
  • Perencanaan yang lebih mudah. Jika liburan dan acara sudah menjadi acuan konten Anda, proses pembuatan konten selanjutnya akan lebih mudah. 

Berdasarkan momen liburan, berikut ini contoh timeline konten yang bisa Anda tiru:

Timeline konten yang diterapkan di hari libur (socialmediaexaminer.com)

Berikut ini imbas dari timeline yang sudah sudah dibuat sebelumnya:

Salah satu bentuk respon dari timeline di hari libur (socialmediaexaminer.com)

Supaya konten mampu menjangkau lebih banyak audience, Anda perlu merencanakan minimal 2 bulan sebelum waktu distribusi konten. Hal-hal yang perlu dilakukan meliputi:

  • mengumpulkan bahan,
  • menghubungi influencer,
  • merancang konten, 
  • membuat konten (teks, visual, atau audio),
  • menyebarluaskan konten.

Selain itu, proses distribusi konten ini bisa berjalan lebih lancar lagi dengan mengimitasi contoh berikut ini:

Dari ilustrasi di atas bisa dijelaskan bahwa pada:

August 1: Proses wawancara terhadap influencers, tetapi masih sebatas rancangan. Yang harus Anda tentukan pada proses ini yaitu apa topik utama pada campaign?”

August 7: Jalin komunikasi dan hubungan positif dengan influencer. Apabila sudah memiliki daftar influencer, jangan berhenti untuk menambah koneksi. Reach out sebanyak mungkin influencer di sekitar Anda. 

(BACA JUGA: Social Media Analytics: Panduan Analisis Pencapaian Influencer Marketing Campaign)

Apabila hal di atas sudah Anda jalankan, maka proses selanjutnya yaitu:

Langkah berikutnya pada proses perencanaan dan eksekusi konten untuk influencer (socialmediaexaminer.com)

September 1: Coba hubungi kembali influencer yang tidak merespons email atau message Anda. Pastikan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak terkesan memaksa. Anda bisa mengubungi para influencer melalui email atau message di media sosial yang bersangkutan. 

15 September: Silakan merinci topik konten menjadi beberapa subtopik. Temukan kutipan singkat yang paling kuat di setiap subtopik sebagai kutipan di media sosial. Kutipan ini juga akan dimanfaatkan sebagai penanda influencer mana yang akan mendistribusikannya.

20 September: Rancang kutipan dan grafik visual. Anda bisa memperoleh data untuk setiap topik atau subtopik melalui infografis, deck SlideShare, dan lain-lain. Proses ini merupakan upaya memvisualisasikan konten untuk mempermudah influencer dalam distribusi dan/atau audience untuk memahami substansi campaign

3 Oktober: Upaya selanjutnya yaitu memberi kesempatan” bagi para influencer untuk mendistribusikan konten milik Anda. Cara termudah untuk mem-follow up para influencer ini yaitu:

  • Kirim email ke semua influencer yang berpartisipasi,
  • Lampirkan kutipan visual yang berbeda bagi setiap influencer,
  • Beri tahu mereka mengenai bagian mana yang perlu diterbitkan,
  • Dorong mereka agar segera membagikannya di media sosial dan/atau memberi panggung” mengenai topik tersebut di media sosial.

Masih ada dua proses selanjutnya, yaitu:

  • Riset terlebih dulu untuk menemukan daftar pertanyaan paling dicari audience
  • Kumpulan struktur konten yang tersebar di media online. 

(BACA JUGA: Bagaimana Tren Content Marketing di Tahun 2018?)

Tertarik menyimak step selanjutnya mengenai topik influencer ini? Ceritakan kebutuhan digital campaign Anda terlebih dulu di halaman ini. Saya tunggu!

 

 

Source:

https://www.pexels.com

https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-create-influencer-roundups-tips-tools-bloggers/

In this article

Join the Conversation